Sukses

Presiden Jokowi Pimpin Ground Breaking Proyek Pakuwon Nusantara di IKN, Bakal Bangun Hotel hingga Pusat Perbelanjaan

PT Pakuwon Jati Tbk, melalui entitas anaknya, PT Pakuwon Nusantara Abadi (PNA), menandai dimulainya pembangunan superblok di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan ground breaking pada Rabu, 1 November 2023. Prosesi ini yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Jakarta - PT Pakuwon Jati Tbk, melalui entitas anaknya, PT Pakuwon Nusantara Abadi (PNA), menandai dimulainya pembangunan superblok di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan ground breaking pada Rabu, 1 November 2023. Prosesi ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, pembangunan proyek superblok yang bernama "Pakuwon Nusantara" ini berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan nilai investasi sebesar Rp5 triliun. Presiden Direktur PT Pakuwon Nusantara Abadi, Eiffel Tedja optimistis mengatakan bahwa pembangunan superblok di IKN tersebut akan sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

"Momentum ground breaking Pakuwon Nusantara menjadi penanda dukungan penuh Pakuwon untuk Ibu Kota Negara (IKN)," kata Eiffel Tedja.

Ia menambahkan bahwa, "Selain Pakuwon Nusantara, saat ini kami memiliki proyek superblok baru dalam pipeline di Bekasi, Batam dan Semarang, yang kelak setelah beroperasi akan memperbesar portofolio empat existing superblok kami di Jakarta dan Surabaya."

Proyek pembangunan superblok Pakuwon Nusantara memiliki lahan seluas 7,2 hektare yang berlokasi strategis di Kawasan Sumbu Kebangsaan, tepat di depan tugu "Titik Nol". Grup Pakuwon terkenal dengan beragam proyek pusat perbelanjaan ternama di Jakarta, seperti Mal Kota Kasablanka dan Plaza Blok M.

Dengan menggandeng grup Marriott International, proyek Pakuwon Nusantara akan membangun Hotel Four Points by Sheraton, disusul dengan pembangunan pusat perbelanjaan, Hotel Tribute Portfolio by Marriott, Hotel Westin, dan ballroom. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsep Desain Teras langit

Konsep pembangunan pusat perbelanjaan Pakuwon Nusantara ini akan mengusung desain yang menyatu dengan konsep teras langit dari alam terbuka yang hijau. Mereka akan menyuguhkan pemandangan langsung ke lembah dan sungai yang berada tepat di samping gedung pusat perbelanjaan, sehingga sangat mendukung suasana hangout, sejuk, modern dengan alam yang asri.

Pembangunan superblok "Pakuwon Nusantara" adalah salah satu upaya untuk terus memperbesar basis sumber pendapatan berkelanjutan dan diversifikasi geografis Pakuwon. Perseroan juga memandang investasi ini sebagai wujud peran pengusaha swasta untuk pemerataan pembangunan di Indonesia.

Dikutip dari Bisnis Liputan6.com, Jokowi meminta investor tidak terlambat dalam menanamkan investasinya. Mengingat, ada akses di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan rampung dalam waktu dekat.

Jokowi menyebut, setidaknya ada dua akses yang akan selesai di Juni 2024. Pertama, Bandara IKN yang sudah mulai dikerjakan dan akan beroperasi awal di Juni 2024. Kedua adalah jalan tol yang target rampungnya juga di Juni 2024.

3 dari 4 halaman

Pakuwon Jati Bangun Hotel hingga Mal di IKN, Jokowi Minta Investor Lain Jangan Telat

"Kalau dua ini selesai, jalan tolnya rampung, airport-nya selesai saya yakin kalau yang terlambat memulai investasinya di Ibu Kota Nusantara bapak ibu akan ketinggalan," ujarnya saat Groundbreaking Pakuwon Nusantara, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 1 November 2023.

Ia mengapresiasi langkah yang dibuat PT Pakuwon Jati Tbk yang membangun superblok di IKN. Ini akan mencakup hotel, apartemen, hingga mal di atas lahan seluas 7,2 hektare. Jokowi membidik, setelah bandara dan jalan tol itu rampung, bisa mengundang banyak investor datang menanamkan investasinya di IKN Nusantara.

"Saya kira saya sangat mengapresiasi PT Pakuwon yang sudah merancang bangunan seperti kita lihat untuk apartemen, untuk hotel, untuk mal, saya yakin kalau semuanya memulai dan jalan-airport itu selesai, akan berbondong investor datang ke Nusantara," jelasnya.

Pada kesempatan ini, Jokowi memberikan testimoni dari hadirnya jalan tol di IKN. Utamanya atas manfaat untuk memangkas waktu tempuh dari 2 jam lebih menjadi hanya 45 menit.

4 dari 4 halaman

Pangkas Waktu Tempuh

"Pagi tadi saya udah mencoba yang jalan tol baru, sudah tembus, jalan tolnya sudha tembus dan waktu yang ditempuh nanti kurang lebih 45 menit dari Balikpapan ke Nusantara," ungkapnya.

Sama halnya dengan Bandara IKN. Menurutnya, ini membuka konektivitas dari jalur udara ke pusat IKN. "Setelah itu, pagi tadi kita juga baru groundbreaking airport, Bandara Nusantara yang anggarannya kita akan keluarkan Rp 4,2 triliun, nanti akan selesai bulan Juni 2024 dan bisa didarati oleh pesawat-pesawat badan lebar," kata dia.

Jokowi meminta Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono untuk mendahulukan investor dalam negeri di wilayah IKN Nusantara. Salah satu tujuannya agar pengusaha dalam negeri memiliki porsi untuk membangun di IKN.

Dia menegaskan hal itu penting dilakukan untuk memberikan porsi bagi pengusaha dalam negeri di IKN. Mengingat lagi, sudah banyak investor luar negeri yang sudah menyatakan minat. "Saya sampaikan kepada kepala Otorita, dahulukan dulu investor dalam negeri," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.