Sukses

Indonesia Tempati Peringkat ke-6 dalam Daftar 100 Destinasi Kuliner Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas, Pimpin Asia Tenggara

Sementara Indonesia ungguli semua negara Asia Tenggara, Jepang jadi yang terunggul di Asia dalam daftar 100 Destinasi Kuliner Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali menunjukkan keunggulan khazanah kulinernya dengan berada di peringkat ke-6 dalam daftar 100 Destinasi Kuliner Terbaik di Dunia 2023/2024 versi TasteAtlas. Peringkat tahunan ini terdiri dari masakan, hidangan, tujuan wisata kuliner, produk dan bahan-bahan makanan terbaik, serta daftar restoran dan buku masak legendaris.

Melansir situs webnya, Rabu, 13 Desember 2023, sebanyak 395.205 (271.819 valid) peringkat hidangan dan 115.660 (80.863 valid) peringkat produk makanan telah dicatat. Berdasarkan peringkat ini, 50 kuliner teratas untuk setiap wilayah diekstraksi.

Penilaian dilakukan berdasarkan peringkat rata-rata hidangan dan produk makanan di setiap negara. Italia dan Jepang mencatat peringkat rata-rata yang sama, namun Italia kembali menduduki peringkat pertama tahun ini karena hidangan teratasnya, yakni pizza, mencatat nilai lebih tinggi.

Ranking kuliner Indonesia dengan skor 4,57 dari 5 membuatnya jadi yang paling unggul di Asia Tenggara. Thailand berada di peringkat ke-17, disusul Vietnam (22), Malaysia (31), Filipina (33), Singapura (56), Laos (86), dan Myanmar (93).

Beberapa produk makanan Indonesia berperingkat terbaik, yakni bawang goreng, manggis, lengkuas, kecap manis, durian dan 224 lainnya. Sementara itu, restoran terbaik untuk mencicip kuliner Indonesia adalah Warung Mak Beng (Sanur) dan Raf Babi Krispi (Denpasar), Restoran 1945 (Jakarta Pusat), Lapo Marpadotbe (Jakarta Timur), Soto Kadipiro (Bantul), dan 446 lain.

Berikut 10 besar daftar destinasi kuliner terbaik di dunia 2023/2024 menurut TasteAtlas:

  1. Italia (4,65)
  2. Jepang (4,65)
  3. Yunani (4,61)
  4. Portugal (4,61)
  5. China (4,59)
  6. Indonesia (4,57)
  7. Meksiko (4,56)
  8. Prancis (4,55)
  9. Spanyol (4,55)
  10. Peru (4,54)

Selain tujuan kuliner, ragam makanan terlezat juga sudah dirilis platform panduan online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer berbasis di Kroasia itu dan Indonesia juga masuk dalam daftar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuliner Terlezat di Dunia

Berdasarkan rata-rata rating dari pengguna, daftar 100 kuliner terlezat di dunia juga telah dirilis. Hidangan dengan rating terbaik untuk 2023 adalah picanha potongan daging Brasil, diikuti roti canai asal Malaysia, dan tumisan Thailand phat kaphrao.

Pempek jadi wakil Indonesia di peringkat ke-13. Lalu, ada juga bubur ayam (67) dan ayam goreng (91). Berikut 20 besar kuliner dalam daftar tersebut:

  1. Picanha
  2. Roti canai
  3. Phat kaphrao
  4. Pizza napoletana
  5. Guotie
  6. Khao soi
  7. Butter garlic naan
  8. Tangbao
  9. Shashilk
  10. Panaeng curry
  11. Pappardelle al Cinghiale
  12. Ameijoas a Bulhao Pato
  13. Pempek
  14. Banh mi thit
  15. Tom kha gai
  16. Vatapa
  17. Dakos
  18. Leche de tigre
  19. Carne asada tacos
  20. Cag kebab

Sebelum merilis daftar tahunan, bulan lalu, TasteAtlas telah lebih dulu memperbaharui daftar "Sup Daging Terlezat di Dunia" mereka. Sayangnya, pembaruan ini membuat rawon Indonesia tergeser dari puncak list sebagaimana dirilis pada Mei 2023.

Sajian sup berkuah gelap itu digantikan tom kha gai yang merupakan kuliner Thailand. Namun secara skor, keduanya sebenarnya sama-sama mencetak 4,7 dari 5.

3 dari 4 halaman

Sup Daging Terlezat di Dunia

Di deskripsi tom kha gai tertulis, "Tom kha gai adalah hidangan nasional Thailand yang berasal dari bagian tengah negara itu dan membawa pengaruh Laos."

"Ini adalah sup yang namanya diterjemahkan jadi sup ayam lengkuas rebus, (yang bahan-bahannya) terdiri dari santan, potongan atau suwiran ayam, lengkuas (tanaman berkayu cokelat kemerahan yang masih satu keluarga dengan jahe), serai, bawang putih, cabai rawit, daun jeruk purut, kecap ikan, dan jamur shitake."

"Rasa lengkuas yang pedas, sedikit asam, dan beraroma bunga memberi kontras yang menarik dengan tekstur santan nan lembut, menciptakan hidangan aromatik luar biasa dalam prosesnya," sebut mereka. "Tom kha gai sangat bergizi dengan khasiat obat yang hebat, seperti kemampuan menenangkan saluran pencernaan."

"Karena hidangan ini sangat populer, ada juga versi lain, termasuk vegetarian, tahu, makanan laut, dan tom kha babi. Secara tradisional, kuliner Thailand ini disajikan dengan nasi sebagai pendamping, dihiasi daun ketumbar dan tomat potong dadu nan segar," sebut TasteAtlas.

4 dari 4 halaman

Rawon Indonesia

Berada di peringkat ke-2, rawon dituliskan sebagai "kuliner khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur." "Sup beraroma ini biasanya dibuat dari daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional lain, seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, unsur kuncinya adalah kluwek," kata pihaknya.

"Bumbu khas Indonesia ini sangat beracun saat mentah, dan harus selalu difermentasi sebelum dikonsumsi," mereka menggarisbawahi. "Itu digiling dengan bahan dan rempah lain, memberi rasa sajian yang bersahaja dan asam, serta warna hitam gelap yang unik."

"Makanan ini awalnya segera jadi favorit di kalangan bangsawan dan dengan cepat semakin populer. Saat ini, Anda dapat dengan mudah meneukannya di menu berbagai restoran tradisional Indonesia. Rawon biasanya disajikan bersama nasi putih, telur asin, tauge, dan sambal pedas khas Indonesia," tandanya.

Di jajaran 50 besar, sebenarnya ada juga soto betawi (10), coto makassar (31), bakwan malang (33), soto lamongan (40), dan konro (46), yang masing-masing mencetak skor 4,5, 4,2, 4,2, 4,1 dan 4.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini