Sukses

Lebih dari 1.500 Korban Penipuan Tiket Konser Taylor Swift di Singapura Melapor ke Polisi, Kerugian Capai Rp8,6 Miliar

Polisi Singapura mengungkapkan laporan penipuan tiket konser Taylor Swift terus masuk meski konser sudah berakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Konser Taylor Swift di Singapura sudah berakhir sejak 9 Maret 2024, tetapi laporan pengaduan ke polisi dari para korban penipuan e-commerce yang menjual tiket The Eras Tour masih terus berdatangan. The Strait Times melaporkan bahwa hal itu berdasarkan pengungkapan Asisten Komisaris Polisi Aileen Yap, yang juga Asisten Direktur Komando Anti Penipuan (ASCom) Kepolisian Singapura.

AC Yap mengatakan, laporan yang masuk antara lain berasal dari korban yang membeli tiket konser dari reseller dan pergi ke Stadion Nasional, hanya untuk mengetahui bahwa tiket tersebut palsu dan mereka tidak dapat memasuki venue. Dalam kasus lain, penipu menggunakan modus tidak dapat dihubungi setelah menerima uang dari korban.

"Dalam beberapa hari pertama Taylor Swift tiba di Singapura, jumlah laporan terkait penipuan tiket konser melonjak," kata Yap dikutip dari AsiaOne, Minggu (17/3/2024).

Polisi mengatakan bahwa antara 1 Januari hingga 12 Maret 2024, setidaknya 1.551 orang telah menjadi korban penipuan tiket konser, dengan total kerugian mencapai setidaknya 737.000 dolar Singapura sekitar Rp8,6 miliar. Setidaknya 960 korban di antaranya ini telah tertipu dengan uang yang hilang lebih dari 538.000 dolar Singapura.

AC Yap berkata, "Dengan semakin banyaknya tindakan yang dilakukan di Singapura, saya khawatir jumlah penipuan e-commerce akan meningkat. Jika saya membuat penilaian, saya pikir penipuan e-commerce akan menjadi modus penipuan teratas di paruh pertama 2024 jika tren ini terus berlanjut."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pergeseran Tren Modus Penipuan

Pada 2023, kasus penipuan terbanyak adalah terkait penipuan lowongan kerja. Sementara, penipuan e-commerce menjadi kasus terbanyak kedua dengan 9.783 kasus dilaporkan dan kerugian setidaknya 13,9 juta dolar Singapura.

AC Yap menambahkan, sebagian besar korban penipuan e-commerce yang membuat laporan terkait tiket konser Swift adalah perempuan berusia 30 tahun ke bawah. Menurut dia, bias optimisme, yakni keyakinan seseorang lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami peristiwa negatif dibandingkan dengan orang lain, dan bias terlalu percaya diri, yakni kecenderungan untuk melebih-lebihkan pengetahuannya, merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan sebagian korban tertipu.

"Masalah penipuan tiket konser merupakan tantangan bagi kami karena tidak ada cara langsung untuk memberantasnya secara total," katanya.

"Mungkin scalping bisa diatur, karena ada orang yang menghasilkan ribuan dolar setiap kali ada konser besar di sini dengan membeli tiket dalam jumlah besar dan menjualnya dengan harga yang jauh lebih tinggi. Yang lain merancang bot hanya untuk membeli tiket dengan harga yang cepat."

3 dari 4 halaman

Aksi Para Penipu

Para penipu beraksi di berbagai platform, mulai dari situs jual beli online, Facebook, X, Telegram, hingga Xiaohongshu. Karena itu, ia memuji situs Carousell yang menangguhkan penjualan tiket konser Swift di platformnya antara 23 Februari dan 9 Maret untuk mencegah pengguna ditipu.

Kepala staf Carousell Tan Su Lin mengatakan pada 13 Maret 2024 bahwa di tengah banyaknya pembelian tiket, pengguna tidak mengetahui indikator penipuan, seperti peringkat penjual yang menunjukkan apakah pembeli lain menganggap tiket tersebut dapat diandalkan.

Dia menambahkan, "Saya khawatir karena Singapura ingin menjadi tuan rumah lebih banyak konser, kita mungkin harus mengantisipasi lebih banyak penipuan semacam ini. Para penipu dapat memanfaatkan konser besar ini untuk mengembangkan bisnis mereka."

Sebelumnya pada awal Maret, Menteri Kebudayaan, Masyarakat dan Pemuda Edwin Tong mengatakan bahwa secara aktif mencari bintang-bintang besar, acara-acara dan peluang-peluang adalah bagian dari “keramaian” baru Singapore Sports Hub, karena Singapura ingin menjadi pusat kebudayaan. The Straits Times sebelumnya melaporkan para ekonom memperkirakan bahwa enam hari konser Swift di Singapura dapat meningkatkan perekonomian Singapura hingga 500 juta dolar Singapura lewat penerimaan pariwisata.

4 dari 4 halaman

Diyakini Tak Akan Pengaruhi Reputasi Singapura

Sementara itu, beberapa ahli percaya bahwa meskipun penipuan semacam itu perlu diatasi, meningkatnya jumlah laporan penipuan tidak akan mempengaruhi reputasi Singapura sebagai pusat kebudayaan.

Profesor bisnis di Universitas Nasional Singapura Lawrence Loh menyatakan, "Kedudukan Singapura sebagai pusat kebudayaan ditentukan oleh infrastruktur, fasilitas, konektivitas, dan lanskap kami secara keseluruhan. Penipuan harus diwaspadai, namun saya yakin hal ini tidak akan memengaruhi reputasi kami dalam menggelar acara yang baik."

Ia berdalih, upaya penegakan hukum yang dilakukan pihak berwenang untuk memberantas penipu tiket konser menunjukkan kepada orang asing bahwa Singapura tidak menganggap enteng penipuan. Prof Loh mencatat penangkapan seorang wanita berusia 29 tahun yang diduga menipu korban lebih dari 24.000 dolar Singapura dengan dalih menjual tiket konser Swift.

Selain terkait transaksi online, modus penipuan lain yang patut jadi perhatian di Singapura, kata Yap, adalah berkaitan dengan malware. Itu adalah penipuan paling umum keenam pada 2023. Ada 1.899 kasus yang dilaporkan, dengan kerugian 34,1 juta dolar Singapura.

Salah satunya dialami seorang janda berusia 50 tahun dengan dua anak laki-laki, berusia 10 dan 12 tahun, yang hampir kehilangan 110.000 dolar Singapura karena penipuan malware.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.