Sukses

Inspirasi Baju Lebaran Anak untuk Hari Raya Idul Fitri dari Panggung PIFW 2024

Bagi anak-anak, baju lebaran bisa dijadikan salah satu 'hadiah' setelah mereka menjalankan puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri jadi sebuah momen yang dinanti umat Islam setelah berpuasa sebulan penuh. Momen istimewa itu umumnya disambut dengan pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga sambil memakai baju lebaran.

Panggung Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2024 bisa jadi inspirasi untuk menentukan baju lebaran anak yang spesial. Sejumlah brand mengeluarkan koleksi Raya mereka di ajang tersebut pada Sabtu, 2 Maret 2024.

Jenama fesyen anak Gingersnaps, misalnya, mengeluarkan koleksi baju lebaran anak spesial bertema Raya Radiance. Terdapat 20 looks untuk anak perempuan dan laki-laki yang ditampilkan dalam acara pekan mode tersebut. Rangkaian koleksinya dihadirkan dalam pilihan warna cerah, seperti kuning, merah muda, dan hijau tosca.

"Raya Radiance sendiri tuh koleksinya kenapa bilangnya Raya Radiance, karena memang koleksi yang kita tampilkan itu warnanya cerah-cerah, warna kuning, pink. Pokoknya bright color," ujar Bestari Aninda Jasmine, Marketing Communication Gingersnaps, ditemui di sela acara.

Potongan busana yang ditampilkan secara garis besar sederhana, tanpa banyak detail yang menyulitkan pergerakan anak lelaki. Kemeja, misalnya. Busana ini membuat anak terlihat lebih rapi tetapi tetap ceria lewat motif bunga di pakaian. Busana itu cocok dipadukan dengan celana panjang berwarna netral dan sepatu kets untuk tampilan santun saat ikut orangtunya Salat Id.

Ada pula dress motif floral yang feminin dan ceria untuk baju lebaran anak perempuan. Untuk acara yang lebih formal, varian lengan panjang bisa dipilih dipadukan dengan bando sebagai aksesori. Sementara, acara non-formal bisa memilih gaun tanpa lengan agar anak tidak mudah kegerahan saat bermain dengan anak-anak lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan Benang Jarum

 

 

Jika bosan dengan gaun potongan sederhana, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendandani anak perempuan dengan blus dan rok tutu. Rok yang biasa dipakai balerina itu terkesan manis tetapi tidak menghalangi mereka untuk bergerak bebas. Bila rok dirasa kependekan, Anda bisa menambahkan legging sebagai pelengkap penampilan. Koleksi Raya akan resmi diluncurkan pada 7 Maret 2024.

"Pada koleksi ini, Gingersnaps meluncurkan pakaian yang tak hanya praktis bagi orangtua, namun juga memberikan desain dan siluet estetik untuk merayakan bulan suci Ramadan. Dengan hiasan dekor yang modern, pola kain yang playful, dan juga siluet yang tak lekang waktu, setiap produk yang ada di koleksi ini memberikan penampilan yang harmonis dan memukau bagi para keluarga," ujar Abdullah Sayeed Asraf, Brand Manager Gingersnaps Indonesia, dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com. 

Pada saat yang sama, jenama itu menggandeng Kai Attara Sugiono, putra kedua Titi Kamal, sebagai wajah kampanye Ramadan tahun ini. Kali ini, Gingersnaps menampilkan dua koleksi bertema Festive Retro dan Lido Reveries untuk anak lelaki dan perempuan yang berusia 6 bulan hingga 14 tahun.

"Kita ngeliat Kai itu usianya dan juga profilnya sangat cocok dengan brand Gingersnaps sendiri, jadi kita pilih Titi Kamal," ujar Bestari.

3 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan Benang Jarum

Selain Gingersnaps, Mothercare menghadirkan koleksi Ramadan anak dengan menggandeng Benang Jarum, brand modest fashion lokal. Bertajuk The Litte Rays of Raya, koleksi itu didesain untuk anak-anak berusia 18 bulan hingga 8 tahun.

Dibuat dengan detil unik dan terinspirasi dari budaya Indonesia yang kaya, koleksi tersebut mencerminkan nilai modesty yang ditawarkan Benang Jarum, namun tetap menggunakan bahan berkualitas dan aman bagi anak-anaksesuai ciri khas Mothercare. Koleksi kolaborasi ini terdiri dari tiga looks untuk anak perempuan dan tiga looks untuk anak laki-laki yang menyesuaikan dengan warna musim semi yang cerah dengan nuansa hangat. 

Mothercare juga menampilkan koleksi spesial Enchanting Elegance dengan konsep All-New Wonderland Collection yang anggun dan mempesona untuk bayi usia 18 bulan hingga anak usia 8 tahun. Tersedia lima tampilan untuk perempuan dan empat gaya untuk anak laki-kali, koleksi yang dikurasi secara khusus ini semakin membuat penampilan anak lebih menawan dan gembira di Hari Raya.

"Bagi kami, momentum Ramadan dan Hari Raya menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat, dan hal ini menjadi waktu untuk anak dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya," kata Vasudev Kataria, Senior Vice President dari Baby, Kids and Toys Brands di Kanmo Group.

 

 

4 dari 4 halaman

Tren Warna Baju Lebaran

Ada banyak pilihan warna untuk merayakan hari Lebaran 2024. Dikutip dari merdeka.com, berikut sepuluh warna yang akan ngetren dalam busana hari raya.

1. Sky Blue. Termasuk jajaran warna pastel, sky blue akan membuat penampilanmu terlihat lembut dan kalem.

2. Lavender purple.  Warna ini memiliki nuansa yang lebih dalam daripada lilac, namun tetap memancarkan kesan yang tenang dan elegan.

3. Merah marun. Warna ini dapat memberikan kesan kuat dan anggun bagi siapa pun yang memakainya. Warna ini bisa dipadukan dengan warna-warna pastel untuk tampilan yang menarik.

4. Putih. Warna putih dianggap sebagai warna yang timeless dan menampilkan kesan suci saat momen Lebaran tiba.

5. Navy. Warna ini merupakan warna biru gelap yang cocok untuk Anda yang tidak suka warna terang dan mencolok.

6. Mocca. Warna dengan kombinasi warna earth tone yang senada membuat penampilan terlihat soft. Warnanya yang timeless cocok dipakai di segala suasana. 

7.Sage. Warna yang populer tahun lalu itu terkesan simpel tapi mewah bila dipadu-padan yang sesuai. Warna ini termasuk warna unisex, sehingga cocok digunakan pria maupun wanita.

8. Dusty pink. Cocok untuk Anda yang ingin tampil feminin di hari raya dengan warna pink tapi tidak terlalu mencolok. Kesan nude pada warna dusty pink, membuatnya menjadi warna pastel yang manis.  

9. Brown sugar. Warna ini cocok bagi penyuka nuansa gelap, tapi tidak mencolok. Warna ini tidak terlalu intens dan masih menyatu dengan sentuhan krem yang lembut.

10. Rugby Tan. Memiliki warna yang soft dan cerah. Dengan sentuhan warna krem beige dan perpaduan warna lain yang cerah, warna ini akan membuat penampilan terlihat glamor. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.