Sukses

9 Busana Aktris Terbaik di Karpet Merah Oscar 2024, dari Gaun Aquamarine Emma Stone hingga Pin Dukung Gaza Billie Eilish

Dari gaun potongan sederhana hingga setelan bak anak sekolahan, karpet merah Oscar 2024 menjadi ajang untuk menunjukkan eksistensi para aktris dan pesohor lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Karpet merah Oscar 2024 menjadi ajang para aktris dan pesohor Hollywood tampil semenawan mungkin. Mereka berhati-hati memilih busana agar bisa tampil memukau di depan kamera.

Para aktris sudah menyemuti Dolby Theatre, tempat Oscar digelar, sejak Minggu sore, 10 Maret 2024, waktu Amerika. Karpet merah tahun ini terlihat lebih berwarna dengan pilihan busana para aktris tak terbatas hanya pada gaun saja. Siapa saja aktris yang dianggap berbusana terbaik dalam malam penghargaan untuk insan film Academy Awards itu?

Pertama adalah Emma Stone. Mengutip Harper's Bazaar, Senin (11/3/2024), sang aktris tampil menawah dengan gaun peplum tanpa tali yang dirancang khusus Louis Vuitton. Gaun berwarna aquamarine, perpaduan biru kehijauan itu terlihat cocok untuk kulit Emma yang putih.

Sementara, gaun tersebut menonjolkan pinggang Emma yang ramping lewat detail peplum yang dramatis dan bagian atas berbentuk korset. Sementara, ekor gaunnya panjang menyapu lantai, kedua bagian itu diembos dengan pola rumit seperti kerang.

Stone memadankannya dengan kalung choker berlian putih yang menakjubkan dengan berlian kuning besar di tengahnya, ditambah anting dan cincin berlian putih. Dia memakai riasan alami dan tatanan rambut bergelombang yang halus.

Stone dinominasikan untuk Aktris Terbaik Oscar lewat penampilannya sebagai Bella Baxter di Poor Things. Film romantis fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Yorgos Lanthimos menceritakan kisah aneh dan fantastik tentang Baxter, seorang wanita mati dengan pikiran seorang anak kecil, yang dihidupkan kembali oleh seorang ilmuwan yang tidak lazim. Film ini dinominasikan sebanyak 11 kali malam ini, termasuk untuk Film Terbaik, menempatkannya tepat di belakang Oppenheimer, yang memiliki 13 nominasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Emily Blunt

Emily Blunt hadir malam ini di Oscar 2024 bersama suaminya John Krasinski. Dia tampak luar biasa dalam gaun manik-manik emas muda berkilau yang bertatahkan kristal bening di garis leher, tali pengikat yang ditinggikan, dan aksen di pinggang. Karya tersebut berasal dari koleksi Couture Musim Semi/Musim Panas 2024 Schiaparelli.

Blunt melengkapi penampilannya dengan set perhiasan berlian Tiffany & Co., mulai dari kalung berlian besar yang dipadukan dengan kalung tiga untai. Dia juga mengenakan anting berlian dan cincin berlian raksasa. Dia juga membawa tas tangan metalik Judith Leiber, dan mengenakan sepatu Alexandre Birman, yang tidak terlihat di balik gaunnya.

Untuk tampilan glamor, bintang Devil Wears Prada ini memilih eye shadow smoky pink. Dibantu penata rambut Laini Reeves, ia menata rambutnya dengan gaya glamor menggunakan ekstensi Hidden Crown Hair.

 

Florence Pugh

Florence Pugh melangkah ke karpet merah Academy Awards ke-96 di Dolby Theatre dalam balutan koleksi siap pakai Musim Semi/Musim Panas 2024 Del Core. Potongan perak yang megah menampilkan korset tipis pahatan yang meneteskan manik-manik berkilau seperti air. Ujung korset juga dilengkapi detail peplum melengkung, sebelum melebar menjadi rok panjang berhiaskan kereta halus.

Pugh melengkapi penampilannya dengan perhiasan Bulgari. Yang paling menonjol adalah kalung berlian melingkar Serpenti.

 

3 dari 5 halaman

Billie Eilish

Penyanyi-penulis lagu asal Inggris itu mengejutkan penggemar dengan tampilan riasan dramatis dan berkilau yang menonjolkan fitur wajahnya yang menawan, sehingga membuat penggemar online menyebutnya "memesona". Penampilan Chanel unik Eilish dipadukan dengan blus berkancing putih, stoking putih setinggi lutut, dan sepatu hak Mary Jane hitam klasik.

Mengutip Parade, Ia menambahkan clutch Houndstooth Chanel hitam putih sebagai pelengkap. Penggemar bermata tajam juga menangkap Eilish memasang pin merah kecil di kerahnya, yang tampaknya merupakan pin Artists4Ceasefire, dukungan agar gencatan senjata segera diberlakukan di Gaza, Palestina.

Eilish—bersama saudara laki-lakinya Finneas—adalah salah satu nominasi Academy Awards tahun ini lewat lagu ciptaan mereka "What Was I Made For?"dalam kategori Musik untuk Lagu Asli. Lagu Barbie telah memenangkan penghargaan Lagu Asli Terbaik dalam Film Bergerak di Golden Globes 2024 pada Januari 2024.

 

Anya Taylor-Joy

Mengutip Harper's Bazaar, bintang The Queen’s Gambit tiba di Teater Dolby Los Angeles dengan gaun pesta berpayet tanpa tali milik Dior Haute Couture. Potongan abu-abu perak yang luar biasa ini menampilkan rok tebal yang ditutupi lapisan penutup berbentuk kelopak yang berbeda-beda—mengacu pada gaun ikonik Junon yang dirancang Christian Dior untuk koleksi Musim Gugur/Musim Dingin 1949–1950 miliknya. Natalie Portman memakai tampilan yang mirip dengan Cannes tahun lalu.

 

4 dari 5 halaman

Cynthia Erivo

Cynthia Erivo menarik perhatian lewat gaun emerald yang dirancang khusus Louis Vuitton. Gaun itu terinspirasi dari karakter Elphaba yang dikenal sebagai Penyihir Jahat dari Barat di film Wizard of Oz. Dia melengkapinya dengan kuku berujung hijau setajam silet dan perhiasan zamrud.

Tampilannya berbeda 180 derajat dari lawan mainnya, Ariana Grande, di film Wicked. Grande memilih  gaun Giambattista Valli berwarna pink permen karet dengan jubah besar dan poofy. Itu menggambarkan karakter Glinda si Penyihir Baik yang menyukai segala sesuatu yang berwarna merah muda.

 

Margot Robbie

Menanggalkan dunia Barbie yang serba pink, Margot Robbie melangkah ke karpet merah dengan gaun hitam Versace. Cosmopolitan memprediksi tampilan itu ditata oleh stylist Andrew Mukamal yang selama ini bertanggung jawab mengkonseptualisasi Barbie di setiap jumpa pers.

Margot berbicara kepada People tentang bekerja dengan Andrew, mengatakan, "Kami menemukan referensi Barbie dari beberapa dekade yang lalu dan melakukannya untuk penggemar berat Barbie di luar sana, orang-orang yang benar-benar mengoleksi Barbie tersebut. Kami berharap dapat membuat mereka bersemangat. Kami memasangkan referensi Barbie dengan desainer hebat."

5 dari 5 halaman

Eva Longoria

Eva Longoria debut perdana sebagai sutradara untuk film Flamin' Hot di Oscar 2024. Untuk penampilannya di karpet merah, ia mengenakan gaun Tamara Ralph berwarna hitam pekat dengan siluet jam pasir yang tak lekang oleh waktu. Karya tersebut menampilkan ekor yang menutupi seluruh sepatu hitam Stuart Weitzman milik aktor tersebut dan garis leher off-shoulder terstruktur yang memuncak pada titik-titik dramatis di setiap sisinya.

Dia semakin menyempurnakan penampilannya dengan kalung Bucherer bertabur berlian (disatukan dengan berlian besar di tengahnya), cincin berlian yang melingkari jari telunjuknya seperti ular, dan anting-anting berlian klasik. Longoria tampil glamor dengan riasan berwarna bronzy, dengan smoky eye yang halus, bulu mata yang berkibar, perona pipi yang lembut, dan bibir yang peachy, dan menata kuncian rambut coklatnya yang indah di belakangnya dengan bagian tengah.

 

America Ferrera

America Ferrera tiba di Oscar 2024 dengan gaun Barbie-pink dari Versace. America dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk Barbie, dan mengatakan kepada Entertainment Weekly bahwa dia mengalami 'gelombang emosi dan ketidakpercayaan' ketika mendengar berita tersebut.

"Ini sungguh nyata dan mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya," katanya. "Saya sangat ingat saat saya masih kecil menonton Academy Awards dan menyaksikan Halle Berry menang, menyaksikan Julia Roberts menang, dan hanya bermimpi suatu hari nanti saya akan berada di ruangan itu. Banyak hal yang harus diproses. Setidaknya itu menarik. Saya pikir kata-kata agak gagal."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.