Sukses

Mengintip Studio Live Streaming Lazada, Penjual Online Bisa Pinjam untuk Siaran Langsung

Lazada hadirkan fitur live streaming untuk para penjual. Untuk mendukungnya, perusahaan ini juga menyediakan studio yang bisa dipinjam oleh para penjual agar produksi konten lebih maksimal.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemain e-commerce berlomba-lomba menghadirkan berbagai inovasi untuk menarik pelanggan. Salah satunya adalah Lazada yang mengusung konsep shoppertainment. Konsep itu menggabungkan konten belanja yang menghibur dan interaktif untuk para pengguna yang diwujudkan dengan  menghadirkan fitur live streaming dan gamification. 

"Fitur tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman lebih untuk konsumen sehingga bukan hanya mendapatkan produk dengan harga yang murah dengan kualitas baik, tapi juga mendapatkan edit value pada entertaiment di aplikasi kami," ungkap Ogie Baringbing, Head of Livestreaming Lazada Indonesia, saat ditemui di Media Luncheon - Lazada Bocorkan Peluang Untuk Penjual dan UMKM Naik KeLaz, Jakarta Selatan, Kamis, 9 November 2023.

Pada fitur gamification, perusahaan ini menyediakan berbagai permainan dengan hadiah yang menarik seperti voucher belanja. Permainan itu dihadirkan sebagai upaya dalam membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.

Dalam fitur siaran langsungnya yang diberi nama LazLive, para penjual dapat mempromosikan barang dengan membuat konten video, ataupun bekerja sama dengan pihak ketiga yang telah mendaftar menjadi streamer, yaitu LazTalent. 

"Live stream memudahkan interaksi dari para penjual dan konsumen secara langsung (real-time)," jelas Ogie.

Daya pikat fitur ini adalah pelanggan dapat berinteraksi dengan penjual dengan fitur generik seperti like, komen, dan share. Fitur ini juga menyediakan berbagai hadiah untuk para penonton, seperti voucher dan in live price yang memungkinkan konsumen mendapatkan diskon saat menonton siaran langsung tersebut, yang ia sebut seperti tawar-menawar secara online dan langsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjual Bisa Pinjam Studio

Untuk mendukung para penjual agar lebih rajin membuat konten, perusahaan tersebut juga menyediakan seminar, webinar, dan modul. Hal ini dilakukan agar para penjual dapat mempersiapkan live stream dan mengerti tata cara untuk mengoperasikan fitur tersebut.

Selain edukasi, perusahaan ini juga menyediakan studio agar para penjual dapat memproduksi konten siaran langsung dengan lebih maksimal. Perusahaan ini memiliki tiga studio, namun hanya satu studio yang disiapkan untuk produksi konten para penjual. Saat ini studio hanya tersedia di kantor Lazada di Jakarta.

Untuk para penjual yang berminat meminjam studio, perusahaan ini tidak menyediakan peralatan seperti kamera, pencahayaan, dan alat-alat pendukung lainnya, dan hanya menyediakan tempat. Peralatan akan dikembalikan kepada penjual yang ingin membuat konten.

Dalam kesempatan yang sama, Fitriah Rahmawati, Vice President, Business Development Lazada Indonesia, menjelaskan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar penjual dapat meminjam studio live streaming. Sebelum menggunakan studio, penjual harus melakukan registrasi kepada KAM (Key Account Manager) yaitu staf yang disiapkan untuk membantu para penjual Lazada.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Peminjaman

"Biasanya akan kita komunikasikan kapan studio itu tersedia dan bisa dipakai. Kita juga memiliki daftar penjual yang memang melakukan live streaming. Tidak semua penjual live streaming, maka dari itu kita akan menawarkan kepada penjual yang memang sudah melakukan hal tersebut," jelas Fitriah.

Penjual akan melakukan live stream pada aplikasi Seller Center yang dikhususkan untuk para penjual. Selanjutnya, video yang dihasilkan dapat ditonton di aplikasi Lazada. 

Untuk menggunakan fitur tersebut, para penjual tidak dipungut biaya sepeserpun. Perusahaan itu juga menyediakan berbagai program pendukung seperti 0 komisi untuk penjual baru selama tiga bulan, dan tidak dikenakan biaya apapun jika ada transaksi yang terjadi pada saat live stream.

"Penjual menerima uangnya secara langsung," ungkap Fitriah.

Bagi para penjual yang tidak percaya diri untuk tampil di depan umum untuk menjelaskan produknya, perusahaan ini juga menyediakan komunitas LazTalent yang akan membantu proses live streaming. LazTalent adalah pengguna aplikasi lazada yang mendaftar untuk menjadi pembicara dan menjual produk saat siaran langsung.

4 dari 4 halaman

Keuntungan Menjadi LazTalent

Akan ada berbagai keuntungan untuk pengguna aplikasi yang mendaftar menjadi LazTalent. Ogie menjelaskan, bahwa pengguna yang mendaftar bisa mendapatkan insentif yang berupa voucher belanja. Dengan menjual produk afiliasi dalam jumlah tertentu, para pengguna juga bisa mendapatkan komisi. 

Ia juga menjelaskan seiring dengan semakin banyaknya orang yang percaya diri untuk tampil di depan kamera, maka peminat untuk menjadi talenta live streaming juga semakin banyak. Hal itu dibuktikan dengan komunitas LazTalent yang semakin besar setiap tahunnya, dengan jumlah tertinggi dibandingkan lima negara lain tempat perusahaan tersebut beroperasi.

Lebih lanjut, Ogie menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memproduksi konten live streaming yang ia sebut sebagai, FAME. F merupakan singkatan dari fun, yakni konten yang dibuat harus menarik dan membuat orang betah menonton, yang dapat dilakukan dengan menghadirkan giveaway ataupun challenge. A adalah singkatan dari attractive, yakni pembawa acara harus berpenampilan menarik dengan lokasi live stream yang sesuai.

Selanjutnya, M adalah singkatan untuk meaningful, yang berarti ada pesan yang ingin disampaikan oleh penonton. E adalah singkatan untuk engaging karena terjadi komunikasi dua arah dari penonton dan pembawa acara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.