Sukses

6 Rekomendasi Tempat Wisata Miniatur Landmark Berbagai Negara, Berasa Keliling Dunia Bersama Keluarga di Liburan Akhir Tahun

Anda ingin mengisi liburan akhir tahun dengan keliling dunia tetapi bujet terbatas? Mengunjungi tempat wisata yang menghadirkan beragam miniatur landmark bisa jadi opsi yang ramah di kantong.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan akhir tahun semakin dekat. Jika Anda tertarik untuk berkeliling dunia dengan bujet terbatas dan waktu yang singkat, berwisata ke tempat wisata miniatur landmark dari berbagai negara bisa jadi jawabannya. 

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga cocok untuk diajak ke sana. Mereka bisa sambil belajar mengenal landmark ikonis dari berbagai negara. Taman hiburan ini juga akan menarik bagi orang yang suka berfoto, karena pada destinasi tersebut Anda dapat mengabadikan momen seperti sedang berkeliling dunia yang sangat Instagramable. 

Banyak objek wisata yang mengadopsi konsep tersebut. Berikut adalah enam rekomendasi wisata miniatur landmark untuk referensi liburan akhir tahun Anda, dikutip dari berbagai sumber.

1. Mini Mania Puncak

Mini Mania Puncak adalah taman miniatur dunia yang berlokasi di daerah Megamendung, Kabupaten Bogor. Di sini, para pengunjung dapat melihat miniatur dari berbagai tempat yang ada di dunia.

Miniatur landmark-nya beragam. Mewakili Amerika Serikat, Anda dapat melihat miniatur Mount Rush More National Memorial, The White House alias Gedung Putih, dan Patung Liberty. Jika ingin merasakan sensasi mengunjungi negara Prancis, destinasi ini punya miniatur Louvre Museum dan Menara Eiffel.

Ada pula miniatur Neuschwanstein Castle, Jerman; The Leaning Tower of Pisa, Italia; dan Big Ben, London, Inggris. Sedangkan dari negara di Asia, ada Hachiko Memorial Statue, Jepang; Candi Prambanan; Candi Borobudur; Great Wall of China; Great Buddha of Thailand; Shwedagon Pagoda, Myanmar, Dome  of Rock, Palestina; Pura Ulun Danu Brata, Bali; dan Hagia Sophia, Turki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fasilitas yang ada di Mini Mania Puncak

Selain miniatur landmark, Mini Mania memiliki Sakura Park. Di sini, para pengunjung dapat berfoto dengan berlatarkan pohon sakura. Para Pengunjung dapat pula menaiki perahu mengitari area di sungai kecil yang dikelilingi oleh pohon sakura.

Hiburan lainnya adalah atraksi berbagai permainan, seperti perosotan pelangi dan berkeliling naik kereta mini. Tempat wisata ini juga memiliki berbagai stan makanan untuk para pengunjung. 

Selama periode Natal dan Tahun Baru, Wisata Mini Mania Puncak buka dari pukul 07.00 sampai 18.30. Jika ingin berbelanja, toko di tempat wisata ini buka dari pukul 07.00 sampai 19.00, dan restoran buka pukul 08.00 sampai 18.30.

Tiket masuk dibanderol Rp30.000 yang terpisah untuk memasuki Taman Sakura dan Mini Mania. Jika berminat untuk mengunjungi keduanya, harga tiket menjadi lebih murah yaitu di harga Rp50.000.

2. The World Landmarks,  Merapi Park Jogja

Rekomendasi tempat wisata dengan miniatur dunia lainnya adalah The World Landmarks di Merapi Park Jogja. Destinasi ini memiliki koleksi miniatur yang bergam dari berbagai negara seperti Piramida Mesir; Burj Al Arab, UEA; Royal Clock, Arab Saudi; Telephone Box, London, Britania Raya; Patung Liberty, Amerika Serikat; Menara Eiffel, Prancis; Big Ben, Inggris; Menara Pisa, Italia; Kincir Angin Belanda; dan Colloseum, Italia.

Selain miniatur landmark, destinasi ini juga punya atraksi lainnya seperti Cat House, Rabbit House, dan Indian and Cowboy Village. Ada pula berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di destinasi ini, seperti berenang di Kids Water Park, Outbound, dan menaiki mobil Jeep. Jika ingin berwisata kuliner, destinasi ini memiliki tempat makan prasmanan serta piknik.

Untuk memasuki The World Landmarks, Anda harus membayar tiket seharga Rp35.000 untuk satu orang. Destinasi ini buka setiap harinya dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB dan beralamat di Jl. Kaliurang Km 22,5 Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta (depan Museum Merapi) .

