Sukses

Gelar MasterChef Indonesia Season 11 Diraih Belinda, Penilaian Juri Dipertanyakan Warganet

Pemenang terbaru dari acara pencarian bakat memasak, MasterChef Indonesia Season 11 telah diumumkan. Belinda Christina sukses menyabet gelar juara setelah lebih unggul dalam melawan Kiki di pertarungan terakhir Grand Final MasterChef Indonesia Season 11, pada Minggu, 26 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pemenang terbaru dari acara pencarian bakat memasak, MasterChef Indonesia Season 11 telah diumumkan. Belinda Christina sukses menyabet gelar juara setelah mengungguli Kiki di pertarungan terakhir Grand Final MasterChef Indonesia Season 11, pada Minggu, 26 November 2023.

Skor kedua kontestan tersebut hanya berbeda tipis. Belinda unggul 10 poin dari Kiki dengan nilai total 1.867, dengan rincian nilai ronde pertama 746, ronde kedua 342, dan ronde ketiga 779. Sedangkan, nilai keseluruhan Kiki berada di 1.857 dengan rincian nilai ronde satu 727, ronde dua 355, dan ronde tiga 775.

Belinda membawa pulang piala MasterChef Indonesia. Bukan hanya itu saja, ia juga mendapatkan hadiah uang sebesar Rp100 juta dan satu unit mobil.

"Seneng banget rasanya bisa dapat apresiasi, aku bakal gunakan uang ini sebaik-baiknya, aku akan pakai mungkin untuk modal restoranku nantinya, ataupun aku bakal tabung," ungkap Belinda di Ceremony Kemenangan Master Chef Indonesia, dikutip dari Kanal YouTube MasterChef Indonesia, Senin (27/11/2023).

Ia juga mengungkapkan bahwa kemenangan tersebut merupakan suatu kebanggaan untuk dirinya. "Piala yang sudah aku incar dari audisi, yang aku lihat di TV dan benar-benar tidak menyangka bisa aku dapatkan, ternyata sekarang bisa aku dapatkan. Ini suatu kebanggaan banget dan aku bangga sama diri aku sendiri,"  jelas Belinda.

Sedangkan Kiki mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp50 juta dan satu unit mobil. "Aku akan menggunakan hadiah ini untuk terus mengembangkan skill ku, terus bekerja di dapur, dan terus menciptakan kreasi-kreasi baru, terkhusus untuk mengangkat makanan-makanan Nusantara di Indonesia," ungkap Kiki dalam kesempatan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Terima Kasih Belinda di Akun Instagramnya

Acara pengumuman pemenang tersebut turut dihadiri oleh bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan istrinya Siti Atikoh. Pada kesempatan itu, Ganjar juga menyampaikan apresiasinya kepada kedua kontestan.

"Kepada Kiki dan Belinda saya mau menyampaikan selamat, Anda berdua luar biasa. Kalau saya melihat, pasti Anda merepresentasikan anak muda yang sangat kreatif, sangat inovatif, dan pasti mampu untuk berpikir, mengisi ruang-ruang kreatif yang ada di Indonesia," ungkap Ganjar.

"Kalian pasti akan menjadi chef besar dan kemudian tolong sampaikan ke dunia, Anda layak menjadi diplomat chef Indonesia," tambahnya.

Ucapan syukur atas kemenangannya juga disampaikan oleh Belinda di akun Instagram pribadinya yaitu @belinda.mci11, pada sebuah keterangan foto Instagram yang diunggah pada Minggu, 26 November 2023. Dalam keterangan itu ia juga menuliskan rasa terima kasih atas seluruh dukungan yang diberikan kepadanya. 

"Benar-benar kehilangan kata-kata karena kehangatan dan dukungan semua orang di sekitarku, aku tidak akan berhasil tanpa kalian semua!," tulisnya.

"air mata terus-menerus, perasaan gagal, selalu meragukan diri sendiri, rasa takut yang tak pernah berakhir di galeri semua sudah lewat dan ya itu sangat berharga setiap detiknya, setiap stres dan pengorbanan untuk ada di titik ini sekarang," ungkapnya pada keterangan unggahan tersebut.

3 dari 4 halaman

Warganet Protes

Namun, kemenangan Belinda menuai kontroversi. Warganet bahkan mempertanyakan soal penilaian dari para juri.

"The worst season ever. @junarorimpandeyofficial @renattamoeloek merupakan contoh juri yang tidak punya integritas terhadap dunia kuliner. Semoga season berikutnya mereka berdua tidak lagi ada di MCI," bunyi salah satu komentar.

Respons lainnya berbunyi, "Wkwkwkwkw next jurinya ganti semuaaa gila parah masterchef sekarang😂😂😂😂😂😂."

"Ga respect sama chef mau aja nurut disetting takut ga dapet job atau gmn," lanjut komentar lain.

"Kya gini bikin hilang respect sama ke 3 juri acara ini. terlalu jauh ekspetasi saya tapi nyata nya nol," bunyi komentar lainnya.

Warganet lainnya menulis, ""jadilah pemenang di setiap tantangan" 😂 itu kalimat gak guna hahah."

"Pengaturan skor, match fixing, calcio poli juga ada didunia masak ya 😂. Udah balikin aja pialanya dari pada jadi aib seumur idup," ungkap lainnya.

Komentar lain berbunyi, "Baru kali nie juara masterchef skillnya standart bahkan bs dibilang msh dibawah juara 2🤣🤣🤣, ga malu atuh ci jadi juara🤭🤭🤭."

 

4 dari 4 halaman

Siwon Choi Jadi Juri Tamu MasterChef

Sebelumnya,  MasterChef pernah mendatangkan juri tamu yaitu pesohor asal Korea Selatan Siwon Choi pada salah satu episodenya. Dikutip dari kanal ShowBiz Liputan6.com, Selasa, 24 Oktober 2023,  dengan membawa bahan makanan istimewa, pemilik nama lokal Mas Agung ini akan mencicipi makanan para kontestan dan memberikan komentar terkait makanan yang mereka buat. Kali ini, para kontestan akan dibagi menjadi tiga tim yang harus menyelesaikan tantangan dengan menyajikan masakan yang dikombinasikan dengan bumbu Korea.

Acara ini berlangsung dengan Siwon Choi yang merasa puas dengan masakan mereka dan melakukan sesi foto bersama dengan artis kelahiran 1986 tersebut di akhir acara. Foto kontestan dan Siwon pun diunggah melalui akun Instagram resmi MasterChef Indonesia.

Tidak mau ketinggalan, Renata Moeloek sebagai juri dalam acara tersebut pun juga mengunggah potret dirinya saat menjadi juri dengan Siwon. Dalam unggahan Instagramnya pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023, Renata mengunggah beberapa potret dirinya bersama Chef Juna dengan Siwon saat menjadi juri dan juri tamu di acara MasterChef Indonesia Musim 11.

"With today's special guest at @masterchefina, @siwonchoi . It was very fun indeed !" tulis Renata dalam kolom deskripsi singkatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini