Sukses

Daftar Negara Teraman untuk Traveling di 2024, Jepang Satu-satunya Wakil Negara Asia

Berkshire Hathaway Travel Protection (BHTP) merilis daftar negara teraman untuk traveling di 2024. Menurut riset perusahaan tersebut, lokasi yang aman pada awalnya adalah tempat yang sebagian besar bebas dari aktivitas teroris.

Liputan6.com, Jakarta - Berkshire Hathaway Travel Protection (BHTP) telah merilis daftar negara teraman untuk traveling di 2024. Menurut riset perusahaan tersebut, lokasi yang aman pada awalnya adalah tempat yang sebagian besar bebas dari aktivitas teroris.

Dikutip dari laman BHTP, Selasa, 9 Januari 2024, kriteria negara teraman untuk bepergian lainnya adalah tempat yang aman dari wabah penyakit. Definisi aman juga termasuk tempat orang-orang dapat bergerak bebas tanpa diskriminasi atau pelecehan.

Seiring dengan berkembangnya definisi mengenai destinasi yang aman, tempat-tempat teraman di dunia pun turut berkembang. Berdasarkan hasil penelitian State of Travel Insurance pihaknya, berikut daftarnya.

  1. Kanada
  2. Swiss
  3. Norwegia
  4. Irlandia
  5. Belanda
  6. Britania Raya
  7. Portugal
  8. Denmark
  9. Islandia
  10. Australia
  11. Selandia Baru
  12. Jepang
  13. Prancis
  14. Spanyol
  15. Brazil

Sementara, berikut daftarnya di 2023 lalu:

  1. Belanda
  2. Denmark
  3. Islandia
  4. Australia
  5. Norwegia
  6. Kanada
  7. Jerman
  8. Swedia
  9. Swiss
  10. Selandia Baru
  11. Spanyol
  12. Irlandia
  13. Uni Emirat Arab
  14. Britania Raya
  15. Belgia

Para wisatawan menganggap Kanada, Eropa Utara, Australia, dan Selandia Baru adalah tempat yang cukup aman. Rekam jejak ini juga dapat membantu wisatawan berasumsi tentang negara-negara yang tidak tercantum dalam daftar.

Mengetahui bahwa Norwegia dan Denmark sangat aman, Anda dapat berasumsi dengan tingkat keyakinan yang tinggi bahwa Finlandia aman, dan mungkin Estonia juga, karena Swiss selalu berada di peringkat 10 besar. Perusahaan ini punya sejarah panjang dalam menanyakan wisatawan tujuan mereka, alasan mereka bepergian, dan destinasi mana yang mereka anggap aman. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Maskapai Penerbangan Teraman Dunia di 2024 Versi AirlineRatings.com

AirlineRatings.com kembali merilis daftar 25 maskapai penerbangan teraman dunia di 2024. Air New Zealand kembali menduduki posisi teratas di tahun ini mengalahkan maskapai Qantas.

Dikutip dari Travel and Leisure, Minggu, 7 Januari 2024,  maskapai penerbangan nasional Selandia Baru ini sebelumnya menduduki posisi teratas di daftar yang sama pada 2022. Maskapai penerbangan Australia Qantas, yang tahun lalu yang memuncaki daftar, menyusul di posisi kedua.

Peringkat selanjutnya diiikuti oleh maskapai Virgin Australia dan Etihad Airways. Qatar Airways melengkapi daftar lima besar.

"25 maskapai penerbangan teraman kami pada tahun 2024 selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi keselamatan, keunggulan operasional, dan peluncuran pesawat baru yang lebih canggih, termasuk Airbus A350, Boeing 787, dan pesawat Boeing 777-9," kata pemimpin redaksi AirlineRatings.com Geoffrey Thomas dalam sebuah pernyataan.

Untuk menentukan maskapai penerbangan yang paling aman, kelompok ini melihat beberapa kategori. Mereka meninjau deretan faktor, termasuk setiap kecelakaan selama lima tahun terakhir, setiap insiden serius selama dua tahun terakhir, audit industri penerbangan, audit pemerintah, usia armada kapal induk, dan pelatihan yang diterima awak kapal.

3 dari 4 halaman

Daftar Maskapai Teraman di 2024

  1. Air New Zealand
  2. Qantas
  3. Virgin Australia
  4. Etihad Airways
  5. Qatar Airways
  6. Emirates
  7. All Nippon Airways
  8. Finnair
  9. Cathay Pacific Airways
  10. Alaska Airlines
  11. SAS
  12. Korean Air
  13. Singapore Airlines
  14. EVA Air
  15. British Airways
  16. Turkish Airlines
  17. TAP Air Portugal
  18. Lufthansa/Swiss Group
  19. KLM
  20. Japan Airlines
  21. Hawaiian Airlines
  22. American Airlines
  23. Air France
  24. Air Canada Group
  25. United Airlines

Dikutip dari CNN, Rabu, 31 Mei 2023, maskapai yang berhasil menduduki puncak daftar maskapai penerbangan terbaik dunia di 2023 versi AirlineRatings.com adalah Air New Zealand. Maskapai penerbangan ini mendapat ulasan baik dari sisi tempat tidur SkyNest AirNZ yang menarik.

Inovasi tersebut akan diluncurkan pada 2024 sebagai salah satu faktor utama yang menentukan tempat nomor satu. "Maskapai ini selalu berinovasi dan tidak puas melepas produk dan kursi yang sudah jadi, tetapi menjadi yang lebih baik,"kata Geoffrey Thomas, pemimpin redaksi AirlineRatings.com, kepada CNN Travel, memuji studio desain khusus Air New Zealand dan hasilnya.

"Fokus pada kesejahteraan dan kenyamanan wisatawan ekonomi inilah yang membuat para juri terkesan," lanjutnya. AirlineRatings.com juga memuji keselamatan operasional, kepemimpinan lingkungan, dan motivasi staf Air New Zealand.

4 dari 4 halaman

Qantas hingga Etihad

Setelah beberapa tahun mengurangi perjalanan udara setelah pandemi Covid-19, para pelancong kembali mengudara pada 2022 ke kekacauan maskapai yang signifikan, yakni membatalkan penerbangan, kehilangan bagasi, dan staf yang kewalahan. Hasilnya, kata Thomas, adalah tahun yang "menarik", karena "sebagian besar maskapai penerbangan mengalami penurunan persetujuan penumpang karena industri berjuang untuk mengudara."

Qatar Airways berada di nomor dua memenangkan penghargaan Kelas Bisnis Terbaik, Katering Terbaik, dan Keunggulan dalam Perjalanan Jarak Jauh - Timur Tengah. Etihad Airways dari Abu Dhabi menempati urutan ke-3 dalam daftar AirlineRatings.com pada 2023. Korean Air, yang juga memenangkan penghargaan Excellence in Long Haul Travel - North Asia berada di urutan keempat.

Singapore Airlines, dinobatkan sebagai yang teratas dalam penghargaan Best First Class dan Excellence in Long Haul Travel - penghargaan Asia Tenggara, menempati posisi kelima secara keseluruhan. Untuk menghasilkan peringkatnya, AirlineRatings.com memeriksa audit keamanan dan pemerintah utama, serta melihat usia armada maskapai, ulasan penumpang, profitabilitas, peringkat investasi, penawaran produk, dan hubungan staf.

Sayangnya, tak ada maskapai penerbangan berbendera Indonesia dalam daftar tahun ini. Sejak penghargaan diluncurkan pada 2014, Thomas mengatakan penilaian dan kategori telah berubah "untuk mencerminkan dinamika industri dan harapan pelanggan yang terus berubah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.