Sukses

Anies Baswedan Belajar Jadi Wibu ke Fadil Jaidi, Apa Artinya?

Fadil Jaidi dan Anies Baswedan terlihat duduk santai sambil ngobrol di depan ruang televisi. Mereka ternyata sedang membicarakan mengenai series anime Attack on Titan.

Liputan6.com, Jakarta - Selama masa kampanye Pilpres 2024 dan Pemilu 2024, para calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) melakukan serangkaian kegiatan. Meski begitu aktivitas mereka tak selalu harus berkaitan dengan kampanye seperti yang dilakukan Anies Baswedan.

Baru-baru ini beredar potret kebersamaan antara capres nomor urut 1 ini dengan salah satu selebgram terkenal, Fadil Jaidi. Potret itu diunggah melalui akun Twitter (X ) pribadi milik Anies Baswedan. Dalam unggahan itu Fadil Jaidi dan Anies Baswedan terlihat kompak sama-sama memakai baju warna putih.

Fadil dan Anies terlihat duduk santai sambil ngobrol di depan ruang televisi. Tak ada obrolan yang menyinggung politik. Mereka ternyata sedang membicarakan mengenai series anime Attack on Titan.

Anies Baswedan mengatakan kalau ia sedang berguru menjadi wibu dengan sang selebgram. Siapa sangka cerita Attack on Titan menarik perhatian sang capres dan hendak menontonnya di sela-sela kegiatan sebagai hiburan.

"Ketemuan Fadil Jaidi dan diajari jadi wibu, nonton dan diceritain soal Attack on Titan. Ok, menarik, save dulu buat ditonton di sela-sela kegiatan," tulis Anies dalam cuitan pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Ada pula warganet yang belum tahu arti atau makna kara Wibu. Dilansir dari kanal Hot Liputan6.com, 30 Juni 2023, wibu adalah salah satu sebutan yang kerap diberikan pada orang yang menyukai budaya Jepang. Budaya Jepang memang punya kekhasan tersendiri. Mulai dari bahasa, budaya, hingga anime-nya, Jepang punya banyak penggemar di seluruh dunia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian dan Makna Wibu

Wibu adalah istilah slang yang berasal dari bahasa Inggris, weeaboo. Istilah wibu adalah penggambaran untuk orang-orang yang menggemari apapun yang berhubungan dengan Jepang. Wibu adalah istilah umum yang sering disebutkan di internet.

Wibu adalah sebutan yang digunakan di komunitas anime, manga, dan video game baik online maupun offline. Terkadang, wibu adalah sebutan yang digunakan untuk mendefinisikan orang yang terobsesi dengan kebudayaan Jepang. Biasanya, wibu adalah istilah yang digunakan oleh warga non-Jepang.

Wibu sering disamakan dengan Japanofilia yang berarti pencinta Jepang. Tetapi dalam beberapa keterangan, Japanofilia tidak terlalu sama artinya dengan wibu karena pada dasarnya, Japanofilia dikatakan memiliki minat yang sangat luas tentang budaya Jepang, sedangkan wibu hanya terfokus pada budaya populer Jepang seperti anime dan manga.

Melansir Thejapaneseway, kata wibu atau weeaboo hadir sebagai bahasa gaul untuk istilah Wapanese, yang merupakan campuran dari kata wannabee dengan Jepang. Kata ini mendefinisikan "tipe kutu buku yang sangat spesifik yang bukan budaya asli Jepang". Istilah ini kemudian merujuk pada individu yang terobsesi dengan anime, manga, dan video game.

3 dari 4 halaman

Keyakinan Terhadap Budaya Jepang

Istilah ini muncul di situs 4chan selama awal 2000-an dan digunakan untuk menghina orang asing yang bias terhadap budaya Jepang. Orang-orang yang disebut dengan istilah slang terlalu terobsesi dengan Jepang, manga, anime, dan hentai. Istilah wibu kemudian diperluas untuk mencakup individu-individu yang menjengkelkan dan ekstrem dalam keyakinan mereka terhadap budaya Jepang.

Beberapa penggemar Jepang adalah wibu, tetapi sebagian besar tidak, jadi menggunakan wibu sebagai istilah umum untuk fandom yang berbasis di Jepang tidak sensitif dan tidak akurat. Sebagian besar penggemar anime dan manga, penggemar video game Jepang, dan sejenisnya hanya ingin menikmati hobi mereka.

Sebelumnya Anies Baswedan sempat bikin heboh publik usai mengunggah potret menonton One Piece bersama keluarganya. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun memamerkan foto yang tengah menonton One Piece 1071 di akun Twitternya @aniesbaswedan. Dalam foto yang diunggah pada Senin, 7 Agustus 2023 itu, Anies terlihat duduk di sofa bersama istri dan anak-anaknya.

4 dari 4 halaman

Keluarga Anies Tonton One Piece 1071

Ia terlihat menonton tayangan televisi yang menampilkan tokoh utama anime One Piece, yakni Monkey D. Luffy atau Luffy. Pada tayangan itu, Luffy terlihat sedang menggunakan kekuatan tertingginya yaitu Gear 5. Anies mengaku, menonton One Piece 1071 atas saran dari anak-anaknya dan warganet.

"Mengikuti saran anak2 dan netizen soal rekomendasi film. Seru juga ya…" tulis Anies di akun Twitternya, @aniesbaswedan. Foto yang diunggah Anies Baswedan telah itu banyak disukai dan mendapat beragam reaksi dari warganet. Ada sebagian warganet yang meminta Anies untuk menonton serial tersebut dari episode awal.

Hal itu pun ramai menuai respons antusias dari publik. "Attack on titan bagus pak. Nanti ada season dimana keliatan gimana mayoritas memperlakukan minoritas dengan tidak baik. Mudah mudahan banyak pelajaran yang bisa didapat dari AoT ya pak," komentar seorang warganet.

Sebelumnya, anime One Piece 1071 menjadi paling sering ditunggu oleh para fans, dan menjadi momen paling epik dalam sejarah anime yang diangkat dari manga karangan Eiichiro Oda. Usai berjalan hampir dua dekade, fans One Piece disajikan debut kekuatan tertinggi yang dimiliki oleh Monkey D. Luffy atau Luffy, yakni Gear 5.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.