Sukses

Gagal Masuk Top 20 Miss Universe 2023, Wakil Indonesia Fabienne Nicole Ungkap Makna Gaun Finalnya

Usai sudah perjalanan wakil Indonesia, Fabienne Nicole, di perhelatan Miss Universe 2023. Malam puncak penobatan ratu kecantikan itu telah berlangsung di El Salvador, Sabtu, 18 November 2023, waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Usai sudah perjalanan wakil Indonesia, Fabienne Nicole, di perhelatan Miss Universe 2023. Malam puncak penobatan ratu kecantikan itu telah berlangsung di El Salvador, Sabtu, 18 November 2023, waktu setempat. Fabienne gagal masuk Top 20.

Kendati demikian, ia tetap mengomunikasikan makna yang dibawanya ke panggung Miss Universe tahun ini. Salah satunya diungkap melalui gaun final yang dikenakannya. Di unggahan Instagram-nya, baru-baru ini, strapless dress itu disebut bertema "Embracing the Power of Red and Environmental Awareness."

Fabienne menulis dalam bahasa Inggris yang artinya, "Saat memilih warna merah untuk gaun final saya, saya terinspirasi asosiasinya dengan keberanian, kekuatan, gairah, energi, dan kegembiraan dalam beraktivitas. Merah juga melambangkan kehidupan, menyerupai warna darah dan kehangatan."

"Terlebih lagi, ini menandakan kebesaran sekaligus mengingatkan kita akan konsekuensi besar dari kekerasan," imbuhnya. "Selain itu, saya memilih menggunakan bahan daur ulang untuk menyampaikan pesan peningkatan kesadaran lingkungan demi kelangsungan kehidupan di Bumi. ❤️‍🔥👑" Bersama unggahan yang dimaksud, ia juga menandai Yusus Isvania sebagai desainer busana tersebut. 

Sementara itu,  Miss Nicaragua 2023, Sheynnis Palacios, jadi finalis yang berhasil membawa pulang mahkota Miss Universe. Di malam puncak, Palacios berhasil mengungguli Miss Australia, Moraya Wilson dan Miss Thailand, Antonnia Porsild yang masuk Top 3 Miss Universe 2023. Mahkota Miss Universe pun diserahkan pemenang tahun lalu, R'Bonney Gabriel dari Amerika Serikat, dan dipakaikan ke kepala Miss Nicaragua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jawaban Pertanyaan Final Sheynnis Palacios

Bersama penobatan tersebut, sejarah juga mencatat Sheynnis Alondra Palacios sebagai Miss Universe pertama dari Nicaragua. Perempuan berusia 23 tahun ini berprofesi sebagai model dan presenter televisi. Ia merupakan lulusan Universidad Centroamericana dengan gelar sarjana jurusan komunikasi massa, lapor Hola.

Palacios tampil memukau di atas panggung dan lugas saat menjawab pertanyaan para juri Miss Universe 2023. Ketika diminta menyoroti kualitas terbaiknya, ia berbicara tentang kerendahan hati dan rasa syukur atas hal-hal kecil dalam hidup, lapor Marca.

Pertanyaan kedua lebih mendalam, "Jika Anda bisa hidup dalam posisi seorang wanita lain selama satu tahun, siapakah yang akan Anda pilih?" Tanggapannya pun memukau publik. "Saya akan memilih Mary Wollstonecraft (filsuf dan penulis Inggris), karena ia membuka celah dan memberi kesempatan pada banyak perempuan," sebut Palacios.

"Saya ingin kesenjangan tersebut terpatahkan sehingga lebih banyak perempuan dapat bekerja di bidang apapun yang mereka pilih karena tidak ada bidang di mana perempuan tidak dapat bekerja," ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Sorotan di Miss Universe 2023

Adapun Miss Thailand, Anntonia Porsild, meraih posisi 1st runner-up, dan Miss Australia, Moraya Wilson, jadi 2nd runner-up. Sebelumnya, mereka masuk Top 5 bersama Miss Kolombia dan Miss Puerto Riko. 

Tahun ini, kontestan dari 84 negara ikut serta dalam Miss Universe 2023. Dalam sejarah kontes kecantikan itu, Pakistan pertama kali berpartisipasi dan diwakili Erica Robin, yang mencapai babak semifinal. Miss Portugal Marina Machete dan Miss Belanda Rikkie Kolle jadi peserta transgender pertama dalam kontes tersebut.

Lalu, Camila Avella dari Kolombia menciptakan sejarah dengan jadi ibu pertama yang mencapai 10 besar di kontes Miss Universe. Namun, kontestan China, Jia Qi, mengundurkan diri dari kontes karena tidak dapat tiba di lokasi tepat waktu karena masalah visa, lapor Times of India. Ia akan mewakili China di kontes Miss Universe 2024.

Miss Congeniality, yang diberikan untuk pertama kalinya, dimenangkan Athenea Paulinha Perez Nsue dari Spanyol. Ia adalah wanita kulit berwarna pertama yang mewakili negaranya. Tuan rumah juga mengumumkan di akhir acara bahwa Miss Universe edisi ke-73 akan terselenggara di Meksiko.

4 dari 4 halaman

Top 20 dan Top 10 Babak Gaun Malam

Berikut Top 20 Miss Universe 2023

  1. Sheynnis Palacios dari Nikaragua
  2. Athenea Perez dari Spanyol
  3. Karla Guilfu dari Puerto Riko
  4. Jameela Uiras dari Namibia
  5. Diana Silva dari Venezuela
  6. Shweta Sharda dari India
  7. Anntonia Porsild dari Thailand
  8. Celeste Viel dari Chili
  9. Jordanne Levy dari Jamaika
  10. Noelia Voigt dari Amerika
  11. Jane Dipika Garrett dari Nepal
  12. Camila Escriben dari Peru
  13. Issie Princesse dari Kamerun
  14. Camila Avella dari Kolombia
  15. Erica Robin dari Pakistan
  16. Moraya Wilson dari Australia
  17. Michelle Dee dari Filipina
  18. Marina Parang dari Portugal
  19. Bryoni Govender dari Afrika Selatan
  20. Isabella García-Manzo dari El Salvador

Sementara itu, Top 10 Babak Gaun Malam di Miss Universe 2023 adalah:

  1. Karla Guilfu dari Puerto Riko
  2. Anntonia Porsild dari Thailand
  3. Camila Escriben dari Peru
  4. Camila Avella dari Kolombia
  5. Sheynnis Palacios dari Nikaragua
  6. Michelle Dee dari Filipina
  7. Isabella Garcia-Manzo dari El Salvador
  8. Diana Silva dari Venezuela
  9. Moraya Wilson dari Australia
  10. Athenea Perez dari Spanyol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini