Sukses

Destinasi Wisata yang Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2023, Ada dari Indonesia?

Google menerbitkan data anual "Year in Search," sebuah laporan yang menunjukkan apa yang telah dicari pengguna di raksasa mesin pencari selama 12 bulan terakhir, termasuk dalam kategori perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Google menerbitkan data anual "Year in Search," sebuah laporan yang menunjukkan apa yang telah dicari pengguna di raksasa mesin pencari selama 12 bulan terakhir, termasuk dalam kategori perjalanan. Secara khusus, pihaknya merangkum destinasi-destinasi wisata paling banyak dicari pengguna.

Namun, Indonesia tidak masuk dalam 10 besar daftar tersebut. Di Asia Tenggara, hanya ada satu yang berhasil masuk list. Berikut rangkuman lengkapnya, seperti dikutip dari Conde Nast Traveller:

10. Maroko

Maroko sebenarnya masih dalam tahap pemulihan pascagempa September 2023, namun respons para wisatawan sangat kuat. Pelancong didorong untuk terus mengunjungi negara ini untuk menjelajahi semua yang ditawarkan.

Maroko disebut sebagai "sebuah kotak permata yang penuh warna," dengan pemandangan dan "suara" di kota-kotanya. Belum lagi berbicara tentang hamparan luas sejarah dan budaya lokalnya.

9. Malta

Malta telah digunakan sebagai latar belakang banyak film dan serial TV ikonis, seperti Gladiator, Game of Thrones, dan Troy. BTS juga pernah menjadikan pulau ini tujuan perjalanan di show mereka Bon Voyage musim ke-3 pada 2018. Menyempurnakan panorama pesisirnya yang memesona, jalan-jalan Malta melawarkan restoran dan bar yang menarik disambangi.

8. Mesir

Mesir tidak melulu tentang sejarah kuno. Galeri seni, pasar-pasar penuh dengan pernak-pernik lokal, dan Sungai Nil yang berkilauan juga jadi magnet kunjungan pelancong. Jauh dari sungai, Gurun Sahara meliputi 94 persen wilayah negara ini, menyisakan area yang sangat luas untuk dijelajahi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7. Thailand

Jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara dalam daftar, wisata pulau di Thailand lebih disorot. CN Traveller menggarisbawahi bahwa masing-masing pulau memiliki pesona tersendiri, kendati pantai berpasir putih dan restoran bergaya pedesaan dijamin hampir pasti ada. "Pilih Koh Samui untuk liburan kesehatan, yang mana pulau ini terkenal dengan surga yoga, atau Koh Tao untuk petualangan bawah air," kata publikasi itu.

6. Siprus

Terletak di antara Yunani, Turki, dan Lebanon, Siprus dikenal melalui perpaduan berbagai budaya. Pelancong bisa menyambangi pegunungan terjal yang puncaknya tertutup salju, pantai-pantai berpasir lembut yang dikelilingi Laut Mediterania, dan mencicip beberapa makanan lezat yang tersebar di sekitar pulau.

Pencinta alam dapat menghabiskan waktu berjam-jam di laut, yang mana salah satu spot selamnya dikenal sebagai tempat penyelaman kapal karam terbaik di dunia. Sementara, pencinta sejarah dapat melihat-lihat gereja-gereja Bizantium. Opsi lainnya adalah menghabiskan hari berjalan-jalan di kebun-kebun anggur subur.

3 dari 4 halaman

5. Kroasia

Kroasia secara bertahap mendapat reputasi sebagai pusat perjalanan Eropa. Destinasi liburan yang lebih terjangkau dibandingkan beberapa negara tetangganya ini menawarkan jelajah pulau, wisata kuliner lezat di sekitar Split atau Zagreb, atau kota bertembok bersejarah Dubrovnik.

4. Portugal

Mulai dari banyaknya restoran menarik yang dibuka di utara hingga cagar alam perairan biru di selatan, ada begitu banyak hal yang menanti para pelancong di Portugal. Negara itu juga disebut sebagai "pendatang baru di kejuaraan kuliner Eropa."

Kepulauan Azores yang terpencil sering diabaikan, padahal menawan, menurut CN Traveller. Lisbon pun masih jadi tujuan perjalanan populer, apalagi kota ini baru saja dinobatkan sebagai kota liburan paling ramah anggaran di Eropa pada 2023.

3. Italia

Italia merupakan perpaduan kota-kota dongeng yang indah, kota-kota yang ramai, dan pantai-pantai yang masih asli. Meski berbelanja di Milan jelas tiada duanya, suasana kafe di kota ini juga layak dijajal. Florence memiliki beberapa hotel terbaik di seantero Italia, dan pedesaan Tuscan di sekitarnya bagaikan lanskap dalam lukisan.

Untuk kuliner, Roma maju sebagai rekomendasi terdepan. Pelancong juga bisa mengunjungi beragam galeri dan museum di kota ini.

4 dari 4 halaman

2. Spanyol

Spanyol dikatakan indah sepanjang tahun, tapi ada sesuatu yang istimewa saat datang di luar musim liburan. San Sebastian tepilih sebagai kota terbaik di Eropa dalam penghargaan pilihan pembaca CN Traveller 2023 dan kota terbaik untuk kuliner di dunia.

Jauh ke timur, Barcelona tetap jadi salah satu kota favorit di Spanyol, dengan sejumlah hotel, restoran, dan aktivitas yang menarik dilakukan. Faktanya, jumlah wisatawan di Spanyol meningkat sepanjang tahun, tidak hanya pada Desember 2023.

Menurut Euronews, 12 Desember 2023, selama 10 bulan pertama tahun 2023, 74,7 juta wisatawan mengunjungi negara itu untuk berlibur, meningkat 18,2 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pada Oktober 2023, yang bukan merupakan bulan "turis," tercatat ada 8,17 juta turis asing mengunjungi Spanyol, 13,9 persen lebih banyak dibandingkan Oktober 2022.

1. Yunani

Yunani menduduki puncak daftar negara yang paling banyak dicari di Google tahun 2023. Dari Pulau Mykonos yang bercat putih hingga suasana hutan di Kefalonia yang terkenal dengan jalur pendakian dan pedesaannya, Yunani adalah tujuan perjalanan yang menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.