Sukses

Kuta Bali Masuk Daftar Destinasi Termurah di Dunia Menurut Turis Inggris pada 2024

Kuta, Bali, berada di posisi ke-8 dengan biaya perjalanan 63,31 pound sterling (sekitar Rp1,3 juta).

Liputan6.com, Jakarta - Pariwisata Indonesia telah termahsyur dengan beragam titel, mulai dari rumah bagi pulau terbaik sampai destinasi trending tahun 2024. Tawaran perjalanannya juga beragam, termasuk wisata berbujet ramah kantong. Terkait ini, Kuta, Bali memastikan namanya dalam daftar destinasi termurah di dunia tahun ini versi Post Office Inggris.

Mengutip situs webnya, Selasa (2/4/2024), laporan tahunan Travel Money Holiday Money ke-18 mengungkap bahwa 90 persen mata uang terlaris pihaknya saat ini lebih lemah terhadap pound sterling dibandingkan tahun lalu. Artinya, harga di banyak destinasi terpopuler di dunia tercatat turun, terutama resort.

Barometer Biaya Liburan Sedunia mereka, yang diterbitkan dalam laporan tersebut, menemukan bahwa harga makanan, minuman, dan barang-barang wisata lain telah turun sejak tahun lalu di 25 dari 40 resort dan kota yang disurvei. Tercatat bahwa harga lokal memang naik dari tahun ke tahun di empat dari lima destinasi

Namun, setelah harga ini dikonversi ke pound sterling, pelancong Inggris disebut akan membayar kurang dari setahun lalu di 19 destinasi jarak jauh dan enam destinasi Eropa. Penurunan harga ini berlaku untuk tujuh dari 10 destinasi yang menawarkan harga terendah pada turis Inggris.

Merujuk perhitungan barometer di laporan, Kuta, Bali berada di posisi ke-8 dengan biaya perjalanan 63,31 pound sterling (sekitar Rp1,3 juta). Pihaknya juga mencatat bahwa destinasi jarak jauh yang menduduki peringkat teratas tahun ini adalah Vietnam, Afrika Selatan, dan Kenya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Lengkapnya

Vietnam memimpin daftar untuk pertama kali, naik dari peringkat ke-6 tahun lalu. Ini adalah salah satu dari delapan destinasi yang memberi penggabungan harga lokal lebih rendah, dengan catatan turun 14,4 persen di Hoi An.

Cape Town, pemimpin tahun lalu, kini berada di posisi kedua. Meski nilai pound sterling melonjak terhadap rand Afrika Selatan, harga di sana telah meningkat hampir lima persen. Biaya liburan di Mombasa, Kenya, yang berada di peringkat ketiga, telah turun hampir tujuh persen, membuatnya naik satu peringkat dari tahun lalu.

Portugal adalah satu-satunya tujuan Eropa yang masuk dalam lima besar, sementara Turki dan Bulgaria semakin terpuruk. Kenaikan harga di Marmaris, Turki dan Sunny Beach, Bulgaria membuat mereka turun dari posisi tiga teratas ke posisi ke-7 dan ke-9.

Tamarindo, Kosta Rika adalah destinasi termahal di barometer. Harganya naik 13,2 persen dari tahun ke tahun. Secara lengkap, berikut daftar destinasi termurah pada 2024 bagi wisatawan Inggris:

  1. Hoi An, Vietnam

  2. Cape Town, Afrika Selatan

  3. Mombasa, Kenya

  4. Tokyo, Jepang

  5. Algarve, Portugal

  6. Sharm el-Sheikh, Mesir

  7. Sunny Beach, Bulgaria

  8. Kuta, Bali

  9. Marmaris, Turki

  10. Paphos, Siprus

  11. Penang, Malaysia (baru)

  12. Phuket, Thailand

  13. Delhi, India (baru)

  14. Costa del Sol, Spanyol

  15. Teluk Montego, Jamaika

3 dari 4 halaman

Pulau Terbaik di Asia-Pasifik

Sebelumnya, DestinAsian sudah lebih dulu merilis penghargaan anualnya, Readers’ Choice Awards, untuk ke-17 tahun ini. Di salah satu kategori, yakni pulau terbaik, terdapat dua pulau di Indonesia dalam daftar tersebut.

Mengutip situs webnya, 20 Maret 2024, list tersebut dirilis untuk "merayakan perjalanan terbaik di Asia-Pasifik." Tahun ini, publikasi perjalanan itu memperluas daftar penginapan butik dan menghadirkan kategori baru yang secara terpisah menyoroti hotel dan resort kota di Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Di kategori pulau terbaik, Bali menempati puncak daftar, sementara Lombok menutup daftar bergengsi tersebut. Berikut daftar lengkap pulau terbaik versi DestinAsian:

  1. Bali, Indonesia
  2. Maladewa
  3. Phuket, Thailand
  4. Koh Samui, Thailand
  5. Boracay, Philippines
  6. Phu Quoc, Vietnam
  7. Langkawi, Malaysia
  8. Penang, Malaysia
  9. Palawan, Philippines
  10. Lombok, Indonesia

Tidak hanya di satu kategori, ada beberapa wakil Indonesia di kelompok berbeda. Bandara Internasional Ngurah Rai Bali dan Bandara Internasional Soekarto Hatta masing-masing berada di peringkat ke-4 dan ke-6 dalam kategori bandara terbaik. Garuda Indonesia juga ada di beberapa kategori, yakni ranking ke-6 maskapai penerbangan terbaik.

4 dari 4 halaman

Destinasi Trending pada 2024

Menambah daftar panjangnya, Bandung masuk dalam daftar destinasi trending di dunia tahun 2024, menurut TripAdvisor, platform yang mengumpulkan ulasan pelancong dari berbagai negara. Melansir situs webnya, 7 Februari 2024, para pemenang Travelers' Choice Awards Best of the Best adalah destinasi berupa hotel, restoran, dan aktivitas yang menerima ulasan dan opini luar biasa dalam jumlah besar dari komunitas mereka selama 12 bulan.

Bandung berada di peringkat ke-15 sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam daftar bergengsi tersebut. TripAdvisor menulis, "Bandung adalah kota terbesar ketiga di Indonesia, namun letaknya cukup dekat dengan Jakarta dan menawarkan cuaca lebih sejuk."

"Bandung menampilkan banyak koleksi arsitektur kolonial Belanda, serta taman botani yang indah, kebun binatang, lapangan golf, dan beragam sajian kuliner," imbuh publikasi itu. Pihaknya juga menyoroti bahwa ibu kota Provinsi Jawa Barat ini terkenal akan kegiatan tur dan jalan-jalan, spa, serta pengalaman wisata kuliner lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini