Sukses

Jadi Personel EXO yang Terakhir Wamil, Penggemar Lepas Sehun dengan Pesan-Pesan Menyentuh

Sehun EXO membagikan surat tulisan tangan pada penggemar di Weverse, platform penggemar K-pop, tentang dinas militer yang akan mulai dijalaninya pada 21 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Sehun jadi personel terakhir EXO yang pamit wajib militer (wamil). Kemarin, Rabu, 13 Desember 2023, ia membagikan surat tulisan tangan pada penggemar di Weverse, platform penggemar K-pop, tentang dinas militer yang akan mulai dijalaninya pada 21 Desember 2023.

Setelahnya, pesan-pesan perpisahan sarat haru pun memenuhi dunia maya. Di unggahan terakhir Sehun di Instagram, misalnya, EXO-L, sebutan penggemar grup, berbesar hati melepas kepergian si maknae. "Kita sebenarnya sudah delapan kali mengalami ini (dari personel EXO sebelumnya), tapi tetap saja tidak mudah," kata seorang fans.

"Sehun, semoga wamilmu berjalan lancar dan selalu jaga kesehatanmu. Sampai jumpa di tahun 2025 dan kita akan berkumpul kembali sebagai EXO dengan sembilan member," sebut yang lain, sementara ada juga yang menulis komentar panjang.

Ia berbagi, "Dear Sehun, terima kasih telah jadi penghibur dan penyemangatku beberapa tahun terakhir ini meski kita belum pernah bertemu. Aku tahu, kamu mungkin tidak mengenaliku, tapi bagiku, kamu sangat dekat di hatiku."

"Kamu telah jadi warna dalam hidupku, mengisi sebagian ruang dalam ingatanku dan jadi salah satu sumber kebahagiaan bagiku," sambung si penggemar. "Untuk itu, berangkat bertugaslah dengan gembira. Jaga kesehatanmu dan kembalilah dalam keadaan sehat dan baik-baik saja."

"Mudah-mudahan, ini tidak akan (terasa) lama. Aku tidak akan meninggalkan, aku akan tetap mengagumimu dan menunggumu kembali. Aku akan memastikan hal itu. Berbahagialah dan tetap sehat, Oh Sehun," tandas penggemar EXO itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Lain

Penggemar lain menulis, "Sehun, sebenarnya berat menunggumu selama dua tahun, berat sekali bagiku, tapi seperti kata Suho (EXO), jika menunggu itu menyenangkan, itulah cinta. Tolong kembalilah dengan sehat, habiskan dua tahunmu dengan istirahat dari segalanya."

"Meski itu sulit, mari bertahan sebentar dan saling mencintai lagi ketika saatnya tiba, tidak peduli berapa banyak idola, mereka tidak membuatku berhenti mencintaimu, apapun itu, hanya kamu yang selalu ada untuk mengisi ruang kosong itu, karena sudah 11 tahun sejak kamu debut dan kamu telah melakukan hal terbaik."

"Kamu sangat berbakat," ia menambahkan. "Jangan memperhatikan perkataan orang yang tidak menyukaimu. Dengarkanlah perkataan orang yang mencintaimu, makan saja makanan yang kamu inginkan, pergilah ke tempat yang kamu inginkan dan jika saatnya tiba, kita akan bertemu lagi."

"Sehat selalu dan jangan lupa bahagia. Aku tidak tahu bagaimana cara mengungkapkannya lagi, tapi aku sangat menyayangimu. Sampai jumpa di tahun 2025," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Menyemangati Sehun

Tidak sedikit juga penggemar yang terus menyemangati Sehun EXO. Salah satunya menulis, "Sehun oppa, aku sudah melihat surat tulisan tanganmu 🫰🏻 jangan sedih, jangan menangis, jangan merasa tersesat 💖 EXO-L akan selalu berada di sisimu 🫶🏻."

"Saat kamu kembali setelah dua tahun, kamu akan menyadari itu wow, semua orang masih di sini, masih menunggumu 😍jadi jagalah kesehatanmu. WE ARE ONE 👍🏻," kata dia.

Sementara itu, di suratnya, Sehun menulis, "Halo, ini Sehun. Apakah semua baik-baik saja dan tetap sehat? Saya menulis ini hari ini karena ada sesuatu yang ingin saya sampaikan pada kalian. Saya akan memulai wajib militer saya pada 21 Desember (2023)."

"Saya merasa bersalah karena terlambat menyampaikan kabar ini pada EXO-L (fan club resmi EXO)," imbuhnya. Akhir-akhir ini, saya menghabiskan waktu sendirian, menjaga diri saya sendiri, dan merenung secara mendalam. Hasilnya, saya menyapa kalian seperti ini (melalui surat), tanpa berdiri langsung di depan kalian."

4 dari 4 halaman

Direspons Baekhyun

Sehun melanjutkan, "Saya harap kalian memahami saya karena tidak bisa menyapa secara langsung. Saya sangat berterima kasih pada semua orang yang peduli pada saya. Saya berharap semua orang tetap sehat sampai hari kita bertemu lagi. Saya juga akan kembali dalam keadaan sehat. Terima kasih."

Pada Mei 2023, Kai sudah lebih dulu mendaftar wajib militer, membuat Sehun jadi personel EXO terakhir yang memasuki masa dinas militer. Baekhyun EXO pun merespons pengumuman wamil Sehun.

"Surat militer Sehun sudah dipublikasikan. Saya tahu EXO-L frustrasi, tapi Sehun dan semua personel lain memikirkan EXO dan EXO-L. Mari kita semua mengadakan pesta besar saat kita bertemu lagi. Silakan tinggalkan banyak pesan dukungan untuk Sehun!" tulisnya, dilansir dari Koreaboo, rangkum Tim Showbiz Liputan6.com.

Kabar Sehun bakal menjalani wamil tahun ini sebenarnya sudah diprediksi EXO-L Indonesia. Narasi ini berkembang setelah ia, dan pastinya Kai, absen dalam gelaran meet and greet inisiasi Scarlett di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, pada 27 Agustus 2023.

"Dia (Sehun) mau wamil, enggak boleh ke luar negeri. Secepatnya kita pasti dapat surat cinta," kata seorang penggemar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.