Sukses

Naik Kereta Api dari Yogyakarta ke Bali via Pelabuhan Gilimanuk Cuma Rp200 Ribu per Orang, Waktu Perjalanannya Sampai 12 Jam

Bali masih menjadi destinasi favorit saat ini. Di saat ongkos naik pesawat begitu mahal, opsi jalan darat jadi alternatif, salah satunya menggunakan moda transportasi kereta api.

Liputan6.com, Jakarta - Bali masih menjadi destinasi favorit saat ini. Di saat biaya naik pesawat melambung, perjalanan lewat jalur darat bisa jadi alternatif yang lebih hemat di kantong. Tak melulu membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan kereta api menuju Bali.

"Nyobain naik kereta dari Jogja ke Bali, bujetnya cuma Rp200 ribu per orang," ungkap seorang pejalan dengan akun @rawindriani yang membagikan pengalamannya melalui TikTok, diunggah pada 22 Desember 2023.

Ia mengawali perjalanannya di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, dengan membeli tiket kereta Sri Tanjung seharga Rp94.000 per orang untuk kelas ekonomi C. Sebenarnya tersedia tiket kelas eksekutif, tapi ia pilih kelas ekonomi karena jauh lebih murah dan ingin memberikan pengalaman baru untuk anak-anaknya.

Di atas kereta, ia membeli makanan yang harganya Rp30.000 per porsi dengan menu berupa nasi dan ayam. Menurutnya, naik kereta kelas ekonomi untuk anak-anak juga bisa terasa nyaman, karena bisa berinteraksi dengan orang lain.

"Saat jam makan siang, ia dan keluarganya lanjut untuk nyobain makan di kantin keretanya," sambungnya.

Menu Ciomy, semacam bakso berkuah, jadi salah satu makanan yang ia pilih, dengan harga Rp25.000 per porsi. Ia mengatakan makan sambil melihat pemandangan dari atas kereta terasa sebagai pengalaman unik.

Setelah 11 jam berlalu di atas kereta, hari mulai gelap. Akhirnya, mereka pun sampai di Stasiun Ketapang dan menuju ke Pelabuhan Gilimanuk untuk menyeberang. "Jarak dari stasiun ke pelabuhan hanya 15 menit," infonya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sampai di Pelabuhan Gilimanuk Bali

Ia membeli tiket kapal ferry seharga Rp10.600 untuk satu orang. Tiket bisa dibeli langsung maupun melalui online di aplikasi Ferizi. Ia mengaku itu adalah pertama kalinya naik kapal fery di malam hari dan ia menikmatinya karena ternyata pemandangannya cantik.

Kurang dari satu jam, kapal sampai di Pelabuhan Gilimanuk. Untuk sampai ke Denpasar, Anda bisa memakai transportasi bis dan moda transportasi lainnya seperti menyewa mobil dekat pelabuhan.

Konten yang disukai oleh 62,4 ribu pengguna TikTok itu pun mendapat beragam tanggapan. Di antaranya juga ada yang bertanya lebih lanjut.

"Nah ini contohnya, biar Bali nggak macet. Bayangin yang datang ke Bali rata-rata bawa mobil sendiri-sendiri, langsung macet," puji warganet.

"Murah sih tapi sampe Banyuwangi, pinggang rasanya mau copot," tulis yang lain.

"Tambah dikit lagi aja udah bisa naik bus malam range harga Rp275-235 ribu termasuk makan 2 kali. Seat lebih nyaman dan turunnya bisa di Terminal Ubung yang lebih dekat kalau mau ke kota. Tapi tetep sih ini perjalanannya menyenangkan," saran yang lain.

3 dari 4 halaman

Tips Hemat ke Bali

Bali seringkali dianggap destinasi liburan mewah. Dari pantai berpasir putih hingga sawah hijau yang menghampar, Bali menawarkan pemandangan alam yang memukau. Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, Rabu (3/1/2024), keramahan penduduk Bali merupakan daya tarik utama. Wisatawan sering merasakan sambutan hangat dan senyuman dari penduduk setempat, menciptakan atmosfer ramah tamah yang membuat kunjungan menjadi lebih berkesan.

Liburan tetap terasa menyenangkan dengan perencanaan yang tepat, Anda pun dapat menikmati liburan di Bali tanpa harus menguras kantong. Berikut beberapa tips hemat bujet untuk liburan Anda di Pulau Dewata: 

1. Pilih Waktu yang Tepat

Kunjungi Bali di luar musim liburan atau puncak liburan. Harga akomodasi dan tiket pesawat cenderung lebih terjangkau saat periode ini. 

2. Akomodasi Alternatif

Pertimbangkan untuk menginap di penginapan atau guest house yang lebih terjangkau daripada hotel mewah. Booking melalui situs pemesanan online dapat memberikan diskon tambahan.

3. Transportasi Lokal

Gunakan transportasi umum atau sewa motor untuk menjelajahi pulau. Ini lebih ekonomis daripada menyewa mobil atau mengandalkan taksi.

 

4 dari 4 halaman

4. Cari Makanan Lokal

 

Jelajahi warung atau warung makan lokal untuk mencicipi hidangan autentik dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan restoran wisata.

5. Paket Wisata Grup

Bergabung dengan paket wisata grup dapat mengurangi biaya transportasi dan masuk ke tempat-tempat wisata populer.

6. Hindari Wisata Mahal

Pilih destinasi wisata yang tidak memerlukan biaya masuk yang tinggi. Bali memiliki banyak pantai indah dan tempat wisata alam yang gratis atau memiliki biaya masuk yang rendah.

7. Bawa Bekal

Persiapkan bekal ringan dan minuman untuk menghindari membeli makanan di tempat-tempat wisata yang cenderung lebih mahal.

8. Tukar Uang dengan Bijak

Hindari menukar uang di bandara karena nilai tukar biasanya lebih rendah. Gunakan mesin ATM atau tukar uang di tempat penukaran terpercaya.

9. Oleh-oleh

Belanja oleh-oleh di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan lokal untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau daripada di area wisata.

10. Jelajahi Keindahan Alam Gratis

Nikmati keindahan alam Bali tanpa biaya, seperti melihat matahari terbit di Pantai Sanur atau menikmati keindahan sawah di Ubud. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini