Sukses

Setelah Alam, Ganjar Pranowo Pantau Oboran Abel-Topan Maskot Pendukung Anies dan Ganjar

Abel dan Topan merupakan sebutan admin akun X pendukung pasangan Anies-Muhaimin @aniesbubble dan Ganjar-Mahfud @timpenguinnas di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Sekali lagi jagat X, dulunya Twitter, dibuat gempar maskot pendukung Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, yakni Abel dan Topan. Sebagaimana diketahui, keduanya merupakan sebutan admin akun X pendukung pasangan Anies-Muhaimin @aniesbubble dan Ganjar-Mahfud @timpenguinnas di Pemilu 2024.

Kehebohan ini bersumber dari space tiga jam bertajuk "Abel Topan Live" alias #Tobeli🍓yang digelar keduanya pada Jumat malam, 23 Februari 2024. Kian seru karena untuk beberapa waktu, akun X Ganjar Pranowo tampak nimbrung ke dalam ruang ngobrol virtual tersebut.

Mendapati kemunculan akun itu, Topan diledek "panik" oleh warganet. "'Eh, Pak Ganjar join. Pak Ganjar join.' (Panik...panik...panik), Topan, 'A****R' TUTUR KATA LU DIJAGA TOPAAANNN 😭🫵," cuit salah satu pengguna merujuk pada rekaman suara yang sekarang jadi viral di platform sosial itu.

"'Ih gimana ini ada pak ganjar,' 'Eh serius ada pak ganjar,' 'Invite jadi speaker coba,' 'Wah ada bapak.' Pak Ganjar left karena cuma mau mantau tipis-tipis🤣," timpal yang lain. Tidak hanya akun X calon presiden (cawapres) itu, putranya, Alam Ganjar, yang sebelumnya sudah diajak gabung space, juga muncul.

"Makasih juga buat Mas Alam @alamganjar14 dan Pak Ketua @ganjarpranowo sudah join spacenya. Sebenarnya tadi sudah kami invite beberapa kali, tapi tidak ada respon 🥹 next harus ikut ya," tulis Topan di sebuah utas setelah obrolan daring yang diikuti hampir 30 ribu pengguna X itu selesai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sampai Dibuat Fan Art

Di akun X-nya, Alam menulis, "Baru mau join," merujuk pada siaran langsung Abel dan Topan. Sederet warganet membalas dengan menyebut bahwa mereka menunggu Alam ikut gabung berbincang di ruang virtual tersebut. "Tapi biarin deh mas jadinya yang unggas-unggas aja (merujuk pada simbol burung hantu dan penguin yang dipakai Abel dan Topan)," balas seorang pengguna.

Warga X pun tidak semata berkomentar maupun membagikan ulang potongan perbincangan yang, menurut mereka, memperlihatkan gemasnya interaksi Topan dan Abel. Di antaranya, ada juga yang membuat fan art dari obrolan itu.

Salah satu bahan perbincangan yang populer dijadikan fan art, yakni saat Abel mengatakan bahwa interaksinya dengan Topan hanya gimmick, dan bagaimana si maskot pendukung Ganjar diduga kecewa mendapati tanggapan itu. "Si Topan udah ugal-ugalan banget padahal, tapi Abel tetep cool," komentar salah seorang pengguna.

Ini juga terlihat setelahnya, yang mana Topan cukup rajin merangkum perbincangan virtual Jumat malam, bahkan membalas sejumlah komentar pengguna, sedangkan Abel tidak berbagi konten apapun.

3 dari 4 halaman

Drama Topan dan Abel Berlanjut

Pada Sabtu (24/2/2024), Topan malah diledek karena akun X Abel berhenti mengikuti akunnya. "Topan lu di-unfoll Abel pan. Dia serius itu semalem bilang kalian gimmick," kata warganet.

Sebelumnya, Topan juga telah mengingatkan warganet bahwa "perkapalan" ini hanya berdasarkan maskot, bukan apa yang terjadi di kehidupan nyata. "Mohon maaf sebelumnya, tapi Topan belum pernah tampil di publik, sangat keberatan, dan sangat tidak nyaman untuk dispill secara pribadi," tulisnya.

"Apalagi dengan asumsi-asumsi yang ada, sehingga jadi opini liar. Semoga bisa dipahami ya, terima kasih 🙇🏻‍♂️🙇🏻‍♂️🙏🏻," tuturnya. Imbauan itu, ia melanjutkan, juga diminta berlaku untuk Abel. "Tweet ini berlaku juga untuk Abel ya. Minta tolong hargai privasi Topan dan Abel 🙏🏻🙇🏻‍♂️ Terima kasih," tulisnya.

Salah satu warganet menanggapi, "Sumpah jawaban Topan kemaren tentang ship (Abel dan Topan) ini sebenernya bagus banget loh yang, 'namanya kreativitas gak bakal bisa dibatesin, yang bisa ngebatesin ya dari diri sendiri aja, masing-masing orang kan pasti punya common sense.' So guys jangan lupa pakai common sense kalian and keep the fun yaa."

4 dari 4 halaman

Interaksi dengan Alam Ganjar

Sebelum ini, Topan kedapatan berbagi tangkapan layar seusai menggelar space, menurut cuitan Kamis, 22 Februari 2024. Dari situ, Alam membalasnya dengan menulis, "Kapan ada lagi?"

Menanggapi itu, Topan membuka polling, "Kita jadwalkeun mas Alam, bisa hari apa? Temen-temen pada mau hari apa? Coba voteee." Ia kemudian menambahkan, "Atau besok mas? Ada Abel juga." "Besok waktunya buat kalian aja," balas Alam.

Jawaban ini pun ramai dibahas warganet yang berbondong bercanda bahwa Alam menggoda Topan. "Plis banget mas Alam ceng-cengin Topan masa," kata salah satu pengguna, yang diamini warganet lain, "Widih alam pun mendukung Topan Abel untuk bersatu 😭😭."

"Mas alam gak mau ganggu unggas pacaran," sahut yang lain. "Mas alam sangat pekaa," timpal warganet berbeda. "Gak mau ganggu ya?😂 Alam lebih peka dibandingkan Topan sendiri. Ada waktu buat momen bareng Abel malah ngajak-ngajak Alam untuk ikutan😂."

Ledekan kian menjadi karena Topan membalas, "Gamau jadi saksi mas? 😊" "Woiii, jangan langkain abahh (Anies Baswedan) lahhh. Minta restu dulu lah sanaaa.....😡," sahut pengguna lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini