Sukses

Pilot Bagikan Fenomena Cahaya Terang dari Atas Langit Vietnam, Sumbernya Tak Terduga

Melalui unggahan di media sosial TikTok, seorang pilot mengungkap fenomena aneh yang menimbulkan banyak tanda tanya. Menelusuri video itu, terlihat gugusan cahaya yang menerangi kawasan hutan tebal.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui unggahan di media sosial TikTok, seorang pilot mengungkap fenomena aneh yang menimbulkan banyak tanda tanya. Menelusuri video itu, terlihat gugusan cahaya yang menerangi kawasan hutan tebal.

"Siapa yang pernah naik kapal terbang waktu malam dan lalu di atas Vietnam mereka akan nampak cahaya terang ini?" tanyanya di awal video, seperti dikutip dari laman Mstar, Selasa (2/1/2023). 

"Ketika di sini, pesawat boleh dikatakan berada pada ketinggian 35.000 kaki di atas permukaan laut. Apakah benda itu?" tanyanya kepada audiensnya di TikTok.

Menurut pilot yang akrab disapa Uncle Bear itu, cahaya tersebut lebih terang daripada cahaya lampu yang ada di pusat kota dekat Vietnam. Panorama yang memukau dan di luar kebiasaan itu membuat orang ramai berspekulasi dan mencari penjelasan.

Ada yang menebak bahwa cahaya tersebut berasal dari sekumpulan orang-orang yang tengah healing dekat hutan. Ia pun berspekulasi bahwa mereka melambai-lambai sambil bernyanyi, mirip saat sedang berada di konser K-pop.

"Siapa pembangkit tenaga listrik dekat Vietnam ini?" tanya yang lain penasaran.

"Tampak seperti kebakaran api dalam hutan itu tapi api dia warna putih, mungkin api fosforus? sambung yang lain menduga-duga. 

Namun, seorang warga maya yang lebih mengerti perihal tersebut mencoba menjelaskan alasan sebenarnya. "Saya pernah ambil kursus di Institut Penyelidikan dan Kemajuan Pertanian Malaysia (Mardi), tempat lampu banyak tu adalah ladang buah naga," ungkap warganet itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Cahaya yang Muncul

Lampu berfungsi untuk menarik kehadiran serangga yang akan bertindak mengganggu tanaman tersebut. "Selain itu, pokok buah naga ini berasal dari kawasan padang pasir Meksiko dan Amerika Utara, di sana ketika musim panas, siangnya panjang lebih dari 13 jam.​"

"Itu sebabnya orang Vietnam pasang lampu yang terang seperti ini untuk tanaman pokok naga mereka," katanya.

Pada kesempatan itu, warganet juga turut memberikan pengalaman mereka yang pernah berdekatan dengan ladang buah naga ketika melancong ke Vietnam. "Dekat Cameron Highlands pun ada banyak lampu-lampu semacam ini.. pengetahuan baru bagi saya," sambung yang lain.

"Saya pernah cuti road trip di selatan Vietnam, dekat ladang buah naga itu waktu malam memang lebih terang daripada kawasan perumahan," jelas warganet lainnya. 

Pendekatan yang sama juga dilakukan petani buah naga dari dalam negeri. Adalah Edy Lusi, mantan TKI yang banting setir jadi petani buah naga yang merintis panen di luar musim menggunakan lampu di malam hari.

Mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, cara itu mampu meningkatkan produktivitas buah naga hingga 200 persen dan menghasilkan omset per bulan lebih dari Rp 50 juta. Edy bahkan menciptakan lampu LED khusus ber-watt kecil untuk pertanian buah naga, yaitu PANABA Led. Edy pun berbagi ilmunya dengan sesama petani di Desa Tambakrejo, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, hingga desa itu dikenal sebagai desa buah naga.

3 dari 4 halaman

Pilot Lufthansa Menggambar Rute Pesawat

Pemandangan dari angkasa tak terduga indahnya. Tapi, seorang pilot Lufthansa menggambar jalur penerbangan berbentuk alat kelamin mirip penis di langit setelah dialihkan dari bandara Catania di Sisilia.

Pola sepanjang 24 kilometer itu terlihat oleh radar penerbangan FlightRadar24. Mengutip dari Euronews, Jumat, 4 Agustus 2023, pesawat meninggalkan Frankfurt di Jerman pada pukul 13.45 tanggal 28 Juli 2023. Pesawat itu dilaporkan berusaha mendarat di Catania dua kali sebelum rute penerbangan dialihkan.

Butuh lebih dari 16 menit untuk berputar-putar di langit lepas pantai timur Sisilia. Namun dari rute itu terbentuk sebuah manuver yang menciptakan bentuk penis, sebelum akhirnya pesawat kembali ke jalur penerbangan aslinya dan melanjutkan ke Malta.

Media lokal Italia mengklaim bahwa pilot yang tidak puas itu menggambar jalur penerbangan lingga sebagai protes atas pengalihan tersebut, tapi para pejabat mengatakan bahwa itu tidak disengaja. Mereka mengklaim bahwa bentuk alat kelamin tersebut tercipta secara tak sengaja usai penerbangan LH306 bermanuver menjauh dari pulau tersebut.

4 dari 4 halaman

Bukan Pertama Kalinya Dilakukan Pilot

Banyak penerbangan telah dibatalkan, ditunda, atau dialihkan dari Catania dalam beberapa pekan terakhir setelah kebakaran menutup satu terminal di bandara. SAC, sebagai perusahaan yang mengelola bandara, telah dikritik karena responsnya yang lambat dan komunikasi yang buruk dengan maskapai penerbangan.

Mereka mengungkap bahwa perubahan angin yang tiba-tiba bertanggung jawab atas pengalihan ini. "'Pesawat lain juga mencoba mendarat pertama kali tetapi gagal sehingga mereka harus memutar dan kemudian berhasil melakukannya,' sebut SAC kepada surat kabar Italia La Repubblica. 

Lufthansa menjelaskan kepada surat kabar Corriere della Sera bahwa pergeseran angin berarti "tidak mungkin mendarat dengan aman di Catania". "Untuk alasan ini, pilot harus tetap di posisi bertahan sebelum sekali lagi mencoba mendarat yang tidak berhasil," klaim pihak maskapai.

Pola berbentuk penis ini bukan yang pertama kalinya. Semua jenis pesawat mulai dari penerbangan komersial hingga pesawat militer juga pernah ketahuan menelusuri pola-pola kasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.