Sukses

Video Lama Ridwan Kamil Bongkar Nominal Gaji Disorot, Usai Diduga Maju Pilkada DKI Berujung Jualan Skincare

Ridwan Kamil mengaku istrinya sempat protes saat ia menerima gaji sebagai Wali Kota Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Ridwan Kamil (RK) jadi sorotan karena billboard "otw Jakarta" membuatnya diduga ingin maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Dari situ, narasinya berkembang dan memunculkan sejumlah video lama di media sosial.

Salah satunya dibagikan akun TikTok @indonesia_maju_02, Selasa, 27 Februari 2024, yang memperlihatkan wawancara RK dengan Najwa Shihab yang bertanya nominal gajinya sebagai Wali Kota Bandung. "Nah ini seumur-umur baru ya, curhat sedikit, dikomplain istri bulan ini karena gaji enggak cukup buat bulanan," sebut dia.

"Gaji Wali Kota (Bandung) itu Rp5,8 juta," kata RK. "Terus kita ada namanya dana operasional kurang lebih Rp20-an juta, jadi total Rp25-an (juta)."

Namun demikian, ia tidak bersih membawa pulang gaji Rp25 juta. "Saya baru sadar orang tuh minta-minta. Datang, 'Pak, ini buat sunatan massal.' Ada pendukung juga dan seterusnya, ada yang betul-betul harus, jadi pulang ke rumah, ya kepotong-potong sana-sini," bebernya.

"Ini yang saya agak bingung, bagaimana sebagai pejabat publik memenuhi harapan warga yang tidak mampu, tapi jatahnya dari mana," ujarnya.

Gaji Ridwan Kamil yang dibawa pulang hanya sekitar belasan juta rupiah. "Makanya saya jadi wali kota tidak untuk mencari nafkah," tandasnya.

Potongan klip itu menuai berbagai komentar warganet. Beberapa membandingkan nasib dengan RK di tengah naiknya harga berbagai kebutuhan pokok. "Gimana kita nih yang buruh doang, beras naik, cabe naik," kata salah satu warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klarifikasi Ridwan Kamil

Baru-baru ini, Ridwan Kamil membeberkan klarifikasi tentang baliho "otw Jakarta." "Tentang billboard yang kemarin ramai itu, bukanlah bilboard komunikasi politik. Tapi itu adalah billboard marketing iklan di mana saya menjadi brand ambassador sebuah inovasi skincare khusus untuk para lelaki yang bernama @r1formen," tulisnya di unggahan Instagram, Rabu, 28 Februari 2024.

"Kenapa 'OTW Jakarta nih' karena launching-nya di Jakarta, di Senayan City tanggal 18 Maret (2024)," sambungnya. "Jika launching-nya di Surabaya, tentunya ada bilboard 'OTW Surabaya nih.' Jadi Bang @ahmadsahroni88, itu bukan billboard mau nyagub di Jakarta yaa. Silakan abang aja yang ramai-meramaikan urusan ini. Saya belum mau ikutan."

"Hemat saya, pilpres saja belum usai perhitungan KPU-nya. Masa sudah harus membahas tentang pilkada yang masih lama, November 2024. Saya pun belum memutuskan mau ke mana," akunya. "Sementara hati masih tentang lanjut di Jabar atau mungkin tempat lain/Jakarta jika ada pertimbangan lain."

"Juga, (saya) sedang mempertimbangkan opsi lain, yaitu istirahat mengurus keluarga dan usaha dan tidak melanjutkan karier politik. (Itu) juga sedang menjadi pertimbangan. Demikian klarifikasinya," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Diformulasikan di Sumedang

Di unggahan lanjutan, Kamis, 29 Februari 2024, RK mengungkap bahwa lini skincare pria yang jadi bisnis barunya itu diformasikan di sebuah laboratorium kulit dan pusat inovasi di Sumedang, Jawa Barat. "(Ini mengandung) biodiversity dan unsur-unsur, seperti lima kali ceramide, Panthenol, Hamamelis virgiana water, glycerin, niacinamide, teatree oil, juga moringga oleifera (kelor)," bebernya.

Dari kandungan-kandungan tersebut, rangkaian produk perawatan kulit khusus pria itu diklaim mampu mengontrol minyak, mencegah jerawat, menghidrasi dan melembabkan kulit, serta anti-polutan dalam satu kemasan. "(Rangkaian produknya) bahkan akan dirilis (dalam) termos inovatif untuk bisa dibawa traveling dengan mudah untuk pria yang suka bepergian," kata RK.

"Hasilnya, semua produk @r1formen sekarang sudah tersedia di mana-mana," sebut dia, menambahkan sejumlah e-commerce platform untuk membeli skincare tersebut. Membalas komentar warganet, pria berusia 52 tahun itu mengatakan bahwa produk perawatan kulit rilisan jenamanya sudah mengantongi izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

4 dari 4 halaman

Tuai Ragam Komentar

Berbagai komentar pun dibubuhkan warganet. Beberapa mendukung gebrakan baru RK, dengan salah satunya menulis, "Gimmick kemarin berhasil. Banyak yang kepancing akhirnya iklan pun sukses, produk pun jadi banyak yang penasaran. Keren sih ide iklannya."

"Pak, orang-orang udah panas ternyata mau jualan skincare 😂😂," sahut yang lain. "Kayak kena prank ya udah rame-rame dari kemarin."

"Sudah saya duga, iklan besar yang otw Jakarta adalah bagian advertising Kang Emil😁 Mangkannya saya engga kepancing, cuma kemarin dari outfit yang dipakai di reklame, saya kira iklan untuk Eiger ternyata skincare. Manyala akangku🔥," kata seorang warganet.

"Jangan sampe suami saya tau. Bisa-bisa alokasi skincare dibagi dua sih ini mah 😭😭🤣🤣🤣🤣🤣," timpal pengguna berbeda. "Bapak @ridwankamil S3 marketing ya Pak? Idenya beda banget utk promo. Sampai bikin orang ngeriung ngerubung. Mantabbbbbb👏👏👏👏."

"Pak mau liat bapak promoin skincare-nya di live pak..🔥," pinta pengguna Instagram. "Bismillah awet muda ya kalo gini mah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.