Sukses

Pemeran Hulk Mark Ruffalo Bercerita Saat Didiagnosis Tumor Otak, Sang Istri Mengira Bercanda

Istri Mark Ruffalo mengira dia bercanda ketika memberitahunya bahwa menderita tumor otak.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Mark Ruffalo menceritakan saat pertama kali dirinya didiagnosis terkena tumor otak. Pemeran Hulk itu mengatakan bahwa dia tidak memiliki gejala apa pun kecuali infeksi telinga sebelum didiagnosis tumor.

Istri Mark Ruffalo bahkan mengira dia bercanda ketika memberitahunya bahwa menderita tumor otak. Pria berusia 56 tahun itu, menyampaikan berita tentang kondisinya yang berpotensi fatal kepada pasangannya Sunrise Coigney beberapa hari setelah melahirkan anak pertama mereka pada 2001.

Dia mengatakan melalui podcast Smartless, "Saat saya memberi tahu Sunny tentang hal itu, awalnya dia mengira saya bercanda, lalu dia menangis dan berkata, 'Saya selalu tahu kamu akan mati muda.'"

Mark mengetahui bahwa ia mengidap tumor 23 tahun yang lalu ketika istrinya (51), sedang hamil sekitar sembilan setengah bulan. Putra mereka Keen, yang kini berusia 22 tahun saat itu lahir pada Juni 2001.

Aktor kelahiran 22 November 1967 itu menambahkan bahwa dia membuat keputusan menunggu hingga anak laki-laki itu lahir untuk menyampaikan kabar tentang kondisinya. "Jadi aku tidak bisa," katanya.

Ruffalo juga mengatakan seminggu setelah bayinya lahir, dia harus menemui ahli saraf dan memikirkan rencana perawatannya. Dia memberi tahu sang istri pada malam sebelum janji temunya.

Ia mengetahui menderita schwannoma vestibular jinak pada 2001 setelah dia sering bermimpi bahwa dia menderita tumor otak. "Saya mungkin bangun sekitar jam 3 pagi, dan saya baru saja mengalami mimpi gila ini, dan itu tidak seperti mimpi lain yang pernah saya alami," katanya lagi.

Lalu ia menyambung, "Rasanya seperti, Anda mengidap tumor otak, dan itu bahkan bukan sebuah suara, melainkan hanya pengetahuan murni – Anda mengidap tumor otak, dan harus segera menanganinya." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Operasi Membuat Telinga Kirinya Tuli

Ia sempat pergi ke dokter untuk melakukan CT scan agar memastikan tentang infeksi di telingannya sebagai dugaan awal. Mark mengatakan, "Perawat memanggil dokter, saya dapat mendengar mereka berbicara di ruangan lain. Dia masuk, dia seperti zombie dan dia berkata, 'Ada massa di belakang telinga kirimu sebesar bola golf, dan kami tidak tahu apa itu. Kami tidak dapat memastikannya sampai ia dibiopsi.'"

Meski tumornya jinak, Ruffalo menjalani operasi untuk mengangkat massa yang membuatnya tuli di telinga kirinya. "(Saya) benar-benar tuli di satu telinga, dan ketika saya bangun, sisi kiri wajah saya lumpuh total. Aku bahkan tidak bisa memejamkan mata. Aku sedang berbicara di luar mulutku," cerita Mark lagi.

Kelumpuhan Ruffalo hilang setelah sekitar satu tahun, namun ia masih menderita gangguan pendengaran. Selain Keen, aktor tersebut memiliki dua anak lainnya dengan Sunrise, yang dinikahinya pada 2000, mereka adalah Bella (18) dan Odette yang berusia 16 tahun.​

3 dari 4 halaman

Kehilangan Peran di Film Sign

Pada 2002, Mark Ruffalo semestinya tampil sebagai Merrill Hess, mendampingi Mel Gibson di film Signs. Peran itu akhirnya jatuh ke tangan Joaquin Phoenix.

Mark Ruffalo batal tampil setelah didiagnosis mengidap tumor otak. Mengutip dari Tim Showbiz Liputan6.com, tumor yang diitemukan pada fase awal membuatnya menjalani bedah otak.

Bedah otak ditempuh setelah tumor membuat sebagian wajahnya mengalami paralisis parsial. Paralisis merupakan hilangnya kemampuan untuk bergerak lantaran cedera atau penyakit pada bagian saraf. Kini Mark Ruffalo pulih total dan kembali beraktivitas di dunia seni peran.

Diketahui karier Mark Ruffalo sendiri menanjak setelah memerankan Bruce Banner alias Hulk, jagoan dari Marvel Cinematic Universe. Sebagai Hulk, Mark Ruffalo tampil di sejumlah film box office termasuk Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame, yang menjadi film terlaris sepanjang sejarah.

Tak mau terjebak di film-film komersial, Mark Ruffalo menjajal beragam karakter. Ia sempat tampil di Dark Waters. Dalam Dark Waters, Mark Ruffalo memerankan Robert Bilott. Akting Mark Ruffalo pun kembali memanen pujian dari penonton maupun kritikus.

 

 

4 dari 4 halaman

Profil Mark Ruffalo

Lahir di Wisconcin, AS, 22 November 1977, Mark Ruffalo memulai karier akting sejak 1989. Kali pertama ia muncul di serial televisi CBS Summer Playhouse: American Nuclear. Saat diwawancara majalah Moviemaker, Mark Ruffalo mengaku telah mengikuti 800 audisi peran seumur hidupnya. Ia tak menyesal ratusan kali gagal audisi.

Baginya, kegagalan itu turut membentuk jati dirinya kini. Mark Ruffalo telah meraih 3 nominasi Oscar untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik lewat film The Kids Are All Right, Foxcatcher, dan Spotlight.

Mengakhiri masa lajang pada 2000, Mark Ruffalo menikahi Sunrise Coigney. Pasangan ini dikaruniai 3 anak. Anak pertama, laki-laki, bernama Keen Ruffalo lahir pada Juni 2001. Anak kedua, perempuan bernama Bella Noche Ruffalo, lahir pada Mei 2005.

Anak ketiga, perempuan, Odette Ruffalo lahir 20 Oktober 2007. Saat itu, usia Mark Ruffalo 39 tahun. Rumah tangga pasangan Mark Ruffalo-Sunrise dikenal tanpa drama. Mereka tinggal di Manhattan dan diketahui punya rumah mewah di New York, AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini