Sukses

 7 Tips Membeli Tiket Pesawat untuk Mudik

Simak tujuh tips yang dapat membantu dalam membeli tiket pesawat untuk mudik supaya perjalanan lebih lancar dan ekonomis.

Liputan6.com, Jakarta Mudik atau pulang ke kampung halaman saat momen spesial seperti Lebaran atau liburan panjang telah menjadi tradisi bagi banyak orang. Ketika hari raya, masyarakat berbondong-bondong kembali ke kampung halaman mereka. Baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan transportasi umum. 

Salah satu tantangan terbesar dari melakukan perjalanan mudik menggunakan transportasi umum adalah mendapatkan tiket dengan jadwal yang diinginkan. Terutama untuk transportasi umum seperti pesawat terbang. Berikut adalah tujuh tips yang dapat membantu dalam membeli tiket pesawat untuk mudik supaya perjalanan lebih lancar dan ekonomis.

1. Rencanakan Perjalanan Jauh-jauh Hari

Merencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan adalah kunci untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang terbaik. Maskapai penerbangan biasanya mulai menjual tiket mereka beberapa bulan sebelumnya. Selain itu, tiket yang dibeli dari jauh hari memiliki harga cenderung lebih murah dibandingkan dengan tiket yang dibeli dekat dengan tanggal keberangkatan. 

2. Gunakan Fitur Pencarian Fleksibel

Saat mencari tiket pesawat, gunakan fitur pencarian fleksibel. Menggunakan fitur ini memungkinkan untuk membandingkan harga tiket beberapa hari sebelum dan sesudah tanggal yang diinginkan. Beberapa hari perbedaan bisa berarti penghematan yang signifikan dalam biaya perjalanan.

3. Berlangganan Newsletter dan Pantau Promo

Berlangganan newsletter dari maskapai penerbangan atau situs yang menjual tiket pesawat dapat memberikan keuntungan. Biasanya newsletter memberikan informasi promo dan diskon yang tidak diumumkan kepada publik secara luas. Misalkan seperti harga tiket pesawat yang lebih murah atau promo-promo tertentu. 

4. Manfaatkan Poin atau Miles

Tips ini akan sangat berguna bagi orang yang sering bepergian dan terdaftar dalam program loyalitas maskapai tertentu. Untuk itu, pastikan jangan lupa untuk memanfaatkan poin atau miles yang telah dikumpulkan. Poin atau miles ini bisa digunakan untuk mendapatkan diskon atau bahkan tiket pesawat gratis. 

5. Periksa Beberapa Bandara di Sekitar

Terkadang, terbang dari atau ke bandara yang berbeda dari yang biasa digunakan dapat menghemat biaya perjalanan. Ini karena bandara di kota atau daerah terdekat mungkin menawarkan harga tiket atau promo yang lebih menarik.

6. Pertimbangkan Paket Perjalanan

Beberapa agen perjalanan menawarkan paket perjalanan menarik. Biasanya, paket perjalanan mencakup tiket pesawat, akomodasi, dan transportasi lainnya dengan harga yang kompetitif. Membandingkan harga paket perjalanan dengan membeli tiket pesawat secara terpisah bisa menjadi cara cerdas untuk menghemat biaya mudik.

7. Periksa Kembali Sebelum Pembayaran

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan untuk memeriksa kembali detail perjalanan. Aspek yang perlu diperhatikan seperti tanggal keberangkatan, jam terbang, dan data pribadi yang diperlukan. Kesalahan kecil bisa berakibat pada biaya tambahan yang tidak diinginkan.

Dengan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat, tiket pesawat untuk mudik dengan dapat didapatkan dengan harga yang terjangkau tanpa harus mengorbankan kenyamanan perjalanan. Mulailah persiapan dari sekarang untuk menghindari stres dan kerumitan saat musim mudik tiba.

Kamu bisa memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh platform online yang menjual tiket pesawat. Biasanya beberapa platform menawarkan promo ramadhan pada momen bulan ramadhan dan promo lebaran ketika hari raya lebaran

Pada bulan ramadhan ini, Traveloka menawarkan Rama dan Promo Kenyamanan pada 11 Maret hingga 21 April 2024. Pada promo ramadhan atau promo lebaran ini,  Traveloka menawarkan beragam promo. Mulai dari diskon tiket pesawat, diskon hotel dan Xperience s.d 50% di aplikasi Traveloka!. Jadi, dapat wujudkan momen kebersamaan lebaran dan Idul fitri dengan lebih menguntungkan. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.