Sukses

Warganet Kembali Angkat Isu Ustaz Hanan Attaki Poligami, Langsung Banjir Komentar Julid

Ustaz Hanan Attaki tidak pernah membantah maupun mengiyakan pertanyaan warganet tentang apakah dirinya memang menjalani praktik poligami atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta - Ustaz Hanan Attaki merupakan pendakwah kondang yang dikenal gaul karena isi materi ceramahnya cocok untuk anak muda. Kehidupan pribadi Hanan Attaki juga tak lepas dari sorotan. Pria pemilik nama lengkap Tengku Hanan Attaki ini diyakini punya dua orang istri alias berpoligami.

Ustaz Hanan Attaki sendiri tidak pernah membantah maupun mengiyakan pertanyaan warganet tentang apakah dirinya memang menjalani praktik poligami. Salah seorang warganet di Twitter (X) mengaku baru tahu kalau Ustaz Hanan beristri dua

"Jog aku baru tau istri ustd hanan attaki ternyata ada 2 mengsedih," tulis Jogja Menfess, pemilik akun @jogmfs, Rabu (3/4/2024). Cuitan itu ternyata mengundang komentar julid dari banyak warganet yang kemungkinan merupakan fans Ustaz Hanan.

Pemilik akun itu dianggap kembali memanaskan isu soal poligami yang diduga dilakukan sang ustaz. Bahkan ada yang menganggapnya iri tidak dijadikan istri oleh ustaz berusia 42 tahun itu.

"Ini mksdnya sedih karena istri keduanya bukan kmu nder?" komentar seorang warganet.

"Kita berada di zaman orang pacaran terlihat biasa, sedangkan yang nikah resmi seolah aneh," kata warganet lain.

"Eh bener jg ya, apa si sendernya sedih krna bukan dia yg dijadiin istri ,” balas warganet yang lain.

"Wkwkek heran neti emg pemikirannya yg gini doang dimasalahin," ujar warganet lain.

"Padahal hidup org lain, yg beliau lakukan pun bukan maksiat. Kenapa orang2 heboh ampe sedih dan gak mau denger ceramahnya lagi ya," tulis warganet lain.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polemik Soal Poligami

Meski begitu tak sedikit juga yang membela pemilik akun @jogmfs. Banyak yang mempertanyakan kemampuan seseorang untuk berlaku adil dalam berpoligami.

Isu poligami memang terbilang sangat sensitif, apalagi jika melibatkan seorang ustaz kondang. Baru beberapa jam dibagikan, cuitan itu sudah dilihat lebih dari 118 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 180 komentar.

"Terserah lo mau nikah apa kaga. tpi kalo istri lo lebih dr 1 ya kita jga kasihan sm istri pertama nya, pasti sakit hati," komentar warganet yang lain.

"Ga kaget soalnya kebanyakan ustad tu punya banyak istri , tapi dlu kan nabi punya istri tu karna bnr" menolong gtu lo tapi skrng banyak yg poligami kaena nafsu,” tutur warganet lain.

"No offense... Aku jg kaget, disayangkn aja sosok ustad yg mungkin ga sedikit yg jadiin dia panutan malah punya istri 2. nnti jd gk sinkron ni klo lg bahas "jgn buat pasangan mu cemburu" tapi beliau istrinya 2,” timpal warganet lainnya. 

 

3 dari 4 halaman

Sosok Ustaz Hanan Attaki

Selama ini Hanan Attaki kerap memberikan dakwah yang ditujukan pada kaum muda. Terlebih lagi pria tersebut adalah pendiri Gerakan Pemuda Hijrah yang banyak diikuti oleh para anak-anak muda muslim Indonesia.

Mengutip kanal Islami Liputan6.com dan berbagai sumber lain, Ustadz Hanan lahir di Aceh pada 31 Desember 1981 dan merupakan anak kelima dari enam orang bersaudara. Sejak kecil Hanan rupanya sudah dekat dengan Alquran.

Dirinya juga dikenal cerdas bahkan mendapatkan beasiswa untuk pendidikannya. Bukan hanya itu, dia juga banyak menjuarai berbagai Musabaqah Tilawatil Quran di daerahnya.

Saat duduk di bangku sekolah Hanan Attaki menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Ruhul Islam Banda Aceh. Kemudian, dia mendapatkan beasiswa ke Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir karena prestasi yang dimiliki.

Saat berkuliah di Al Azhar, Hanan Attaki mengambil jurusan tafsir Alquran di Fakultas Ushuluddin. Pada masa kuliah, ia juga sempat bergabung dalam kelompok studi Alquran dan ilmu-ilmu Islam. 

 

4 dari 4 halaman

Bergabung dengan NU

Hanan bertemu dengan sang istri, Haneen Akira, di kampus ternama Mesir itu. Keduanya pun memutuskan menikah saat masih mengenyam pendidikan di Al Azhar. Setelah menyelesaikan studinya pada 2004 dan mendapat gelar Lc, ia sempat mengisi acara tilawah di televisi sebelum akhirnya kembali ke Indonesia.

Sepulangnya dari Mesir, Attaki pun fokus menggeluti bidang dakwah khususnya untuk kalangan muda. Ustaz Hanan Attaki juga tergabung dalam organisasi Islam. Ia telah resmi bergabung menjadi anggota Nahdlatul Ulama (NU) pada Mei 2023.

Ia telah mengikrarkan dirinya dalam acara Halal Bihalal 1444 Hijriyah di hadapan Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Marzuki Mustamar, pada Kamis, 11 Mei 2023. Ikrar ini juga disaksikan oleh seluruh jemaah yang hadir.

Marzuki Mustamar turut membacakan ikrar tersebut seraya diikuti oleh Hanan Attaki. Setelah resmi menjadi bagian dari NU, Hanan Attaki mengungkapkan jika malam tersebut malam terbaik baginya.

"Alhamdulillah, malam ini adalah malam terbaik dalam hidup saya sejak ibu melahirkan saya. Karena bagi seorang mukmin dia dilahirkan dua kali, pertama jasadnya oleh orangtua biologisnya, kedua dilahirkan ruhiyahnya oleh gurunya atau mursyidnya," ujarnya mengutip dari NU Jatim, Rabu, 25 Oktober 2023. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.