Sukses

Rendang Disebut Berasal dari Malaysia hingga Bangladesh, Warganet Geregetan

Popularitas rendang telah terkenal ke luar negeri. Bahkan, hidangan berbahan dasar daging asal Sumatera Barat tersebut dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN pada 2016 dan 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas rendang telah sampai ke luar negeri. Bahkan, hidangan berbahan dasar daging asal Sumatera Barat tersebut dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN pada 2016 dan 2017.

Namun, tidak semua orang mengetahui bahwa rendang berasal dari Indonesia. Salah satunya terlihat dari sebuah video yang diunggah TikToker @adhityappeo yang bertanya ke beberapa orang di Malaysia soal dari mana rendang berasal.

Beberapa dari mereka menjawab rendang berasal dari Malaysia. Bahkan, seorang warga Malaysia mengklaim sajian yang kaya akan bumbu rempah-rempah tersebut dari Bangladesh.

Video berdurasi 48 detik itu dimulai ketika ia bertanya kepada seorang pria yang tengah duduk di tengah keramaian malam Negeri Jiran. "Awak tahu rendang tak?" tanyanya sembari menyodorkan mikrofon ke pria tersebut.

"Tahu," jawabnya singkat. TikToker itu bertanya lagi, "Rendang tuh dari negara mana?"

"Uh, Malaysia," kata pria tersebut.

Video beralih saat Adhitya bertanya hal yang sama ke orang lainnya dan mayoritas dari mereka menyebut Malaysia. "Halo bang, awak tahu rendang tak? Rendang dari negara mana?" tanyanya.

Pria berbusana kuning itu dengan mantap menyebut, "Bangladesh."

Menuju penghujung video, seorang ibu yang tengah membawa beberapa buket bunga turut ditanyai pertanyaan senada. "Negara India Bangladesh," kata ibu tersebut.

TikToker itu menutup videonya dengan pertanyaan, "Jadi menurut kalian, rendang dari negara mana? Komen di bawah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramai Komentar Warganet

Sejak diunggah pada 11 Agustus 2023 lalu, video tersebut telah disaksikan lebih dari 6,2 juta kali. Video yang disukai lebih dari 267 ribu itu juga dipenuhi dengan beragam komentar dari warganet.

"Tetangga sebelah emang gitu 😁😁," bunyi salah satu komentar.

Tanggapan lainnya berbunyi, "Gregetan gua coo 😁😁."

"orang yang bilang rendang dari Malaysia aja ragu-ragu bilangnya, jelas Indonesia lah dari Sumatra barat Padang 🇮🇩," komentar salah seorang warganet.

"Orang Malaysia Ini sekolahnya di tepi gerbang😂," lanjut lainnya.

Respons lainnya berbunyi, "bangladesh agak laen."

"haha haha haha lawak rendang ya dari indo lah hah hahhah lawak," lanjut lainnya.

Warganet lain menyebut, "rendang itu dari Indonesia dari Sumatra Barat atau Padang merekanya mungkin ga tau."

"jadi gini rendang dari Indonesia yang ada di Sumatra Barat yaitu padang tapi yang di Malaysia versi dia sendiri jadi itu rendang khas Indonesia," ungkap lainnya.

"salfok rendang dari bangladesh kira2 pake daging apa ya," jelas lainnya.

3 dari 4 halaman

Rendang Kembali Masuk Daftar 50 Makanan Terbaik di Dunia Versi CNN

Tak hanya diakui di Indonesia, rendang juga sudah beberapa kali masuk daftar makanan terbaik atau terenak di dunia. Dari banyaknya sajian makanan autentik di semua negara, ada sekitar 50 makanan utama yang dipilih CNN sebagai makanan terbaik di dunia.

Menariknya, makanan dari wilayah Asia Tenggara, yaitu kari massaman (Massaman Curry) asal Thailand berhasil menempati urutan nomor satu di 2021. Sedangkan, popcorn atau berondong jagung yang seringkali dijadikan sebagai camilan saat menonton, masuk sebagai urutan terakhir dari daftar tersebut.

Rendang juga kembali masuk dalam daftar tersebut. Dilansir dari laman resmi CNN, Selasa, 4 Mei 2021, makanan yang umumnya terbuat dari daging sapi ini menempati peringkat ke-11 di dunia.

Dalam laporannya, CNN menulis bahwa rendang merupakan, "Daging sapi yang direbus perlahan dengan santan dan campuran (rempah) serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe, dan cabai. Lalu, dibiarkan direbus selama beberapa jam untuk membuat sajian yang empuk dan lezat."

Mereka juga menyarankan, untuk mengonsumsi rendang ketika baru matang akan membuat kamu ketagihan. Namun, beberapa orang justru menyukai rendang kalau sudah didiamkan semalaman. Rendang juga bisa disimpan selama berhari-hari dan rasanya tetap enak.

4 dari 4 halaman

Chef Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang Padang dari William Wongso

Kelezatan rendang membuat chef celebrity, Gordon Ramsay, datang jauh-jauh ke Indonesia. Ramsay belajar memasak rendang dari chef senior dan pakar kuliner Indonesia, William Wongso. Ramsay juga pernah belajar memasak rendang Malaysia sebelumnya.

Tak hanya belajar memasak rendang, Ramsay juga memasak berbagai kuliner khas Sumatera Barat dan mempelajari berbagai budaya daerah tersebut. Dilansir dari laman National Geographic serta akun Instagram Gordon Ramsay dan William Wongso, semua itu akan terangkum dalam program 'Gordon Ramsay: Uncharted'.

Proses syuting sudah dilakukan pada Januari 2020 di Bukittinggi dan beberapa daerah lainnya di Sumatera Barat. Gordon Ramsay menjelajahi sejumlah budaya khas Sumatera Barat untuk syuting Uncharted.

Di sana ia belajar masak rendang bersama pakar kuliner Indonesia, William Wongso. Saat itu, tak ada publikasi besar-besaran tentang kedatangan Ramsay. Kedatangannya hanya diketahui dari unggahan-unggahan orang lain yang bertemu dengannya di sana. Ada juga 'clue' berupa foto Gua Ngalau Simarasok yang diunggah koki asal Inggris tersebut di akun Instagramnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini