Sukses

Reality Club Batal Tampil di SXSW Amerika Serikat karena Bela Palestina

Reality Club batal tampil setelah mengetahui Amerika Serikat merupakan salah satu sponsor acara SXSW. AS berpartisipasi dalam memproduksi dan memasok senjata yang digunakan untuk melawan warga Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Reality Club, band indie-rock asal Indonesia batal tampil di South by Southwest Music Festival (SXSW) yang diselenggarakan di Austin, Texas, Amerika Serikat. Hal ini terkait solidaritas Reality Club dan bentuk dukungan pada Palestina.

Dalam pernyataan resmi yang diunggah langsung melalui akun instagram resminya, Reality Club menyatakan alasan memilih mundur untuk tampil adalah adanya informasi soal tentara Amerika Serikat yang telah menjadi salah satu sponsor acara SXSW. AS diketahui berpartisipasi dalam memproduksi dan memasok senjata yang digunakan untuk melawan warga Palestina.

"Kenangan terbaik kami bersama sebagai sebuah band adalah ketika kami mendapat undangan pertama untuk hadir pada tahun 2020, sebelum dibatalkan karena pembatasan Covid-19. Ketika kami diundang lagi pada tahun 2024, kami menjadwalkan tur seluruh Amerika Utara di sekitar festival," keterangan dari akun Instagram resmi Reality Club, diunggah Kamis, 14 Maret 2024.

Keputusan diambil dengan banyak pertimbangan dan perbincangan antara pihak mereka dengan penyelenggara. Reality Club mengaku keputusan tersebut tidaklah mudah untuk diambil, lantaran tampil di acara bergengsi itu adalah salah satu impian para anggota sejak lama.

Meski demikian, para anggota mengaku lebih memilih untuk mengikuti hati nurani mereka untuk membatalkan penampilan karena tidak ingin dikaitkan dengan organisasi yang terlibat dalam genosida di Palestina. Adapun untuk tur di tiga kota Amerika Utara yang tersisa, Reality Club menyatakan bakal memberikan penampilan terbaik dan meminta dukungan penggemar supaya acara berjalan lancar. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keputusan Terbaik Reality Club

"Kami berharap kalian dapat memahami keputusan kami dan berharap suatu saat dapat tampil untuk kalian semua. Sedangkan untuk tur Amerika Utara kami, kami memiliki tiga kota tersisa, dan kami akan memberikan yang terbaik seperti biasanya. Terima kasih atas dukungan dan pengertian Anda mengenai masalah ini," akhir pernyataan.

Mengutip dari Antara, sebelumnya pada Jumat, 23 Februari 2024, lewat keterangan resminya, Reality Club dikabarkan akan tampil dalam segmen "FRIENDS:FOREVER", yaitu acara musik Asia terbesar di SXSW. "FRIENDS:FOREVER" yang digelar pada 14--15 Maret, Reality Club tampil di hari pertama.

Reality Club mengikuti jejak musisi Indonesia yang pernah tampil di SXSW, yaitu White Shoes & The Couples Company, Efek Rumah Kaca, The SIGIT, Yacko, Shaggydog dan Tuan Tigabelas.

Reality Club merupakan  salah satu band yang personilnya merupakan anak-anak muda Indonesia berbakat. Band bergenre indie rock ini digawangi oleh Fathia Izzati, Faiz Novascotia Saripudin, Iqbal Anggakusumah, Nugi Wicaksono dan Era Patigo. 

 

3 dari 4 halaman

Reality Club Pernah Meriahkan FESTIVAL 6

Mengutip dari laman FIMELA, Reality Club ikut memeriahkan FESTIVAL 6 hari pertama yang digelar di Senayan Park, Jakarta Pusat, Sabtu, 8 Juli 2023 malam. Sebagai musisi pembuka, band ini membawakan lagu-lagu cinta berbahasa Inggris.

Band yang digawangi Fathia Izzati sebagai vokalis itu membuka panggung dengan Arrowhead Man. Single ini berkisah tentang sepasang kekasih yang sedang memperjuangkan hubungan mereka di tengah kesibukan masing-masing.

Tak lama berselang, mereka lalu menyanyikan lagu Desire. Tak hanya bernyanyi sendiri, Reality Club juga mengajak penonton enggerakkan badan ke bawah lalu melompat. Dengan kompak penonton pun mengikuti instruksi vokalis dari band bentukan tahun 2016 ini.

"Kami sangat bersemangat hari ini. Kalau kami minta kalian get down, get down. Kalau kami minta jump, ayo jump," begitu kata Fathia sebelum mulai bernyanyi. Di acara FESTIVAL 6, Reality Club juga membawakan lagu-lagu lainnya antara lain Elastic Hearts dan You Let Her Go Again.

 

 

4 dari 4 halaman

Reality Club Bahas Mantan

Tak sampai di situ, sang vokalis pun bertanya pada para penonton yang hadir mengenai mantan. "Boleh nggak temenan sama mantan?" ujarnya. Pertanyaan itu berkenaan dengan single Four Summers yang memang membahas perihal mantan.

"Well ini lagu ini yang mau temenan sama mantan. Karena udah banyak cerita, dan kenangan. Biar makin perih tapi manis, ini ada lagu sentimentil," tutur Fathia Izzati. 

Usai menyanyikan lagu bertajuk Four Summers, Reality Club membawakan tembang Alexandra, Am I Bothering You?, Is It The Answer, serta tentu saja Anything You Want dan Love Ephipany yang tak boleh ketinggalan. Semuanya membuat penonton yang hadir terhibur dengan ikut sagn vokalis menyanyikan bersama tiap bait liriknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.