Sukses

6 Destinasi Wisata di Flores yang Bisa Kamu Eksplor, Dijamin Memorable!

Keindahan alam Flores komplit, dari pegunungan, perbukitan, hingga pantai, ikut menarik perhatian penggemar motor untuk touring dan merasakan riding experience di Flores.

Liputan6.com, Manggarai Destinasi wisata Flores, Nusa Tenggara Timur telah menjelma menjadi salah satu tujuan favorit lokal dan mancanegara. Keindahan alamnya yang komplit, dari pegunungan, perbukitan, hingga pantai, ikut menarik perhatian penggemar motor untuk touring dan merasakan riding experience di Flores.

Sebagai salah satu pulau besar di Provinsi Nusa Tenggara Timur, flores memiliki bentang pulau dengan panjang sekitar 354 km dari timur ke barat. Dengan memulai perjalanan dari Larantuka menuju Labuan Bajo, setidaknya rider akan melewati delapan daerah dan ragam destinasi wisata dengan jarak tempuh lebih sekitar 1000 km. Petualangan ke tempat baru dan belum pernah dijelajahi sebelumnya memungkinkan kamu bisa mendapatkan a sense of freedom dari rutinitas kerja dan kesibukan di kota.

Penasaran? Simak ulasan berikut ini sampai akhir.

1. Danau Kelimutu

Flores punya salah satu danau terindah di dunia, namanya danau Kelimutu. Danau ini begitu unik karena terdiri dari tiga kawah dengan warna yang berbeda yaitu merah, biru dan putih. Begitu indah dan langka, danau ini bahkan menjadi ikon yang muncul pada gambar uang lembaran rupiah, lho.

Danau Kelimutu ini berada di puncak Gunung Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores dengan ketinggian 1.631 mdpl. Sekalipun tidak bisa sampai ke puncak gunung, kawasan danau Kelimutu menawarkan panorama alam pegunungan Kelimutu yang masih sangat asri, begitu asik untuk trekking dan juga camping. Selain itu, kamu juga bisa hunting foto bagus bersama kawan-kawan, terutama saat momen sunrise di pagi hari.

2. Desa Adat Bena

Desa Bena atau Kampung Adat Bena yang berlokasi di Kabupaten Ngada, Flores, NTT, merupakan salah satu desa yang menawarkan pengalaman wisata berbeda. Pengunjung seolah akan dibawa memasuki lorong waktu menuju zaman batu, karena itu desa ini disebut juga perkampungan megalitikum.

Letaknya di bawah kaki Gunung Inerie membuat desa Bena memiliki suasana yang asri dan eksotis. Setiap rumah di Desa Bena tersusun rapi membentuk huruf ‘U’. Sementara itu masing-masing rumah pun memiliki hiasan atap yang berbeda satu sama lainnya berdasarkan garis keturunan yang berkuasa dan tinggal di rumah tersebut.

Banyak wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke desa ini karena ingin merasakan suasana khas pedesaan dan aktivitasnya, memotret pemandangan alam dan rumah, situs peninggalan sejarah hingga merasakan sejuknya lingkungan pegunungan. Salah satu hal menarik yang bisa kamu lakukan di sini adalah menikmati sajian kopi dan makanan khasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Padang Sabana Mausui

Dari perkampungan megalitikum, mari kita bergeser ke hamparan padang sabana Mausui. Sebuah padang rumput yang membentang di kawasan perkampungan Mausui, Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur. Berbatasan langsung dengan bibir pantai Tanjung Bendera, menjadikannya Padang Sabana Mausui tampak menakjubkan. Bagi para pecinta petualangan dengan motor maupun offroad, Savana Mausui ini menjadi destinasi yang menarik untuk merasakan trek motor di tengah hamparan padang rumput yang luas dan punya tantangan tersendiri. Selesai menjelajah, kamu bisa nongkrong sejenak di sini sambil melihat pemandangan yang tidak akan pernah ada di kota besar.

4. Desa Adat Wae Rebo

Wisata ke Flores belum lengkap kalau kamu tidak mengunjungi Desa Wae Rebo, desa yang masuk Warisan Budaya Dunia sejak 1 dekade silam ini merupakan salah satu desa terindah. Desa adat ini berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut sehingga punya julukan Negeri di Atas Awan.

Keindahan lanskap alam pegunungan dan perbukitan bisa sangat memanjakan mata. Salah satu daya tarik desa ini adalah rumah adat Mbaru Niang yang sangat langka sekaligus unik dengan bentuk lumbung kerucut. Hanya ada tujuh bangunan rumah tradisional, adapun setiap Mbaru Niang ini terdiri dari lima lantai dengan atas daun lontar dan tertutup dengan ijuk. Rumah ini menjadi spot foto favorit dan estetik wisatawan.

Ingin menginap? Bisa. Tersedia Mbaru Niang khusus bagi wisatawan yang ingin bermalam dan merasakan suasana khas desa adat Wae Rebo.

3 dari 3 halaman

5. Bukit Amelia

Bukit Amelia merupakan tempat sempurna bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan sunset maupun sunrise. Dinamakan Amelia karena tempatnya dekat dengan Villa Amelia, yang awalnya merupakan milik pribadi dan kini dijadikan sebagai tempat wisata umum.

Perjalanan ke atas bukit Amelia menawarkan pengalaman petualangan, namun lelahnya akan terbayarkan dengan pemandangan eksotis. Kamu dapat mengagumi panorama Labuan Bajo, pulau-pulau kecil dan tanjung yang menjorok ke laut biru.

Lokasi bukit Amelia yang tidak jauh dari pusat kota Labuan Bajo, membuat bukit Amelia destinasi wajib dikunjungi. Kamu tinggal menelusuri jalan menuju Waecicu Beach ke Utara.

6. Wisata Yacht

Labuan Bajo dan Yacht adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya kombinasi sempurna untuk menikmati keindahan alam, petualangan island hopping dan melakukan berbagai aktivitas seru lainnya, termasuk barbekyu dan sunset, seperti halnya yang dilakukan para rider sebagai bagian dari selebrasi Flavorful Ride di Flores. Di atas Yacht, kamu bisa bisa menikmati keindahan perairan dan kepulauan di Flores dengan lebih maksimal. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan sembari menanti suasana makan malam adalah berjelajah ke Pulau Padar, menikmati keindahan di Pink Beach, dan menikmati indahnya matahari terbenam di Pulau Kalong.

Nah, itulah destinasi wisata Flores yang bisa kamu eksplor, mulai dari kawasan Flores Timur hingga ke kawasan Labuan Bajo yang terkenal surganya wisata alam.

Perlu kamu ketahui, destinasi-destinasi di atas terinspirasi dari perjalanan Flavorful Ride 2023 di Flores sebuah event untuk mendukung orang-orang yang memiliki passion touring motor dan travelling lewat petualangan baru. Dalam Flavorful Ride di Flores ini, 10 peserta terpilih bersama-sama mengendarai motor sepanjang 1.000 kilometer di Flores, Nusa Tenggara Timur selama 10 hari.

Selama 10 hari itu, para peserta mengunjungi berbagai destinasi wisata terindah, melakukan banyak aktivitas yang memorable dan terjalin ikatan persaudaraan yang kuat. Pulang dari Flores, mereka pun memiliki banyak cerita yang yang bisa dihidupkan kapan saja dari foto dan video yang telah diabadikan.

Ingin seperti mereka merasakan touring motor dan travelling lewat petualangan baru? Nantikan kembali kehadiran Flavorful Ride  pada tahun 2024 mendatang dengan petualangan lain yang tak kalah seru.

Temukan informasi lebih lengkap seputar program dan lihat keseruan perjalanan Flavorful Ride di Flores dengan klik tautan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.