Sukses

Viral Rumah Makan Gratis Tanpa Syarat di Tangerang, Sediakan hingga 500 Porsi per Hari

Biasanya rumah makan atau warteg memberikan makanan gratis untuk warga khusus di hari Jumat sebagai cara berbagi dengan sesama. Namun sebuah rumah makan dibuka khusus untuk memberi makan gratis di Tangerang, hingga menjadi viral.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya rumah makan atau warung Tegal (warteg) memberikan makanan gratis untuk warga khusus di hari Jumat sebagai cara berbagi dengan sesama. Namun sebuah rumah makan dibuka khusus untuk memberi makan gratis di Tangerang, hingga menjadi viral.

"Yang lagi viral di Tangerang nih, ada rumah makan gratis yang tanpa syarat," ungkap pembuat konten yang diunggah di akun @tngku.id pada Rabu, 29 November 2023.

Terlihat dalam video, nama tempat tersebut adalah Rumah Makan Gratis. Di depan pintu masuknya ada tagline, "Sekarang diberi, besok memberi". 

Lokasi rumah makan gratis ini berada di Jalan A. Damyati Sukasari, Kota Tangerang. Tempat ini menyediakan 300 hingga 500 porsi setiap harinya. 

Disebutkan bahwa siapa saja boleh makan di tempat ini. Tidak ada syarat tertentu dan embel-embel bahwa makan gratis hanya untuk orang tidak mampu. 

Meski merupakan rumah makan gratis, tempat yang disediakan bukan ala kadarnya. Bangunannya tampak rapi dan terdapat televisi serta tanaman di sudutnya, di luar juga terdapat area parkir untuk sepeda motor pengunjung.

Tampak rumah makan yang ramai oleh pengunjung itu diisi oleh para warga dan kebanyakan adalah pelajar dan mahasiswa. Hal ini terlihat dari seragam yang mereka pakai. 

"Mereka tertib dalam mengantre dan juga setelah makan piring dan alat makannya di tempat yang sudah disediakan. Nah, kalian pernah coba belum ke rumah makan gratis ini?" tanya pembuat konten di akhir video. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Komentar Warganet

Konten yang viral tersebut mendapat lebih dari 13,8 ribu tanda suka dan komentar beragam dari warganet. "Coba pemerintah adain tiap desa ada rumah makan gratis, berkah InsyaAllah negeri ini," kata warganet.

"Pengen coba, tapi ngerasa nggak pantes kalo masih bisa beli mah. Lebih baik buat yang emang ngebutuhin aja," sambung yang lain.

"Orang kaya sesungguhnya. Mudah-mudahan semua yang terlibat di rumah makan gratis diberi pahala yang berlimpah," komentar yang lain lagi.

"Ini yang punya seleb TikTok bukan sih, tempatnya kek nggak asing," tulis warganet bertanya-tanya.

"Kalau warung sekitarnya gimana ka yang berbayar apakah tetap ada yang beli juga?" tanya warganet.

"Ya Allah mau punya yang begini ya Allah. Insya Allah suatu saat terwujud amin Allahuma amin," harap warganet.

"Cuma pengen ngucapin terima kasih ke orang baik. Siapa pun yang terlibat dalam rumah makan gratis semoga selalu diberkati Tuhan. Amin," doa warganet.

3 dari 4 halaman

Rumah Makan Gratis Ternyata Milik Richard Theodore

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Kamis (30/11/2023), pengusaha muda sekaligus konten kreator Richard Theodore kembali melakukan aksi sosial. Setelah viral dengan memborong BBM di sebuah SPBU di Bintaro, Jakarta Selatan dan jajanan di Pasar Lama, Tangerang, pria yang akrab disapa Bang Rich itu membuka Rumah Makan Gratis.

"Sejumlah menu yang menggugah selera bakal disajikan di rumah makan ini, mulai dari ayam goreng, rendang, tempe orek, tahu, telur balado, dan berbagai makanan serta minuman lainnya," kata Richard ketika membuka secara resmi Rumah Makan Gratis, pada 16 November 2023.

Acara peresmian pun dihadiri oleh Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dan sejumlah influencer ternama di Tanah Air.  Richard mengatakan, hadirnya Rumah Makan Gratis tersebut dilatarbelakangi keinginannya untuk menyediakan tempat makan yang nyaman serta bisa dinikmati oleh setiap orang secara gratis.

"Yang melatarbelakangi adalah saya ingin membuat tempat makan yang bisa dinikmati semua kalangan tanpa terkecuali secara gratis," ujar Richard.

4 dari 4 halaman

Sebagai Bentuk Perayaan Ulang Tahun

Karena itu, tidak ada syarat khusus untuk bisa menikmati beragam menu makanan secara gratis sehingga siapa saja boleh makan di Rumah Makan Gratis tersebut. "Makanya tidak ada embel-embel rumah makan gratis untuk orang miskin atau tidak mampu. Jadi, diharapkan semua kalangan siapapun itu bisa makan di rumah makan gratis ini," kata Richard.

Pembukaan Rumah Makan Gratis ini sekaligus menjadi suatu terobosan yang dilakukan oleh Richard di hari ulang tahunnya yang ke-29 tahun pada 16 November 2023. Richard merasakan kebahagiaan tersendiri ketika melihat orang lain merasa senang saat dirinya tengah berbagi dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Sebelumnya, nama Richard Theodore sempat jadi sorotan di jagat maya lantaran menyebut orang NTT tak jujur setelah HP miliknya tertinggal di sebuah warung. Setelah riuh konten itu dan dia pun dihujat warganet, muncul isi cuitan di Twitter tentang kronologi versi pemilik warung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini