Sukses

Dorong Citra NTB Jadi Destinasi Sport Tourism Lewat Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 telah digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, NusaTenggara Barat (NTB) pada 10 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 jadi salah satu upaya memperkuat citra Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai destinasi sport tourismSebagaimana diketahui, ajang balap mobil itu telah digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu, 10 Desember 2023.

"Kesuksesan Porsche Sprint Challenge Indonesia jadi salah satu bukti bahwa InJourney sebagai holding BUMN (sektor) pariwisata dan pendukungnya senantiasa berkomitmen menghadirkan berbagai gelaran event balap untuk memperkuat citra NTB sebagai destinasi sports and entertainment di Indonesia," klaim Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) alias InJourney, Maya Watono, menurut rilis yang diterima Tim Lifestyle, Senin (11/12/2023).

Ia menyambung, "Kehadiran berbagai event olahraga yang menarik di Mandalika diharapkan bisa menarik lebih banyak wisatawan, sehingga pada akhirnya akan memberi multiplier effect yang luas, khususnya bagi masyarakat di sekitar Mandalika."

Hadirnya mobil Touring Car Race (TCR) Indonesia Race 2 disebut sebagai salah satu kejutan. Selain, ada juga Porsche Sprint Challenge Endurance Race, yakni balap mobil berkelas internasional yang terselenggara berkat kerja sama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) dengan Superstars Motor Sport (Superstars) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Driver Endurance Race dari tim Rizqy Motorsport, Daffa AB dan Dicko Prasetyo, berhasil kampiun sebagai juara dengan catatan waktu 46 menit 45 detik. Berada di podium kedua adalah driver dari Citadel Racing Team, Aldio Oekon, dengan catatan waktu 47 menit 7 detik.

Driver dari tim Semen Merah Putih, Hendrik Jaya Soewatdy dan John Kwon, meraih podium ketiga dengan catatan waktu berbeda tipis dengan Aldio, yaitu 47 menit 13 detik, di Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keseruan Lainnya

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria berkomentar, "Penampilan luar biasa dari tim Rizqy Motor Sport yang berhasil meraih podium pertama di Endurance Race. Kami juga mengapresiasi semua pembalap yang berpartisipasi, termasuk Aldio Oekon dari Citadel Racing Team dan Hendrik Jaya Soewatdy beserta John Kwon dari tim Semen Merah Putih atas dedikasi dan semangat persaingan yang tinggi."

"Kami harap keberhasilan ini dapat jadi motivasi bagi pengembangan dunia balap otomotif di Indonesia dan semakin mengukuhkan posisi negara Indonesia dalam kancah motorsport internasional," imbuhnya.

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 juga menghadirkan TCR Indonesia Race. Driver dari tim LFN Sederhana Motorsport, M. Ferrel Fadhil Pratama, berhasil mempertahankan juara pertama dengan catatan waktu 29 menit 29 detik.

Disusul Dypo Fitramadhan dari tim Bank BJB Delta Garage Racing Team dengan selisih waktu 30 detik di tempat kedua. Podium ketiga diraih driver dari tim BRM Motorsport, Glenn Aringga Nirwan dengan selisih waktu 29 detik.

3 dari 4 halaman

Dorong Kunjungan Wisatawan Lewat Event

Priandhi berkata, "Kami juga menyampaikan apresiasi mendalam untuk para drivers Supporting Race, TCR Indonesia Race yang telah memberi penampilan luar biasa selama balap. Kejuaraan ini akan selalu jadi wadah untuk mendorong potensi para drivers Indonesia dan memajukan olahraga balap mobil di Tanah Air."

Sementara itu, Direktur Operasi ITDC Troy Warokka menyatakan, "Kesuksesan luar biasa Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit tidak hanya jadi ajang pesta balap spektakuler, tapi juga mencatat prestasi yang membanggakan."

"Kolaborasi membanggakan cucu usaha ITDC, yakni MGPA, bersama Superstars dan IMI menciptakan momen bersejarah di lintasan Pertamina Mandalika International Circuit," menurutnya.

Tahun depan, upaya mendatangkan wisatawan melalui event dipastikan masih akan dilakukan, dan itu tidak hanya berfokus di Mandalika. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Vinsensius Jemadu, memastikan event internasional maupun nasional akan tetap berjalan walau 2024 merupakan "tahun politik."

 

4 dari 4 halaman

Bocoran Event pada 2024

Vinsensius mengatakan bahwa tahun depan, setidaknya ada tiga event olahraga internasional. "Kita masih akan jadi tuan rumah MotoGP di Mandalika, lalu ada Aquabike World Championship di Danau Toba. Ada juga wacana menggelar F1 di Mandalika, tapi masih wacana," bebernya di di The Weekly Brief with Sandi Uno, 6 November 2023..

Selain itu, sejumlah konser musik yang menghadirkan artis-artis internasional juga telah terjadwal. Namun, ia belum bersedia mengungkap siapa saja yang akan menggelar konser di Indonesia.

"Kami sudah dikontak banyak promotor untuk mencari tahu apakah aman untuk mengadakan konser kelas dunia tahun depan," ujar dia. "Kami katakan aman karena kami sudah persiapkan semuanya dengan lembaga-lembaga terkait, terutama kepolisian dan TNI, untuk menjaga keamanan."

Tidak ketinggalan, ada juga 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) dan 50--60 event non-KEN yang rencananya berlangsung pada 2024. Ada pula sederet event berskala internasional lain yang akan dihelat di sejumlah daerah di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini