Sukses

Bos Media Rupert Murdoch Bertunangan Lagi di Usia 92 Tahun, Pacarnya 25 Tahun Lebih Muda

Rupert Murdoch dan tunangan barunya, seorang pensiunan ahli biologi molekuler, akan menikah pada April 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Bos raksasa media Rupert Murdoch kembali bertunangan di usia 92 tahun. Pacarnya adalah Elena Zhukova yang disebut sebagai pensiunan ahli biologi molekuler, menurut New York Times.

Mengutip Guardian, Jumat (8/3/2024), Murdoch mengencani Zhukova hanya empat bulan setelah memutuskan pertunangannya dengan Ann Lesley Smith. Pertunangan Murdoch dengan host radio konservatif itu hanya bertahan selama dua minggu.

Zhukova yang kini berusia 67 tahun berimigrasi ke Amerika Serikat dari Rusia. Putrinya, Dasha Zhukova, adalah seorang pelindung seni dan pengusaha. Ia sebelumnya menikah dengan oligarki Rusia Roman Abramovich, kata The Times.

Sementara, Murdoch dilaporkan akan menggelar pernikahannya dengan Zhukova di kebun anggur dan perkebunannya di California, Moraga, pada April 2024. Diketahui Murdoch sudah menikah empat kali.

Pernikahan terakhir Murdoch adalah dengan model Jerry Hall, mantan pasangan jangka panjang pentolan Rolling Stones, Mick Jagger. Murdoch, yang memiliki enam anak, pertama kali menikah dengan Patricia Booker, seorang pramugari Australia, yang diceraikannya pada akhir 1960an.

Dia dan istri keduanya, Anna Torv, seorang reporter surat kabar, bersama selama lebih dari 30 tahun sebelum bercerai pada 1999. Pernikahan ketiganya dengan Wendi Deng berakhir pada 2013.

Murdoch yang berasal dari Australia itu memiliki kekayaan lebih dari USD20 miliar, menurut Forbes. Ia adalah pemilik korporasi media yang mencakup The Wall Street Journal, Fox News, dan media berpengaruh lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertunangan Terakhir Sebelum Zhukova

Pada akhir Maret 2023, Murdoch mengumumkan pertunangan tersebut dalam sebuah wawancara dengan New York Post. "Saya sangat gugup," kata Murdoch. "Saya takut jatuh cinta – tetapi saya tahu ini akan menjadi yang terakhir. Lebih baik begitu. Saya senang."

Rupert Murdoch dan Ann Lesley Smith bertunangan pada Hari St Patrick. Murdoch sengaja memilih tanggal tersebut karena dia "seperempat orang Irlandia". 

The Post juga melaporkan bahwa Murdoch memilih cincin pertunangan Smith, cincin solitaire dengan berlian berpotongan Asscher. Smith terlihat mengenakan cincin pertunangan minggu lalu saat keluar dengan Murdoch, menurut Daily Mail, sebuah cincin berlian 11 karat bernilai sekitar USD2,5 juta atau kisaran Rp37 miliar. 

Smith mengungkapkan kebahagiaannya sendiri kepada Post, yang dimiliki Murdoch. "Saya seorang janda 14 tahun," ucap Smith. "Seperti Rupert Murdoch, suami saya adalah seorang pengusaha. Bekerja untuk surat kabar lokal, mengembangkan stasiun radio dan TV, serta membantu mempromosikan Univision. Jadi saya mengerti tentang dia. Kami memiliki kepercayaan yang sama."

3 dari 4 halaman

Gagalkan Pertunangan

 

Tiba-tiba, Murdoch membatalkannya setelah dua minggu. "Rupert Murdoch tiba-tiba mengakhiri pertunangannya padahal pernikahan hanya tinggal beberapa bulan lagi," demikian menurut sumber yang dekat dengan bos media berusia 92 tahun itu seperti dikutip dari The Guardian, Rabu, 5 April 2023.

Pernikahan itu kabarnya akan dilangsungkan musim panas tahun lalu, kurang dari setahun setelah Murdoch menyelesaikan perceraian dengan istri keempatnya, model Jerry Hall. Murdoch dan Smith pertama kali terlihat bersama saat berlibur pada Januari 2023. Foto-foto yang beredar menunjukkan pasangan tersebut sedang berada di sebuah pantai di Barbados.

Sumber yang dekat dengan Rupert Murdoch memberi tahu Vanity Fair bahwa meskipun alasan pasti perpisahan taipan media itu dengan Smith tidak diketahui, beredar kabar kemungkinan karena Murdoch tidak nyaman dengan pandangan evangelis Smith. Dia sebelumnya terlibat dalam pertarungan pengadilan dengan anak tiri suaminya atas asetnya yang bernilai jutaan dolar, tambah Vanity Fair. Selama proses pengadilan, Smith dituduh menyalahgunakan keuangan salah satu anak. Kasus tersebut diselesaikan pada 2010.

4 dari 4 halaman

Mundur dari Perusahaan

Pada September 2023, Murdoch mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemimpin Fox dan News Corp. Putranya, Lachlan Murdoch (52), mengambil alih kepemimpinannya.

Dalam memo kepada karyawannya, Rupert Murdoch mengatakan bahwa waktunya tepat baginya untuk mengambil peran berbeda. Dia meluncurkan Fox News pada 1996 dan sekarang saluran ini TV berita ini tercatat yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat (AS). Ia menuturkan bahwa akan beralih ke peran pemimpin emeritus di kedua perusahaan pada pertengahan November 2023.

"Perusahaan kita berada dalam kondisi kesehatan yang baik, begitu pula saya. Peluang kita jauh melebihi tantangan komersial kita," tulis Rupert Murdoch, seperti dilansir BBC, Jumat (22/9/2023). "Kita mempunyai banyak alasan untuk optimistis pada tahun-tahun mendatang - saya yakin, dan berencana berada di sini untuk berpartisipasi di dalamnya."

Lachlan adalah putra Rupert Murdoch dan istri keduanya, Anna Maria dePeyster. Selama ini, spekulasi tentang suksesi sebagian besar diarahkan ke anak kedua, ketiga, dan keempat, yakni Elisabeth (55), Lachlan, dan James (50). Lachclan sempat meninggalkan bisnis ayahnya pada 2005 setelah berseteru dengan mantan CEO Fox Roger Ailes, namun dia kembali pada 2014 dan menduduki posisi puncak sejak saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.