Sukses

Intip Cara Meningkatkan Kesuburan Pria Lewat Kehidupan Sehari-Hari, Wajib Tahu

Mau tahu apa saja cara meningkatkan kesuburan pria yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara meningkatkan kesuburan pria akan dapat membantu kamu jika ingin cepat memiliki keturunan. Wajib diketahui bahwa gaya hidup yang dilakukan sehari-hari ternyata dapat berpengaruh terhadap kualitas sperma dari tiap individu. Jika pola hidup yang dijalani sehat, maka kemungkinan besar kesuburan pun juga akan turut meningkat. Sebaliknya, jika kamu hidup secara masa bodoh dan asal-asalan, bisa jadi kualitas sperma yang dimiliki tidak sehat dan bahkan dapat mengalami kelainan.

Selain berfokus pada perempuan, kesuburan pria dewasa pada dasarnya juga memang harus selalu diperhatikan. Pasalnya, dari kualitas sperma yang baiklah, proses pembuahan akan bisa berhasil. Selain itu, sperma yang sehat juga meningkatkan persentase kehamilan yang direncanakan. Semakin sehat sperma yang dipunya, maka semakin cepat pula pembuahan akan terjadi.

Maka dari itu, untuk kamu yang berencana menikah dan ingin memiliki momongan dalam waktu dekat, wajib mengetahui cara meningkatkan kesuburan pria yang baik dan tepat. Yuk, baca dulu informasi berikut ini. 

Ketahui Ciri-Ciri Pria yang Subur

Sebelum menerapkan tips untuk meningkatkan kesuburan, sebaiknya kamu ketahui dulu ciri-ciri laki-laki subur. Kesuburan pria dewasa nyatanya bisa dilihat dari kualitas sperma yang dimiliki. Salah satunya yaitu memiliki jumlah sperma yang baik, idealnya 15 juta sel sperma per milimeter air mani keluar saat ejakulasi. Selain itu, sperma yang sehat juga dapat dilihat dari volume air mani. Normalnya, pria yang subur dapat mengeluarkan air mani sebanyak 2-5 mililiter saat ejakulasi.

Ciri-ciri laki-laki subur juga dapat dilihat dari warna air mani yang dikeluarkan. Warna air mani yang normal dan mampu membuahi sel telur umumnya berwarna putih keruh. Tetapi, jika air mani yang keluar justru berwarna kuning, kemungkinan itu menandakan bahwa kamu mengalami infeksi pada saluran kencing.

Sperma yang sehat juga ditandai dengan kadar pH yang normal, yakni sekitar 7,2 – 7,8. Ciri-ciri laki-laki subur juga memiliki bau sperma yang identik seperti klorin atau kaporit. Sebaliknya, jika baunya cenderung amis atau tidak sedap, kemungkinan kualitas sperma kamu sedang rendah alias tidak baik. Ingat pula bahwa sel sperma baik ditandai dengan pergerakan yang lancar dan bentuk yang sempurna. 

10 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Ada beberapa cara meningkatkan kesuburan pria yang bisa dilakukan. Semua tips ini umumnya terdiri dari mengubah pola hidup baik dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat berdampak buruk bagi tubuh. Mau tahu apa saja cara meningkatkan kesuburan pria yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

1. Olahraga yang Rutin

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menambah kesuburan pria adalah rajin bergerak. Rajin bergerak, misalnya dengan berolahraga diyakini dapat meningkatkan kadar testosteron dan kualitas sperma yang lebih baik. Meski begitu, melakukan olahraga sesekali saja tentu tak akan cukup untuk mendapatkan manfaat maksimal dalam meningkatkan kesuburan pada pria. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan olahraga setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Rekomendasi olahraga meningkatkan kesuburan pria juga banyak dan bervariasi. Mulai dari jogging, angkat beban, treadmill, yoga atau pilates, serta bersepeda. Tapi, ingat ya bahwa dalam melaksanakan berbagai olahraga ini tidak perlu sampai berlebihan. Sebab, hal tersebut justru akan membuat tubuh jadi mudah lelah serta berpotensi menurunkan kadar hormon testosteron.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Cara meningkatkan kesuburan pria selanjutnya, yaitu dengan menjaga berat badan ideal. Teruntuk kamu yang punya berat badan berlebih, sebaiknya lakukan program diet sehat mulai dari sekarang. Pasalnya, kesuburan dan kualitas sperma pada pria dapat dipengaruhi oleh berat tubuh yang dipunya.

