Sukses

3 Resep Praktis Kreasi Susu Kurma untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

Kurma yang manisnya asli dari buahnya bisa dijadikan olahan minuman untuk sahur maupun buka puasa di bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Kurma jadi buah wajib yang terhidang di meja saat bulan Ramadhan. Dengan kandungan serat dan gizi yang tinggi, kurma bukan sekadar buah.

Salah satunya, kurma yang manisnya pekat juga bisa dijadikan olahan minuman untuk sahur maupun buka puasa. Mengutip drai laman Health, Minggu (17/3/2024), buah yang berasal dari tanaman asli Timur Tengah dan Afrika Utara ini memiliki rasa manis alami dan kaya rasa yang sering diasosiasikan banyak orang sebagai makanan penutup.

Kurma adalah buah bergizi dengan potensi manfaat. Penelitian telah menemukan bahwa kurma membantu mendukung kesehatan otak, pencernaan, dan jantung.234 Kurma merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi terhadap penyakit dan membantu meringankan persalinan alami.

Tertarik untuk menjadikan kurma asupan gizi untuk sahur dan buka puasa? langsung simak tiga resep praktis susu kurma berikut yang dirangkum dari laman Cookpad.

Susu Kurma dari akun @BundaPashalenko

Bahan-bahan:

7 buah kurma (3 kurma kalau untuk 1 porsi)

2 kaleng susu beruang

Secukupnya air panas

Langkah pembuatan:

  1. Siapkan semua bahanTaruh di gelas, tuang air panas, sampai semua kurma terendam. Tutup dan iarkan dingin.
  2. Kemudian taruh di dalam kulkas 8--12 jam (saya semalaman).
  3. Saat sahur blender kurma yang telah di rendam semalaman, campur dengan susu beruang.
  4. Tuang di dalam gelas. Habis makan susu kurma jangan langsung di minum, beri jeda beberapa menit dulu, agar perut tidak begah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Susu Kurma

Paduan takaran serta jenis susu yang digunakan untuk membuat susu kurma tentu akan memberikan hasil berbeda. Untuk itu simak resep susu kurma lainnya yang dibagikan oleh akun @DapurIbukKayana di Cookpad.

Susu Kurma

Bahan-bahan:

1 liter15 buah Kurma (sekitar 150 gram, berat setelah diambil bijinya)

300 ml Air panas

1 gelas Es batu (gelas ukuran 500 ml)

300 ml Susu UHT (merek Greenfield atau yang lain)

Langkah Pembuatan:

  1. Taruh Kurma yang sudah diambil bijinya dalam mangkok, lalu tambahkan air panas. Rendam selama 10--15 menit hingga kurma empuk.
  2. Setelah empuk, pindahkan Kurma dan air rendamannya ke gelas blender. Lalu tambahkan es batu. Tuang juga Susu UHT ke gelas blender.
  3. Kemudian blender hingga halus. Terakhir, tuang ke gelas saji tanpa disaring. Sisanya bisa dituang ke dalam botol lalu simpan di kulkas untuk stok.
  4. Susu kurma pun siap disajikan yang enak, segar, dan kaya manfaat.
3 dari 3 halaman

Susu Kurma

Selanjutnya adalah resep susu kurma dari @devanliciou_ di Cookpad

Bahan-bahan:

11 buah kurma (mix 6 buah kurma medjool 5 buah kurma sukari)

250 ml air mendidih

250 ml susu UHT full cream (merek diamond atau sesuaikan selera saja

Es batu secukupnya (sesuaikan selera)

Langkah Pembuatan:

  1. Letakkan kurma dalam mangkuk, rendam dengan air mendidih sekitar 15 menit atau sampai lunak. Karena kurma dari kulkas jd keras, karena itu direndam bersama biji, dan baru dibuang bijinya setelah direndam.
  2. Setelah itu pisahkan biji dengan dagingnya. Jika kurma sudah lunak, bisa buang bijinya dulu, baru direndam.
  3. Lalu masukkan kurma dan air rendaman ke dalam blender, tambahkan susu UHT (untuk es batu bisa langsung di blender, atau masuk utuh bebas saja).
  4. Blender sampai semua tercampur, dan susu kurma siap di nikmati, bisa ditambah es batu biar makin segar dan kalau masih ada sisa bisa masukkan ke dalam botol, simpan di kulkas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.