Sukses

Viral Online Hack Menaruh Tisu Toilet di Kulkas, Apa Fungsinya?

Anda direkomendasikan menggunakan gulungan tisu toilet baru yang diletakkan di bagian belakang kulkas, jauh dari apapun yang dapat bocor, dan buang gulungan tersebut setelah tiga minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Menaruh tisu toilet di kulkas jadi salah satu online hack yang sedang viral di TikTok. Penggunaannya ternyata dikaitkan dengan menghilangkan bau tidak sedap di dalam lemari es. Bagaimana bisa?

Mengutip NY Post, Kamis, 9 November 2023, tisu toilet dipercaya menyerap kelembapan di udara yang dapat menyebabkan jamur, lumut, dan bau busuk, menurut Parade. Soda kue, yang hanya perlu diganti setiap tiga bulan, sebenarnya lebih umum digunakan untuk menetralisir bau.

Namun, menurut Parade, tisu toilet bisa digunakan dalam "keadaan darurat." Publikasi itu merekomendasikan menggunakan gulungan tisu toilet baru untuk diletakkan di bagian belakang kulkas, jauh dari apapun yang dapat bocor, dan buang gulungan tersebut setelah tiga minggu.

"Jangan mencoba menggunakan kembali gulungan tersebut di kamar mandi," outlet tersebut memperingatkan. Meski ada pewangi khusus kulkas yang tersedia di pasaran, cara lain untuk menetralisir bau di lemari es Anda adalah dengan menggunakan arang aktif, vanila, bubuk kopi, lemon, dan oat, catatnya.

Salah satu TikToker mengungkap bahwa bau busuk tersebut mungkin bukan berasal dari tumpahan misterius atau makanan busuk, melainkan "nampan" kulkas, yang terletak di bagian belakang lemari es dan menampung cairan apapun yang dikeluarkan.

Karena itu, ia merekomendasikan pembersihan bagian bawah dan belakang lemari es untuk memastikan remah-remah atau partikel bau hilang. Ada pula yang menyarankan tisu toilet dapat digunakan sebagai kompres dingin yang efektif, karena diklaim dapat mempertahankan dingin selama delapan jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Sembarangan Ikut Tren Online

Tidak semua online hack bisa dilakukan dengan cukup aman. Salah satunya, Anda sebaiknya tidak sembarangan mencoba trik memasak yang viral di TikTok maupun media sosial lain. Kasus seorang wanita berusia 37 tahun yang mencoba memasak telur rebus dalam microwave, bisa jadi alasan bagus untuk mempertimbangkannya.

Setelah mencoba memasak telur rebus di dalam microwave, seorang ibu bernama Shafia Bashir itu dilaporkan menderita luka bakar di wajah. "Rasa terbakarnya berlangsung selama 12 jam. Itu tidak berhenti," kata Bashir, dilansir dari Says, 2 Juni 2023.

Wanita yang tinggal di Inggris itu bercerita bahwa ia mengetahui tentang trik memasak itu sejak tiga tahun lalu. Tapi, ia terkejut ketika gagal mencoba mereplikasi proses "persis sama" seperti yang biasa ia lakukan. "Saya melakukannya persis seperti biasanya," katanya pada NY Post.

Ia menyambung, "Saya sudah lebih dulu membuat roti panggang, saya kelaparan!" Trik memasak telur rebus dalam microwave sebenarnya "sederhana," katanya.

3 dari 4 halaman

Derita Luka Bakar

Caranya, yakni:

  1. Isi cangkir dengan air mendidih.
  2. Pecahkan sebutir telur ke dalam cangkir berisi air.
  3. Buat lubang pada kuning telur, agar tidak meledak di dalam microwave.
  4. Masukkan cangkir ke dalam microwave selama sekitar satu menit.
  5. Pakai sendok untuk mengeluarkan telur rebus dari air.

Namun ketika Bashir menggunakan sendok dingin untuk mengeluarkan telur, telur itu meledak "seperti air mancur" dan membuat sisi kanan wajahnya menderita luka bakar. Insiden ini meninggalkan rasa sakit yang "paling menyiksa" dalam hidupnya, lapor The Independent.

Bashir mencoba mencuci wajahnya dengan air mengalir, tapi sensasi terbakar memaksanya bergegas ke unit gawat darurat rumah sakit. Ia dilaporkan meletakkan wajahnya di bawah keran selama tidak kurang dari 20 menit.

Ia kemudian menelepon seorang teman untuk datang menjaga putrinya agar ia bisa pergi ke rumah sakit. "Itu adalah waktu yang menakutkan bagi saya," kata ibu satu anak itu. "Saya benar-benar menderita."

Setelah luka itu diobati, tidak ada bekas luka di wajahnya. "Wajah saya sudah sembuh sekarang, untungnya tidak ada bekas luka. Saya menggunakan Vaseline, dan Sudocrem... apa pun yang bisa saya gunakan," kata perempuan yang kini bersumpah tidak akan pernah makan telur lagi.

4 dari 4 halaman

Sleepy Chicken

Sebelumnya, melansir NPR, 23 September 2022, cara memasak ayam menggunakan obat flu NyQuil, yang sempat viral di TikTok, telah ditentang Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Badan tersebut telah mengeluarkan peringatan tentang video di TikTok yang menantang orang memasak ayam di larutan NyQuil.

Obat itu tercatat mengandung acetaminophen, dextromethorphan, dan doxylamine, zat-zat yang umum didapati dalam obat batuk dan pilek yang dijual bebas, menurut FDA. "Merebus obat dapat membuatnya lebih terkonsentrasi dan mengubah sifatnya dengan cara berbeda," kata peringatan itu.

Mereka menambahkan, "Bahkan jika Anda tidak makan ayam, menghirup uap obat saat memasak dapat menyebabkan tingkat obat yang tinggi masuk ke tubuh Anda. Itu juga bisa melukai paru-paru Anda."

TikTok telah memperingati tantangan yang dikenal sebagai #sleepychicken tersebut. Saat mencari video terkait di TikTok, pengguna akan disambut dengan pesan, "Beberapa tantangan online bisa berbahaya, mengganggu, bahkan dibuat-buat."

"Pelajari cara mengenali tantangan berbahaya, sehingga Anda dapat melindungi kesehatan dan kesejahteraan Anda," imbuh platform tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.