Sukses

Bundaran HI Jadi Pusat Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta, Bakal Libatkan 500 Drone hingga Video Mapping

Pemprov DKI Jakarta menjanjikan pertunjukan kelas dunia di Bundaran HI untuk menyambut Malam Tahun Baru 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kota-kota besar di seluruh dunia menyiapkan acara spesial menyambut Tahun Baru 2024, Jakarta pun tak mau kalah. Bundaran HI akan menjadi pusat perayaan tahun baru di Ibu Kota dengan menghadirkan Kirana Jakarta by City Vision, acara kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan City Vision.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Rabu, 27 Desember 2023, nama Kirana diambil dari bahasa Sansekerta, yang berarti figur yang sinarnya cantik dan molek. Panitia menjanjikan pertunjukan yang cantik dan unik dengan menggabungkan elemen teknologi dan seni dalam satu kesatuan di malam tahun baru.

Kirana Jakarta by City Vision akan menghadirkan pertunjukan cahaya yang melibatkan 500 drone, efek water mist dengan empat layar yang terbuat dari air, dan 3D video mapping yang akan ditayangkan di gedung The Plaza. Tidak hanya itu, ikon-ikon, corak-corak khas Indonesia serta Jakarta, serta livestream akan ditayangkan melalui media OOH yang berlokasi di LED Bundaran HI Digital Network.

Mereka menggandeng vendor terkemuka untuk efek air mist yang sudah mendunia dan vendor video mapping yang pernah digunakan pada pertunjukan ASEAN di Jakarta. "Konsep ini mencerminkan tekad City Vision untuk mengangkat Jakarta sebagai kota global melalui seni visual megah yang tidak kalah dengan kota global seperti New York City, Singapura, dan lain sebagainya," kata Juliana Kumala, co-founder dan co-CEO City Vision.

"Kami ingin menghadirkan momen luar biasa ini sebagai persembahan untuk seluruh masyarakat. Acara Kirana Jakarta by City Vision yang diselenggarakan di ibu kota Indonesia dapat menjadi destinasi yang dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat dari seluruh Indonesia secara gratis," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luncurkan Ikon Jakarta Terbaru

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permana meyakini acara tersebut akan menjadi momen bersejarah dalam memajukan kota Jakarta. Ia menyatakan bahwa acara itu tak sekadar hiburan, tetapi juga ekspresi kreativitas dan identitas modern Jakarta.

"Kami yakin Kirana Jakarta by City Vision akan memperkaya pengalaman perayaan malam tahun baru warga Jakarta dan menjadi jejak indah dalam membangun citra kota yang dinamis dan kreatif," sahutnya.

Dalam kesempatan itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan meluncurkan ikon terbaru, yakni Je (Ondel-Ondel) Ka (Macan Kemayoran) Te (Api Tugu Monas). Ikon Jakarta ini merupakan hasil sayembara muda-mudi di seluruh Indonesia.

"Harapannya, dengan adanya Kirana Jakarta by City Vision menjadi bagian dari acara Malam Muda Mudi, dapat memberikan pengalaman malam tahun baru spektakuler yang bersaing dengan perayaan skala global," sambungnya.

Kirana Jakarta by City Vision akan diselenggarakan mulai pukul 20.00 WIB hingga perayaan hitung mundur tengah malam dalam acara Malam Muda Mudi oleh Pemprov DKI. Acaranya akan mencakup delapan segmen, termasuk Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama di Bundaran HI, Kirana Jakarta by City Vision, dan Panggung Hiburan di Jl. Thamrin dan Jl. Sudirman.

3 dari 4 halaman

Perayaan Tahun Baru 2024 di Singapura

Dari Singapura, patung Merlion di Merlion Park, kawasan Marina Bay sempat ditutup menggunakan perancah (scaffolding) pada 25 September 2023. Mendekati penghujung 2023, ikon negeri singa itu dibuka kembali bahkan tampil dengan nuansa baru. 

Mengutip dari laman Timeout, Rabu (27/12/2023), wisatawan kini bisa menyaksikan kilauan lampu menakjubkan di Merlion dalam pertunjukan Brightening Lives pada malam hari. Pertunjukan ini berlangsung mulai 26 hingga 31 Desember 2023. Pertunjukan ini menampilkan proyeksi cahaya di The Fullerton Hotel Singapore, Merlion, dan ArtScience Museum.

Uniknya tampilannya merupakan karya seni siswa dari sekolah setempat yang masing-masing mengirimkan pesan harapan dan semangat menuju tahun yang lebih baik. Dalam sebuah unggahan di akun TikTok @darrenbloggie, seorang warga berbagi tentang keindahan cahaya lampu yang berganti-ganti tema tersebut. 

Latar pemandangan The Fullerton Hotel Singapore yang terkenal sebagai landmark megah neoklasik yang dibangun pada 1928 juga menampakan suasana spektakuler Singapura di malam hari. Letaknya pun berdekatan dengan ArtScience Museum, salah satu tujuan turis saat ke Negeri Singa. 

4 dari 4 halaman

Pertunjukan Kembang Api di Hong Kong

Perayaan malam tahun baru kembali menjadi momen penuh kemeriahan setelah lebih dari tiga tahun banyak destinasi menahan diri karena pandemi Covid-19. Hal itu pun berlaku bagi Hong Kong.

Menyambut Tahun Baru 2024, Hong Kong bakal kembali menggelar pertunjukan kembang api Malam Tahun Baru terbesar di kota itu pada Minggu, 31 Desember 2023. Memanfaatkan lanskap kota yang ikonis, para penonton akan disuguhi pertunjukan kembang api musikal berdurasi 12 menit, yang berarti lebih panjang dan megah dibanding pertunjukan serupa sebelumnya.

Bangunan depan Hong Kong Convention and Exhibition Centre (HKCEC) akan dihiasi dengan jam hitung mundur berskala besar. Tepat pada tengah malam, angka 2024 akan menerangi gedung di tepi pelabuhan ini, mengawali sebuah pertunjukan yang diselaraskan dengan pertunjukan kembang api yang memukau, perpaduan harmonis antara musik perpaduan artistik dan pertunjukan cahaya yang semarak.

"Pertunjukan ini akan membuat penonton di seluruh dunia penuh dengan harapan dan kegembiraan saat Hong Kong menyiapkan panggung untuk awal yang luar biasa di tahun 2024," demikian bunyi keterangan tertulis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Rabu (27/12/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.