Diketahui bahwa pria yang mengalami kegemukan dapat berisiko lebih tinggi untuk memiliki jumlah sperma yang sedikit dan pergerakkan sperma yang kurang baik. Selain itu, obesitas juga cenderung bisa mengganggu libido dan performa saat berhubungan seksual. Oleh karena itu, untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan pria dewasa, lebih baik dimulai saja dulu dari mempertahankan berat badan yang sehat.  

3. Pilah Pilih Makanan yang Sehat dan Bernutrisi

Cara meningkatkan kesuburan pria yang bisa dicoba berikutnya adalah memilih jenis makanan sehat dan pastinya mampu memberikan nutrisi cukup bagi tubuh. Tips menambah kesuburan pria satu ini memang sederhana, namun belum tentu semua orang mampu menerapkannya. Yup, karena menerapkan pola makan yang sehat sendiri pada dasarnya butuh niat dan ketekunan yang kuat.

Perlu kamu ketahui pula bahwa dengan menjaga pola makan teratur dan bergizi seimbang, kualitas sperma di dalam tubuh akan bisa meningkat dan jadi lebih sehat. Untuk memulai tips ini, kamu bisa memilih makanan peningkat kesuburan pria yang kaya akan antioksidan dan likopen. Misalnya saja seperti tomat, buah beri, ceri, paprika, dan sebagainya. Selain itu, perhatikan pula porsi makanan yang disantap. Jangan terlalu sedikit dan jangan pula terlalu berlebihan.

4. Konsumsi Suplemen dan Vitamin Kesuburan Pria

Selain memilih makanan peningkat kesuburan pria, kamu juga harus rutin mengonsumsi suplemen dan vitamin tambahan agar sel sperma dalam tubuh bisa tetap sehat. Cara meningkatkan kesuburan pria dewasa satu ini begitu direkomendasikan karena manfaatnya untuk membantu memenuhi nutrisi terhadap sel sperma. Selain itu, suplemen dan vitamin pun juga dibutuhkan demi bisa meningkatkan kesempatan pada pasangan agar cepat hamil.  

Suplemen kesuburan pria ada banyak macamnya. Tapi yang paling disarankan, yaitu zinc, selenium, asam folat, dan coenzyme Q10. Sementara untuk vitamin kesuburan pria, kamu bisa memilih vitamin B12, C, D, E yang baik buat kesehatan sel sperma. 

5. Hindari Stress Berlebih agar Kualitas Sperma Terjaga

Kesuburan pria dewasa bisa pula ditingkatkan dengan mengatur rasa stress secara bijak. Kamu wajib tahu bahwa stress yang berlebih sebenarnya tidak baik untuk kualitas dan kuantitas sperma dalam tubuh. Ini terjadi karena pada saat mengalami stress, hormon kortisol akan mengalami kenaikan dan menyebabkan pria kehilangan gairah seksualnya. Sehingga, produksi testosteron turut mengalami penurunan dan menyebabkan tingkat kesuburan lebih rendah. 

Meski begitu, jangan khawatir dulu. Pasalnya, mengatasi rasa stress dan menambah kesuburan pria bisa diatasi dengan begitu mudah. Di antaranya, kamu dapat bersosialisasi dengan orang-orang terdekat, menyempatkan waktu untuk liburan, memperbaiki pola tidur yang benar, menekuni hobi, termasuk melakukan konsultasi terhadap psikolog. 

6. Perhatikan Penggunaan Gadget

Penggunaan gadget di era modern seperti saat ini memang tak dapat dihindari. Terlebih karena hampir semua aktivitas membutuhkan alat pintar ini, mulai dari bekerja ataupun melakukan aktivitas sosial di dunia maya. Tapi, tahukah dirimu bahwa pemakaian gawai yang berlebihan nyatanya dapat berdampak buruk pada kesuburan para pria.

Radiasi yang terdapat pada gadget, terutama laptop, diketahui bisa mengakibatkan penurunan kualitas dan kuantitas pada sel sperma. Apabila penggunaan setiap harinya tak diperhatikan, maka bisa saja kamu memiliki tingkat kesuburan yang kurang stabil. Oleh karena itu, untuk menjaga atau menambah kesuburan pria, kamu harus terus memperhatikan durasi penggunaan gadget dalam keseharian. 

7. Hindari Penggunaan Celana yang Terlalu Ketat

Untuk meningkatkan kualitas sperma pria, kamu perlu menghindari pemakaian celana yang terlalu ketat. Bukan rahasia lagi jika gaya fesyen saat ini semakin berkembang dan memunculkan jenis-jenis yang trendi. Namun, nyatanya tak semua jenis pakaian ini bagus buat kesehatan dan keamanan organ reproduksi. Ambil contoh dari skinny jeans, salah satu model celana jeans yang populer belakangan tahun ini.

Walau dianggap keren oleh sebagian orang, tapi ada dampak buruk yang akan diberikan jika kamu hobi memakai skinny jeans. Mulai dari peredaran darah yang kurang lancar, menyebabkan kaki sakit, hingga kesehatan reproduksi yang terancam. Maka dari itu, cara agar sperma sehat dan kental yang bisa dilakukan oleh setiap pria adalah memilih jenis pakaian yang tepat, nyaman, dan tak bikin tubuh tersiksa.

8. Cegah Infeksi Menular Seksual

Untuk meningkatkan kualitas sperma pria, kamu pun perlu melakukan upaya pencegahan infeksi menular seksual (IMS). Cara agar sperma sehat dan kental ini sebetulnya bukan cuma demi menjaga kesuburan dan kesehatan organ reproduksi saja, melainkan juga menghindari penyakit seksual berbahaya yang bahkan bisa mengancam keselamatan nyawa individu. Misalnya saja, seperti HIV, klamidia, dan gonore.

Dalam upaya pencegahan ini pun terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan. Di antaranya seperti tidak melakukan hubungan seksual secara bebas, menghindari penggunaan narkoba khususnya yang disuntik, hingga rutin menjaga kebersihan organ intim. 

9. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih jadi salah satu cara agar sperma sehat dan kental. Selain mencegah tubuh mengalami dehidrasi, air putih juga memiliki manfaat untuk meningkatkan hormon testosteron pada pria agar bisa lebih siap dalam menghadapi kehamilan. Selain itu, pria yang rajin minum air juga diyakini memiliki jumlah sel sperma yang lebih banyak dan sehat. 

Oleh karena itu, guna menambah kesuburan pria, jangan pernah malas untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Lalu, seimbangkan juga dengan menyantap makanan yang sehat, tidur yang teratur, dan hindari stress berlebihan.

10. Hindari Obat-Obatan Tertentu

Masih banyak orang yang belum tahu bahwa terdapat beberapa obat tertentu yang dapat mengurangi kualitas dari sel sperma. Adapun obat-obatan yang dimaksud ini antara lain seperti obat penghambat saluran kalsium, antidepresan trisiklik, anti-androgen, atau steroid anabolik. 

Inilah mengapa, sebelum menggunakan obat tertentu, konsultasikan dulu dengan dokter. Sehingga apa yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi lebih aman, apalagi tak sampai mengganggu program kehamilan yang sedang diupayakan. Jangan lupa lakukan cara agar sperma sehat dan kental yang satu ini, ya.

Itu tadi beberapa cara meningkatkan kesuburan pria yang bisa diikuti. Menambah kesuburan pria yang sedang mengikuti program kehamilan memang membutuhkan banyak sekali upaya. Akan tetapi, dengan melakukan perubahan gaya hidup sehari-hari, impian untuk mencapai kesehatan reproduksi yang optimal akan bisa semakin mudah diwujudkan. Kamu pun juga dapat memberikan kontribusi positif terhadap kualitas sperma dan memperbesar peluang untuk meraih harapan memiliki keturunan.

Jangan lupa pula untuk rutin memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter spesialis agar program kehamilan yang dijalankan bisa semakin lancar. Dengan perencanaan yang tepat dan perhatian medis yang diberikan, proses menuju kehamilan dapat menjadi pengalaman yang lebih positif dan menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.