Sukses

6 Rekomendasi Tempat Belanja Kue Kering di Jakarta untuk Isi Toples Lebaran

Jika Anda bingung mau memberikan apa untuk keluarga atau teman Anda ketika lebaran, berikut merupakan enam rekomendasi tempat belanja kue kering untuk lebaran di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran adalah saat yang paling dinantikan bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain momen silaturahmi dan kebersamaan, lebaran juga identik dengan hidangan kue kering yang lezat dan beragam.

Banyak keluarga saat ini memilih membeli daripada membuat kue lebaran sendiri di rumah. Kepraktisan jadi alasan utama untuk membelinya, tentu harus memilih-milih yang kualitasnya bagus dan rasanya enak. Jika Anda sedang mencari tempat belanja kue kering terbaik untuk merayakan lebaran, catat rekomendasi tempat belanja kue di sekitar Jakarta berikut ini, dikutip dari berbagai sumber, Kamis, 21 Maret 2024.

1. Kios Suka Hati Pasar Jatinegara

Pasar Jatinegara memiliki banyak toko kue, tetapi Kios Suka Hati adalah yang paling banyak diserbu pengunjung. Mereka menyediakan puluhan ragam kue kering untuk lebaran, dari varian manis hingga yang asin dan gurih. Pelayan akan membantu mengambilkan kue yang Anda inginkan.

Anda akan dilayani oleh pelayan untuk membantu Anda mengambilkan kue yang Anda inginkan. Harganya relatif terjangkau. Misalnya, kue lebaran legendaris seperti kue nastar dan putri salju, dihargai Rp135 ribu hingga Rp145 ribu per kilogram. Harga kue kering kualitas premium juga masih di bawah Rp200 ribu per kilogram.

Kios Suka Hati itu terletak di Blok Eks Unit 116-117 Pasar Jatinegara, Jl. Jatinegara Barat, Jakarta Timur. Anda bisa mencarinya di lantai basement. Kios itu buka hingga pukul 6 sore.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Anggrek Snack di Pasar Mayestik

Anda juga bisa membeli kue kering lebaran ke toko Anggrek yang berada di Jakarta Selatan. Letaknya ada di Pasar Mayestik. Tepatnya di lantai B Blok CKS 110-111, Tebah 3 No.14, RT.14/RW.3, Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

Toko ini menawarkan kue kering dengan beragam pilihan, seperti nastar, kastangel, dan kue putri salju, hingga emping dan aneka kacang-kacangan untuk camilan di musim lebaran. Harganya berkisar Rp15 ribu sampai Rp40 ribu per ons. Karena banyak peminat, Anda wajib sabar untuk menunggu dilayani ya.

3. Toko P&D Melati di Pasar Mayestik

Jika Anda ingin bernostalgia dengan camilan-camilan jadul, toko P&D Melati ini solusinya. Toko ini menyediakan keripik bawang, keripik singkong, kuping gajah, dan camilan jadul lainnya. Harga camilan di toko ini mulai dari Rp50 ribuan. 

Toko kue ini masih buka hingga H-1 lebaran. Tapi untuk jaga-jaga keburu habis dan nanti penuh, Anda bisa langsung borong dari sekarang. Langsung saja datang ke Pasar Mayestik, tepatnya di lantai B Blok BKS No.103 - 104, Jl. Tebah III, RT.14/RW.3, Gunung, Kec. Kebayan Baru, Kota Jakarta Selatan.

3 dari 4 halaman

4. Toko Sumber Mas Matraman

Rekomendasi selanjutnya yaitu Toko Sumber Mas Matraman. Pembeli akan bisa menemukan berbagai jenis kue yang ditaruh dalam toples bertumpuk-tumpuk, baik kue kering maupun kue basah. Anda akan diperkenankan mencicipi tester sebelum memutuskan membeli.

"Toko kue/snack/camilan yang paling favorite deh. Kalo kesini sering bikin khilaf soalnya tiap dikasih tester auto ngebungkus," ujar Irene Indah Permatasari dalam sebuah komentar ulasan di Google Maps pada 2023.

Harga kue di toko ini mulai dari Rp20 ribuan. Alamat lengkapnya di Jl. Matraman Raya No.2, RT.7/RW.10, Pasar Pal Meriam, Matraman, Jakarta Timur. Toko ini buka mulai pukul 06.00 pagi.

 

5. Toko Kue Nur Kholifah

Toko ini berlokasi di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat. Toko Nur Kholifah ini menawarkan variasi kue kering yang cukup lengkap dan ditata di toples-toples kaca di atas rak. Selain kue kering, toko ini juga menyediakan berbagai macam makanan manis seperti permen, manisan, cokelat.

Harga yang ditawarkan relatif bersahabat, mulai dari Rp15 ribuan saja. Anda bisa langsung saja datang ke Jl. Palmerah Selatan, Nomor 141 A, tepatnya di depan Ramayana pasar Palmerah, Jakarta Pusat.

4 dari 4 halaman

5. Pasar Senen

Namanya sudah tersohor sebagai pusat jajanan kue pasar. Tapi, Pasar Senen ternyata juga menyediakan beragam pilihan kue kering untuk lebaran nanti, baik yang asin maupun manis.

Harganya relatif terjangkau, mulai dari Rp40 ribuan saja, Anda sudah bisa mendapatkan kue lebaran satu kilogram. Sedangkan untuk kue lebaran kualitas premium, harganya mulai dari Rp100 ribuan.

Bicara soal kue lebaran, seringkali rasanya yang enak bikin khilaf. Padahal, menyantap kue Lebaran tetap perlu aturan. Ahli Gizi Mayapada Hospital Kuningan Christina Andhika Setyani SGz RD mengingatkan agar pandai mengerem keinginan makan kue Lebaran.

Kue kering khas Lebaran seperti nastar, kastengel, dan putri salju mengandung tinggi kalori. Bahkan, kalori dalam empat butir kue Lebaran bisa lebih tinggi dari seporsi nasi beserta lauk-pauk lengkap.

Mengutip kanal Health Liputan6.com, Christina menjelaskan bahwa kebutuhan kalori pria dewasa di kisaran 2.550 sampai 2.650 kkal. Sementara wanita dewasa, sedikit lebih rendah yaitu 2.150 sampai 2.250 kkal per hari.

Lebih lanjut, berdasarkan tabel Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram kastengel, mengandung kalori sebesar 406 kkal, protein 18 gram, lemak 20,6 gram, dan karbohidrat 38 gram. Kemudian, 100 gram kue nastar mengandung kalori sebesar 512 kkal, protein 16 gram, lemak 24,5 gram, dan karbohidrat 57 gram.

"Itu untuk 100 gram atau setara dengan empat sampai enam butir kue kering," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini