Sukses

Jadi Moderator Debat Cawapres Bareng Liviana Cherlisa, Alfito Deannova Sempat Gugup di Debat Cagub DKI Jakarta 2017

Jadi moderator debat cawapres bakal jadi pengalaman pertama bagi Liviana Cherlisa. Hal itu berbeda dengan Alfito Deannova yang juga menjalani peran serupa di debat cawapres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat (22/12/2023). KPU menunjuk Alfito Deannova Gintings dan Liviana Cherlisa sebagai moderator dalam debat edisi kedua di Pilpres 2024 ini.

"Moderator yang akan memimpin debat calon wakil presiden Pilpres 2024 besok tanggal 22 Desember yang pertama adalah Alfito Deannova Ginting dari Trans Crop, kemudian yang kedua adalah Kompas TV, Liviana Cherlisa," kaya Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin, 18 Desember 2023, dilansir dari kanal Pemilu Liputan6.com.

Liviana Cherlissa adalah tamatan Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta lewat jurusan Jurnalisme Broadcast pada 2011 lalu. Ia juga pernah mengikuti ajang Miss Indonesia Maluku Utara 2009 silam.

Berkat pengalamannya di bidang jurnalistik dan keahliannya dalam public speaking, itu membawanya menjadi seorang news anchor di beberapa program berita dan mengawal sejumlah program di televisi tanah air.  Liviana juga aktif menjadi pembicara di beberapa seminar atau kegiatan serupa.

Hal tersebut tampak di unggahan aku Instagram pribadinya @livianacherlisa. Namun menjadi moderator debat capres-cawapres bakal merupakan pengalaman pertamanya. Hal itu berbeda dengan Alfito Deannova.

Alfito pernah jadi moderator debat cawapres pada 2019 lalu. Ia bahkan sudah menjadi moderator debat Cagub-Cawagub DKI Jakarta 2017. Alfito sebelumnya pernah menjadi penyiar radio saat masih kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1996.

Dilansir dari Antara, ayah dari tiga orang anak ini pernah bergabung dengan beberapa stasiun televisi swasta yaitu SCTV (Liputan 6), TV One dan CNN Indonesia. Kariernya sebagai jurnalis diawali di SCTV pada 2000, tak lama setelah lulus kuliah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Fisik dan Mental Jelang Debat

Alfito pertama kali menjadi moderator acara debat, di Debat Cagub dan Cawagub DKI Jakarta putaran ketiga pada Februari 2017. Saat itu ia menjadi moderator tunggal, ia mengaku sempat tegang dan gugup. Saat rasa gugup melanda, pria berusia 47 tahun ini berusaha untuk mengendalikannya.

Hal lain yang tak kalah penting adalah persiapan fisik dan mental. Saat itu ia rajin menyantap makanan bergizi dan olahraga yang cukup. "Saya pernah beberapa kali memandu debat Pilkada dan itu bisa dua jam berdiri. Itu sudah risiko jadi moderator," terang Alfito.

Pada Minggu, 17 Maret 2019, suami dari Rencany Indra Martani ini tterpilih sebagai moderator Debat antar calon wakil presiden (cawapres) di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Bersama Putri Ayuningtyas, Alfito tampil lebih tenang dan membawakan acara dengan lancar dalam debat yang diikuti KH Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno itu.

Sementara itu, Ketua KPU Hasyim Asy'ari membeberkan format debat pertama cawapres. Menurut Hasyim, format debat cawapres tak jauh berbeda dengan format debat cawapres di KPU pada Selasa, 12 Desember 2023.

 

3 dari 4 halaman

Format Debat Cawapres

"Tempat penyelenggaraan direncanakan di JCC Jakarta. Dan sebagaimana yang sudah kita ikuti bersama pada debat yang pertama, debat capres, nanti format debatnya persis seperti itu, jadi ada 6 segmen," ujar Hasyim di kantor KPU RI, Jakarta, Senin (18/12/2023).

Hasyim menyebut segmen pertama yakni penyampaian visi misi dan program kerja dari Muhaimin Iskandar, Gibrang Rakabuming Raka, dan Mahfud Md. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan yang sudah disusun oleh para panelis.

"Kemudian segmen kedua dan segmen ketiga nanti akan diajukan sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis, dan yang akan menyampaikan atau mengajukan pertanyaan yaitu moderator," kata Hasyim.

Untuk segmen keempat dan kelima masing-masing cawapres akan mengajukan pertanyaan yang diajukan cawapres lain."Dan juga masing-masing calon wakil presiden diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh masing-masing calon wakil presiden (cawapres). Persis seperti kita melaksanakan debat calon presiden yang pertama," ucap Hasyim.

"Lalu segmen terakhir, segmen keenam nanti clossing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan dari masing-masing calon wakil presiden tentang topik yang dijadikan bahan untuk debat calon wakil presiden," kata Hasyim.

 

4 dari 4 halaman

Nama 11 Panelis Debat Cawapres

Adapun tema debat kedua pilpres 2024 yang mempertemukan cawapres yaitu, ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Selain moderator, KPU juga merilis 11 nama panelis debat perdana cawapres. Para panelis nantinya akan merumuskan pertanyaan untuk ketiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.

Berikut daftar nama 11 panelis debat cawapres Jumat, 22 Desember 2023:

1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020),

2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember),

3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023),

4. Fausan Al Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung),

5. Handri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Undonesia),

6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN),

7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM),

8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025),

9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro),

10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta), dan

11. Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini