Sukses

Debat Capres 2024 Pamungkas, Prabowo Subianto Sepakat dengan Anies Baswedan Bentuk Kementerian Kebudayaan

Prabowo Subianto mengangguk-angguk saat Anies Baswedan melontarkan pendapatnya soal mengelola kebudayaan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Budaya menjadi salah satu tema yang dibahas dalam Debat Capres/Cawapres ke-5 pada Minggu (4/2/2024) malam di JCC, Senayan, Jakarta Pusat. Pertanyaan tentang komersialisasi budaya dan kebebasan berekspresi pun dilontarkan sosiolog Universitas Indonesia (UI) Imam Prasojo kepada Prabowo Subianto.

Calon presiden (capres) nomor urut 2 itu memulainya dengan menyatakan budaya sangat penting. Menurut Prabowo, budaya adalah karakter bangsa. "Tanpa kita membanggakan, menghormati, melestarikan budaya kita sendiri, hilang jati diri kita sebagai bangsa. Semua bidang harus kita bantu, kita lindungi," ujarnya.

Ia pun mengusulkan untuk menyiapkan dana abadi budaya untuk mendukung para pelaku seni budaya di semua bidang. Di samping itu, ia tak setuju bila negara hanya berperan sebagai regulator, tetapi harus menjadi pelopor dalam perlindungan budaya.

"Intervensi bila perlu, bekerja untuk rakyat. Di bidang budaya, pemerintah juga harus di depan, menjaga melestarikan semua budaya di semua bidang," ucap Prabowo.

Namun, pernyataan tersebut ditampik capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Ia mengatakan bahwa memang birokrat semestinya hanya memfasilitasi para pelaku seni budaya untuk berkarya. 

"Maka, budaya akan tumbuh dan pemerintah bisa melihat bagaimana proses kreatif itu berjalan, apakah itu nyanyi, apa film maker, apa penulis buku, pencipta lagu, semuanya sehingga terhadap mereka perlu dilindungi," ucapnya.

Sementara, capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengingatkan bahwa kebudayaan itu bukan satu sektor, melainkan seluruhnya karena tujuan pembangunan adalah membangun kebudayaan. Maka itu, ia berpendapat bahwa yang perlu dilakukan pemerintah adalah menciptakan ekosistem yang sehat agar budayawan bisa memunculkan ekspresinya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usulkan Bentuk Kementerian Kebudayaan

Anies melanjutkan bahwa kebudayaan tidak hanya perlu dirawat atau dilestarikan seolah-olah budaya hanya warisan masa lampau, tetapi juga perlu dikembangkan. Maka itu, ia berencana membentuk Menteri Kebudayaan bila nanti menjadi presiden.

"Yang nantinya akan menjadi penyalur sumber daya dari negara kepada kalangan budayawan agar mereka berkembang, membangun kebudayaan-kebudayaan yang maju di Indonesia," ucapnya.

Saat mendengarkan opini Anies, Prabowo sesekali mengagukkan kepalanya tanda ia menerima. Ia juga membuat pernyataan sepakat atas pendapat Anies. "Kalau saya jadi presiden, saya juga memikirkan kementerian kebudayaan. Kalau ide yang baik, saya bisa terima dan dukung," ucap Prabowo.

Ia juga menambahkan bahwa pendapat-pendapat yang dlontarkan kedua capres lainnya bisa diterima karena banyak benarnya. "Kita harus benar-benar memberi ruang untuk inisiatif, ruang untuk kreativitas, tapi jelas pemerintah harus tidak ragu-ragu dan pemerintah harus berani menjaga situs-situs, menjaga museum, membantu istana-istana sultan yang banyak sudah mau roboh," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Singgung Butet Kertaradjasa

Dalam sesi tersebut, Ganjar juga sempat menyinggung soal ruang ekspresi para seniman. Ia menyatakan agar pemerintah tidak takut memberi ruang bagi para seniman.

"Masa takut sama pentasnya Butet? Masa boleh loh pentas, tapi enggak boleh ngomong politik? Ndak. Pemerintah mesti dikritik, pemerintah mesti waras, pemerintah mesti dalam trek, dan biarkan mengekspresikan dengan seninya," ucapnya.

Sebelumnya, seniman Butet Kertaredjasa menjelaskan intimidasi yang dialaminya saat menggelar pentas teater di Taman Ismail Marzuki Jakarta, pada 1--2 November 2023. Butet mengaku pihak kepolisian melarang dirinya menampilkan materi tentang politik dalam acaranya yang berarti materi seni pertunjukannya diatur oleh kekuasaan di luar dirinya.

 "Saya kehilangan kemerdekaan mengartikulasikan pikiran, saya dihambat kebebasan berekspresi, padahal UUD, seperti dikatakan dirjen kebudayaan, amanah kongres kebudayaan jelas menyebutkan kebebasan berekspresi hak mendasar, hak mutlak rakyat Indonesia, polisi mengartikan intimidasi secara naif, hanya soal fisik," katanya di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Rabu, 6 Desember 2023, dilansir dari Antara.

4 dari 4 halaman

Tema Debat Capres ke-5

Debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) kini sudah memasuki sesi kelima. Debat Capres terakhir hari ini 4 Februari 2024 akan menjadi panggung bagi para Capres sebelum bertarung dalam Pemilu atau Pilpres 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Dalam debat capres 2024, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan beradu gagasan mengenai Pendidikan, Kesehatan, Ketanagakerjaan, Kebudayaan, Teknologi Informasi, Kesejahteraan Sosial, dan Inklusi. Debat Capres hari ini dilaksanakan mulai pukul 19.00 WIB, sama seperti jadwal debat-debat sebelumnya.

Dalam debat ini, durasi secara keseluruhan akan berlangsung selama 150 menit, dengan durasi khusus debat 120 menit dan terdiri atas enam segmen. Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja. Segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja. Moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada peserta debat dan akan saling menanggapi. Segmen keenam atau penutup adalah masing-masing peserta debat menyampaikan pernyataan secara penutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.