 
3 dari 5 halaman

3. Small World, Baturraden

Small World adalah sebuah taman miniatur dunia di Ketenger Desa, Baturaden, yang menarik dan menjadi salah satu wisata yang populer di Banyumas. Di sini, pengunjung akan menemukan miniatur ikonik dari berbagai negara, seperti Monumen Nasional, Merlion, Lady Liberty, Colosseum, Pisa Tower, Menara Eiffel, Menara Kembar Petronas, Kincir Angin Belanda, Sydney Opera House, Mesir Piramida, Taj Mahal, bangunan Aztec, dan Big Ben.

Selain melihat dan berfoto dengan miniatur landmark dunia, pengunjung juga dapat memberi makan domba dan memakai baju hanbok khas Korea Selatan. Selain itu, aktivitas lainnya yang ditawarkan pada destinasi wisata ini adalah menaiki ATV, berenang, berfoto di Kebun Dino, dan menaiki dino dokar. 

Small World berlokasi di Jl Raya Baturaden Barat No 270 Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dan buka setiap hari. Untuk hari biasa, tempat wisata ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 16.00. Sedangkan saat akhir pekan, destinasi ini buka mulai 07.00 pagi sampai 17.00 WIB. Harga dari tiket masuk destinasi ini adalah Rp20.000, untuk satu orang.

4 dari 5 halaman

4. World of Wonders, Tangerang

World of Wonders adalah salah satu destinasi wisata yang ada di daerah Tangerang, Banten. Destinasi ini menyediakan berbagai atraksi, salah satunya adalah tujuh Keajaiban Dunia.

Pada atraksi tersebut, Anda dapat melihat miniatur landmark  dari berbagai negara seperti Candi Prambanan, Kuil Parthenon yang dibangun untuk Dewi Athena di Yunani, Sphinx Mesir, San Fransisco, Candi Borobudur, Tembok Cina, dan Piramid. Selain melihat dan berfoto, Anda dapat mencoba permainan lika-liku. Lewat permainan itu, pengunjung akan diajak memasuki piramida dan mencoba untuk mencari jalan keluar dari labirin kaca.

Selain itu, destinasi ini memiliki berbagai wahana keluarga, seperti taman air dan jelajah rimba. Ada pula wahana edukasi anak yaitu museum satwa, planetarium, dan kolam tembak.

Tempat wisata ini berlokasi di Citra Raya Cikupa, Jl. Ecopolis Boulevard Mekar Bakti Panongan Cikupa, Tangerang Banten dan  buka setiap harinya dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Tiket untuk memasuki tempat wisata ini di hari biasa adalah Rp150.000 dan saat akhir pekan, pengunjung dikenai biaya Rp170.000.

5 dari 5 halaman

5. Museum Angkut, Batu, Malang

Museum Angkut yang berlokasi di Batu, Malang ini menampilkan berbagai koleksi mobil dari berbagai masa dan menjadi museum transportasi pertama di Asia Tenggara. Namun, bukan hanya transportasi saja yang menjadi daya tarik dari destinasi ini. Museum Angkut juga memiliki interior yang sangat cocok dijadikan latar untuk berfoto.

Saat mengunjungi destinasi ini, para pengunjung akan diajak untuk berkeliling dunia melalui interiornya. Museum ini memiliki miniatur dari berbagai tempat di dunia seperti Buckingham Palace, Inggris; Gangster Town dengan interior kota di Amerika Serikat; serta miniatur dari Menara Eiffel, Paris. Selain itu, destinasi ini memiliki hiburan lainnya seperti Flight Simulator (simulasi menerbangkan pesawat) dan F1 Simulator.

Museum berlokasi di  Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314 dan buka setiap harinya, mulai pukul 12.00 sampai 20.00. Tiket masuk dari destinasi ini adalah Rp100.000 untuk hari biasa dan Rp120.000 saat akhir pekan.

6. Taman Bunga Celosia Bandungan

Taman Bunga Celosia merupakan destinasi wisata di lereng kaki gunung Ungaran, Bandungan, Kabupaten Semarang. Pada area dengan luas 8,6 hektare ini terdapat spot foto berlatarkan miniatur dunia seperti Little Italia, Little Korea, Dermaga Putih, Taman Bunga, Marine Park, Little Eropa, Little Japan dan masih banyak yang lainnya.

Di dalam Taman Bunga Celosia juga terdapat Cafe Garden Celosia. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati menu yang ada dan dan pemandangan berbagai gunung.

Tempat wisata ini buka setiap harinya dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB dan berlokasi di Jalan Gedong Songo KM 05 Berokan, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Jika ingin berkunjung, Anda diharuskan membeli tiket masuk seharga Rp35.000 untuk satu orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.