Sukses

Viral Pegawai Minimarket Asal Purwokerto Fasih Berbahasa Jepang, Belajar dari Nonton Anime

Pegawai minimarket asal Purwokerto ini mengaku sudah dua tahun belajar bahasa Jepang lewat anime yang ia tonton.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang menampilkan seorang pegawai minimarket yang fasih berbahasa Jepang viral di TikTok. Rekaman tersebut diunggah akun @kencampur, Kamis, 21 Desember 2023.

Si pemilik akun, Kenji, merupakan warga negara Jepang yang saat ini menetap di Indonesia. Saat mendatangi sebuah minimarket di daerah Purwokerto, ia berbincang dengan seorang pegawai wanita yang melayaninya di kasir.

Kasir tersebut bertanya pada Kenji dengan bahasa Jepang, 'Apakah saat ini sedang berkuliah?' Lalu, pemilik akun tersebut menjawab bahwa ia sedang menempuh perkuliahan di Universitas Indonesia.

Pegawai tersebut pun kaget, dan mengatakan, ia mengenalinya karena sering menonton video yang dibuat Kenji. Pegawai tersebut lalu mengatakan bahwa ia sudah belajar bahasa Jepang selama dua tahun lewat animasi Jepang (anime) yang ia tonton.

Perempuan itu menyebut, saat ini, ia belum mengikuti kursus bahasa Jepang. Namun, ia berencana mempelajari bahasa tersebut lebih dalam. "Mungkin besok," ungkap pegawai minimarket tersebut.

Ia juga mengungkap bahwa dirinya tidak mempunyai teman orang Jepang untuk berlatih dan hanya belajar lewat anime yang ia tonton. Namun, ia menyebutkan, ada beberapa teman orang Indonesia yang juga belajar bahasa Jepang.

Melihat kemampuan pegawai tersebut yang pandai bicara bahasa Jepang membuat Kenji merasa takjub. "Kaget banget, aku beli minuman di Indomaret di Purwokerto, terus karyawannya tahu aku, dan bisa bahasa Jepang. Dia gak pernah ikut kursus, kaget," jelas Kenji.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Unggahan tersebut jadi viral di Tiktok dan sudah ditonton sebanyak 17,5 juta kali saat berita ini ditulis. Video tersebut juga telah disukai sebanyak 1,2 juta kali dan mendapatkan 16,6 ribu komentar.

Para warganet memberi ragam tanggapan di kolom komentar. Mereka kagum dengan kemampuan yang dimiliki pegawai itu. Beberapa pengguna juga menyarankan agar pegawai tersebut melamar ke perusahaan Jepang untuk jadi translator karena kemampuan yang dimilikinya.

"Lancar banget woiiii, harusnya jadi translator di perusahaan jepang di Indonesia itu 😁," tulis seorang warganet. "Mbaknya keren..aku waktu SMA ada mata pelajaran bahasa jepang apalnya cuma ohayou, konnichiwa, sama konbanwa😭," tulis pengguna lainnya.

"Mantab buat mbakny...gak ngelmar ke perusahaan Jepang ajha mba jadi translator," tulis warganet lain. "Buruan mbaaaa apply kerja ke jepang😩🥰," tulis warganet. "WAH KEREN BANGET!!!! coba cari loker remote jepang mba plspls," ungkap pengguna lain.

"Mbaa coba cari loker translator. Perusahaan jepang banyak cari dan gaji besar 😭😭😭😭😭 sayang bgt skillnya," tulis warganet lain.

 
3 dari 4 halaman

Penjual Al-Qur’an di Makkah Fasih Bicara Bahasa Sunda

Sebelum ini, seorang penjual Al-Qur’an di Makkah, Arab Saudi justru kedapatan fasih berbahasa Sunda. Menurut laporan Tim Hot per 22 Juli 2022, para penjual di Makkah sebenarnya dikenal fasih berbahasa Indonesia, bahkan beberapa bahasa daerah.

Demi menarik minat jemaah asal Indonesia agar belanja barang dagang mereka, seorang penjual bikin kaget calon pembeli. Bukan fasih berbahasa Indonesia, penjual di Makkah justru jago berbicara bahasa Sunda. Kejadian itu direkam dan diunggah ke TikTok milik @rinabilqis yang sontak jadi viral.

Video yang dimaksud merekam seorang pedagang Al-Qur'an sedang berjualan di jalanan Makkah. Uniknya, meski berasal dari Arab Saudi, penjual tersebut justru menyapa pembelinya dengan bahasa Sunda.  "Kadie-kadieu kumaha damang A? (Ke sini, ke sini, apa kabar A?)" ujar pedagang tersebut dalam video yang diunggah pada 19 Juli 2022.

Tidak cuma itu saja, si pedagang juga menanyakan seorang pembeli asal Indonesia datang dari daerah mana. "Timana, orang Jawa bukan? Orang Cianjur?" ujarnya.

4 dari 4 halaman

Respons Kocak Warganet

Sontak saja aksi penjual Al-Qur'an tersebut menarik perhatian pembeli Indonesia, terutama yang berasal dari Tanah Sunda. Tampak pula dalam video sejumlah jemaah haji Indonesia membeli dagangannya.

"sunda emang 🥰 mendunia," tulis @zinersolomon.

"Yang punya villa di cianjur 😂😂," sambung @eriakew5.

"dia itu mantan kenek bus primajasa jurusan cianjur-mekkah," celetuk @keleciss.

Dalam ekstensinya, bulan lalu, bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi dalam Sidang Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan Umum, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO. Keputusan itu ditetapkan dalam sesi Pleno Konferensi Umum ke-42 UNESCO pada 20 November 2023 di Markas Besar UNESCO di Paris, Perancis, dilansir dari Antara, 21 November 2023.

Oemar membuka presentasi proposal Indonesia dengan menyampaikan bahwa bahasa Indonesia telah jadi kekuatan penyatu bangsa sejak masa pra-kemerdekaan, khususnya melalui Sumpah Pemuda pada 1928. Dengan perannya sebagai penghubung antar-etnis di Indonesia, bahasa Indonesia juga telah melanglang buana.

Kurikulum bahasa Indonesia telah masuk di sejumlah negara di dunia dengan setidaknya 150 ribu penutur asing saat ini. Ia menekankan bahwa meningkatkan kesadaran terhadap bahasa Indonesia merupakan bagian dari upaya global Indonesia mengembangkan konektivitas antar-bangsa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.