Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Kencana di Bogor yang Terkenal dengan Tanjakan Sambalado

Gunung Kencana berjarak 70 km sebelah tenggara Jakarta, 20 km di sebelah selatan dari daerah Pegunungan Jonggol dan 15 km sebelah utara Gunung Pangrango tepatnya di berada diantara perbatasan wilayah Sukamakmur, dengan Cisarua.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Kencana merupakan sebuah gunung yang terletak di sebelah tenggara Kabupaten Bogor. Gunung ini bagian dari rangkaian Pegunungan Jonggol, sebuah pegunungan yang tepat berhadapan dengan Gunung Gede Pangrango yang wilayah nya membentang dari Hambalang sampai Tanjungsari, Bogor.

Gunung Kencana berlokasi sekitar 70 km dari Jakarta dan 20 km di sebelah selatan dari daerah Pegunungan Jonggol. Letak gunung ini cukup strategis, berada 15 km di sebelah utara Gunung Pangrango tepatnya berada di antara perbatasan wilayah Sukamakmur dengan Cisarua.

Mengutip dari laman Highland Adventure, Kamis, 15 Februari 2024, Puncak Gunung Kencana yang berada pada ketinggian 1803 mdpl ini merupakan salah satu tempat trekking di Puncak yang cukup tersohor dibelahan kota Bogor. Untuk itu simak enam fakta menarik Gunung Kencana yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Salah Satu Kawasan Hutan Lindung

Gunung Kencana merupakan satu dari 8 gunung dalam kawasan lindung. Kedelapan gunung tersebut adalah gunung Garungsang dengan puncak tertingginya 1.147 mdpl, Gunung Malang (1.392 mdpl), Gunung Pondok Walanda (1.506 mdpl), Gunung Halimun (1.646,7 mdpl), Gunung Gedogan/Gedongan (1.668 mdpl), Gunung Kencana (1.803 m dpl) serta Gunung Luhur (1.727 mdpl).

Posisi kedelapan gunung ini berada di sebelah utara Gunung Gede Pangrango. Setelah ditelusuri, beberapa gunung dari kedelapan gunung dalam kawasan lindung di zona penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tersebut banyak mengisahkan cerita rakyat yang turun-menurun, dari mitos magis sampai dengan kisah tuan-tuan Belanda yang namanya tersemat menjadi nama Gunung Pondok Walanda.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jalur Pendakian Gunung Kencana

Terdapat beberapa pilihan rute dan jalur perlintasan trekking atau hiking mencapai puncak tertinggi Gunung Kencana. Pertama jalur mendaki puncak Gunung Kencana via lerengan Barat Daya Gunung Paseban, lalu via puncak Karvak dan jalur Paseban (tujuan puncak kencana). 

Jalur Gunung aseban menuju ke Puncak Kencana merupakan rute yang eksotis dengan melewati hutan hujan tropis pegunungan montana forest yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon endemik. Sementara jalur menuju puncak Gunung Kencana via lerengan barat daya Gunung Paseban dan puncak Karvak bukan merupakan jalur pendakian gunung Kencana dengan tujuan untuk berkemah di puncak Gunung Kencana.

Kendati pun pendaki nantinya akan sebentar saja singgah untuk  menikmati pemandangan alam nan indah di puncak Kencana, itu pun hanya sebatas melintas. Jalur pendakian dari arah barat daya Gunung Paseban ini di pergunakan oleh para penggiat alam sebagai aktivitas wisata petualangan dengan jalur khusus yang eksotis dan terkadang digunakan sebagai medan pelatihan navigasi darat oleh para Mapala se-Jabotebek.

3 dari 4 halaman

3. Vegetasi Hutan yang Unik Selama Pendakian

Untuk menuju puncak gunung Kencana, pada awalnya pendaki akan memasuki hutan pegunungan bawah dengan vegetasi campuran yang didomaninasi oleh pohon kiara sebagai tajuk tegakannya. Pohon perdu seperti tepus, babanjaran, nampong, kaliandra dan tanaman perdu lainnya pada ketinggian dibawah 1500 mdpl juga akan ditemui pendaki.

Pada perjalanan selanjutnya akan banyak ditemukan banyak pohon endemik. Di bawah tegakan pohon-pohon endemik tersebutlah banyak tumbuh berbagai jenis rotan, dan jenis rotan cacing yang mendominasi sebagian besarnya. 

4. Bisa Berkemah di Puncak Karvak

Ada dua alternatif perjalanan saat mendaki ke Gunung Kencana, pertama hanya satu hari pendakian hingga ke puncak Kencana lalu turun menuju perkebunan teh Ciliwung, dan di perkebunan teh tersebutlah trekkers ditunggu oleh unit-unit kendaraan jeep yang akan membawa kembali ke titik awal perjalanan yaitu Highland camp.

Tapi pendaki juga bisa menginap dan berkemah di puncak Karvak. Keesokan harinya pendaki bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak Kencana untuk menikmati sunrise dan kembali ke titik awal pendakian dengan menggunakan jalur semula.

4 dari 4 halaman

5. Gunung Gede Pangrango Terlihat di Puncak

Dengan konturnya yang menawan seperti halnya rute hutan Gunung Paseban, salah satu rute pilihan pendaki yang suka tantangan. Umumnya, trekking untuk menempuh puncak Gunung Kencana memiliki durasi singkat sekitar 1 jam dalam sehari perjalanan, dengan kembali pada titik awal perjalanan highland camp.

disuguhkan dengan pemandangan alam dan wilayah sekitar Bogor yang indah dan asri. Menyaksikan matahari terbit dan tenggelam juga menjadi pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Pendaki juga akan dapat bonus pemandangan puncak Gunung Pangrango di sana.

6. Tanjakan Terkenal Sambalado

Salah satu spot ikonik dari Gunung Kencana yaitu adanya Tanjakan Sambalado. Sesuai namanya, tanjakan mungkin pedas seperti sambal karena memiliki rangkaian tangga 100 m dari kayu yang terjal dan agak menyeramkan dengan kemiringan 45 derajat. Saat pendaki melewati gerbang pendakian, mereka akan menemui tanjakan ini. Rangkaian tangganya yang panjang tak sedikit membuat dengkul para pendaki pegal, keram dan terasa "pedas".  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini