Sukses

Desain Makin Variatif tapi Orang Indonesia Lebih Suka Pakai Kulkas Dua Pintu, Apa Alasannya?

Lemari es atau kulkas adalah salah satu elektronik yang sangat penting, karena kita dapat menyimpan bahan-bahan makanan di dalamnya sehingga bisa tahan lama. Kulkas hadir dalam berbagai tipe, namun apa yang menjadi favorit warga Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Lemari es atau kulkas adalah salah satu elektronik yang sangat penting, sebab kita dapat menyimpan bahan-bahan makanan di dalamnya sehingga bisa tahan lama. Di era yang semakin canggih, kulkas pun hadir dengan beragam desain termasuk jenis pintuk yang kini bisa dibuka kedua sisinya.

Mana yang menjadi favorit warga Indonesia? Ternyata kulkas dua pintu adalah jenis dengan penjualan yang paling tinggi. Tipe tersebut yang paling laris jika dibandingkan dengan tipe lain seperti kulkas satu pintu dan kulkas side by side yang dikeluarkan salah satu produsen elektronik asal Indonesia, yaitu Polytron.

"Kita tidak bicara untuk perkotaan yang besar, kita melihat masyarakat Indonesia secara keseluruhan di daerah-daerah, baik itu di kabupaten dan kecamatan, masih jarang yang pakai kulkas side by side," ungkap Vina Julita Wijaya, Head of Product Marketing Home Appliances Polytron, saat ditemui di Media Gathering Akhir Tahun Polytron, Selasa, 20 Desember 2023.

Ia juga menjelaskan, bahwa hal itu terjadi lantaran kebanyakan orang membutuhkan kulkas dengan kapasitas yang besar. "Kulkas dengan tipe tersebut menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Mereka ingin menggunakan merek yang menjadi solusi kebutuhan Indonesia, khususnya yang menjadi target market kita yaitu adalah ibu-ibu," jelasnya.

"Mereka selalu memerlukan kulkas dengan kapasitas besar, bukan bentuknya yang besar, tapi kapasitas penyimpanannya itu besar," sambung Vina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembeli Elektronik Tetap Membeli Barang di Toko

Vinna juga mengatakan, apa yang harus diperhatikan dalam membeli kulkas dua pintu. "Yang harus diperhatikan adalah mungkin kapasitasnya besar, bagian dalam kulkas akan muat banyak," beber Vina.

Tapi, ukuran kulkasnya apakah mungkin jika disesuaikan dengan interior rumah yang seperti apa. Apakah tempat penyimpanan yang besar maka ukurannya harus besar juga dan apakah muat dengan sudut yang akan ditempatkan.

Hal itu lantaran, kebanyakan orang sudah beralih dengan membeli barang via digital melalui e-commerce. Menurut Vina, saat membeli barang elektronik konsumen lebih cenderung mendatangi toko untuk melihat langsung barang yang ingin dibeli.

"Mungkin lihat produknya bisa secara digital. Tapi, kalau ke toko mereka bisa melihat sendiri ukurannya, dan mengira-ngira, kalau digital yang dilihat cuma gambar. Apalagi, elektronik ukuran besar itu mereka masih banyak yang lebih memilih untuk membeli langsung ke toko," jelas Vinna.

Setelah melihat barang secara langsung, Vina menjelaskan, pembeli mungkin akan melakukan transaksi via e-commerce ataupun kebalikannya, yaitu melihat secara digital dan membeli secara langsung. "Dia lihat dulu secara digital, mungkin ada promo. Tapi, dia mau lihat dulu (barangnya secara langsung), mungkin bisa dibuka dan dirasakan dulu pengalamannya saat mengunjungi toko," katanya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Kelebihan Kulkas Kapasitas Besar

Tak hanya digunakan untuk keperluan penyimpanan bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari agar tetap segar dan tahan lama, ibu-ibu masa kini memiliki banyak pertimbangan sebelum membeli kulkas untuk peralatan rumah tangga atau keluarga. Berbagai kelebihan yang ditawarkan mulai dari ruang penyimpanan yang lebih luas, anti bau dan anti bakteri, menghemat listrik dan harga yang terjangkau, umumnya menjadi pertimbangan utama. 

Di kesempatan yang berbeda, Albert Fleming, General Manager of Home Appliances dari Polytron, baru-baru ini memberikan sejumlah tips kepada ibu rumah tangga dan keluarga masa kini dalam memilih kulkas yang akan memberi nilai lebih dan manfaat lebih bagi rumah tangga.

1. Ruang penyimpanan yang lebih luas.

Dengan ruang lebih luas untuk menyimpan segala bahan makanan, akan memudahkan penyimpanan bahan makanan lebih lama, sehingga tidak perlu sering-sering belanja. Cukup berbelanja kebutuhan selama dua pekan sekali, dan bahan makanan aman tersimpan di dalam kulkas. 

4 dari 4 halaman

2. Fleksibilitas Penyimpanan Berbagai Jenis Makanan

Kulkas harus memberikan fleksibilitas dalam menyimpan berbagai jenis makanan, mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, hingga makanan beku. Misalnya dengan adjustable rack membuat ruang dapat diatur lebih fleksibel dan memastikan setiap ruang penyimpanan dimanfaatkan secara optimal.

3. Desain Elegan dan Modern

Kulkas juga saat ini kebanyakan memiliki tampilan elegan. Selain itu kulkas sudah dilengkapi lampu LED yang membuat peralatan rumah tangga terlihat modern sesuai dengan kebutuhan keluarga masa kini. 

4. Harga terjangkau

Dengan berbagai kelebihan, fitur fungsional dan harga kompetitif yang terjangkau dibanding produk serupa, pada akhirnya harga menjadi pertimbangan akhir yang kerap digunakan dalam membeli peralatan rumah tangga, termasuk kulkas.

Beberapa kriteria di atas menurut Albert Fleming, sangat penting terlebih saat ini masyarakat makin berpikir praktis dan efisien dalam membeli produk peralatan rumah tangga. Kulkas juga sebaiknya hemat listrik kisaran dayanya sebesar 140 watt. Lalu perhatikan jangan sampai lupa juga garansi resmi dari merek saat membelinya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.