Sukses

Tren Jajanan Unik, Pedagang Kaki Lima di China Jual Es Batu Panggang

Sebuah tren makanan yang tidak biasa terjadi di China. Seorang pedagang kaki lima menjual es batu panggang dan membumbuinya selayaknya daging panggang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah tren makanan nyeleneh mendadak populer di China. Itu terjadi setelah seorang pedagang kaki lima menjual es batu panggang dan membumbuinya selayaknya daging panggang. Dilansir dari New York Post, Rabu, 6 Desember 2023, video penjual tersebut menjadi viral di media sosial.

Video yang diketahui diambil di Changsha, Provinsi Hunan, menampilkan seorang pedagang kaki lima yang melemparkan es batu ke sebuah wajan, lapor Newsflare. Kemudian, pedagang tersebut menaburi es batu itu dengan cabai, jintan, daun bawang, dan bumbu-bumbu lainnya.

Video tersebut juga menunjukan seorang pelanggan yang mencoba hidangan itu. Ia menggambarkan hidangan tersebut bercita rasa pedas dan "menarik".

"Karena kami belum mencoba es yang dapat dimakan ini, kami belum dapat memastikan apakah es memang merupakan hidangan yang paling enak disajikan panas," tulis NY Post.

Penjual tersebut mengatakan, bahwa es berbumbu itu dijual seharga 2 dolar AS per porsi atau sekitar Rp31 ribu dan merupakan makanan khas daerah China Timur Laut. Namun, klaim tersebut dibantah oleh penduduk setempat.

Seorang insinyur senior di Harbin Standardization Research Institute, yang merancang peraturan manajemen untuk sertifikasi merek makanan terkenal di Heilongjiang, provinsi di wilayah utara China, membantah hidangan tersebut sebagai hidangan otentik dari Timur Laut China. 

"Tidak ada jajanan es batu panggang di wilayah timur laut," ujarnya. "Ini adalah rekayasa yang dilakukan oleh pedagang kaki lima."

"Saya sudah tinggal di timur laut selama bertahun-tahun, dan saya belum pernah melihat hidangan ini," kata salah satu orang yang mengaku sebagai penduduk asli wilayah tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal-muasal Hidangan Jadi Perdebatan

Sampai saat ini, asal-muasal dari hidangan tersebut masih menjadi perdebatan. Beberapa orang beranggapan, bahwa es panggang ini berasal dari 2021 di Harbin, yang merupakan tempat festival es yang terkenal di Kerajaan Tengah China. Namun, pecinta budaya China lainnya di TikTok berpendapat bahwa itu adalah kreasi makanan yang berbasis di Changsha.

Bagaimanapun, es panggang ini menjadi sangat populer seiring banyaknya video TikTok yang menampilkan hidangan kaki lima ini. Dalam video itu, es panggang tersedia dalam berbagai bentuk, seperti kubus, kerucut, dan bentuk lainnya.

Meskipun persiapannya tampak mudah, proses membuat hidangan ini dibutuhkan keterampilan. Seperti yang dijelaskan akun TikTok, Noodou, triknya adalah dengan menggunakan api secukupnya agar es tidak gosong. "Banyak yang bertanya-tanya apakah es tersebut akan mencair, namun tidak mudah mencair karena besarnya es tersebut," kata mereka.

Dalam sebuah unggahan Instagram yang diunggah pada Agustus 2023, oleh situs budaya China, Radii, menyebut hidangan es ini sebagai tanggapan China terhadap tren Tiktok  "Girls Dinner". Itu adalah tren perempuan pengguna TikTok membuat makanan sederhana dari sisa makanan dan makanan siap saji untuk dijadikan menu makan malam.

3 dari 4 halaman

Jajanan Kaki Lima Unik di Dalam Negeri

Beberapa waktu lalu, di dalam negeri, jajanan kaki lima unik pernah menjadi perbincangan di media sosial. Dikutip dari kanal Hot Liputan6.com, media sosial Twitter ramai memperbincangkan soal kue pukis yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Kue pukis merupakan makanan tradisional yang sampai saat ini mudah ditemukan di aneka jajanan pasar.

Pembuatannya pun cukup mudah, yaitu dengan menggunakan adonan dari terigu dan dimasak menggunakan cetakan khusus. Cetakannya ini biasanya akan membentuk kue pukis setengah lingkaran. 

Namun dalam prakteknya, penjual kue pukis berkreasi agar jajanan buatannya ini semakin menarik minat pembeli. Ada yang membuat kue pukis seperti jaring laba-laba dan yang terbaru adalah kue pukis kaki seribu.

Masih menggunakan cetakan yang sama, para penjual kue pukis ini semakin laris. Berikut ulasan video viral kue pukis laba-laba dan kaki seribu yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Kamis, 4 Mei 2023.

 
4 dari 4 halaman

Kue Pukis Laba-Laba dan Kaki Seribu

Mengutip dari akun Twitter @MakanMasak baru-baru ini video pembuatan kue pukis laba-laba menjadi viral. Pasalnya, kue pukis yang nikmat dan mudah ditemui di aneka jajanan tradisional ini mempunyai bentuk yang unik.

Masih menggunakan cetakan khusus seperti biasanya, penjualnya memasak kue pukis pada bagian tengah cetakan. Ditambah meses seperti biasa, kue pukis ini terlihat lebih menarik.

"Goodbye Pukis laba-laba, Welcome Pukis Kaki Seribu," tulis akun @MakanMasak

Sebelumnya, kue pukis yang hanya berbentuk setengah lingkaran, kini tampil lebih menarik. Ada pula kue pukis laba-laba yang sebelumnya cukup populer. Kue pukis ini diberi nama demikian karena memiliki tampilan seperti jaring laba-laba. Saat dimakan kue pukis ini bukannya lembut, tapi lebih kriuk karena adonannya yang lebih tipis dari kue pukis biasanya.

Seiring perkembangan zaman, kue pukis pun mengalami modifikasi rasa dan warna hingga memiliki tampilan menarik. Variasi rasa serta topping pun bermacam-macam, ada coklat, nanas, pandan,dan sukade (manisan pepaya yang warna-warni untuk topping) dan banyak lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini