Sukses

Tak Sekedar Percantik Kuku, Studi Ungkap Manfaat Manicure di Salon untuk Kesehatan Mental

Merawat kuku di salon alias manicure dapat memberikan dorongan positif pada kondisi psikologis seseorang yang akan memengaruhi kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perawatan kuku alias manicure, khususnya di salon, kerap dilakukan sejumlah perempuan untuk mempercantik kuku mereka. Namun, hasil riset terbaru para peneliti menemukan korelasi antara manicure dengan kesehatan mental seseorang.

Mengutip dari laman New York Post, Jumat, 3 November 2023, obrolan tentang hobi dan kehidupan sehari-hari dengan terapis kuku dikaitkan dengan peningkatan emosi positif, relaksasi, dan vitalitas, menurut penelitian yang diterbitkan pada September 2023 di Frontiers in Psychology. Diskusi yang lebih mendalam saat proses manikur, terutama tentang ciri-ciri kepribadian negatif tidak ditemukan.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa melakukan perawatan kuku di salon, ditambah dengan keterbukaan diri, dapat memberikan dorongan positif pada kondisi psikologis seseorang," penulis studi Atsushi Kawakubo, seorang profesor di Saitama Gakuen University di Jepang, mengatakan kepada PsyPost pekan lalu.

Ia menyambung, "Praktik ini menawarkan cara nyata bagi individu untuk meningkatkan kesejahteraan mental mereka, menekankan pentingnya perawatan diri dan potensi manfaat dari berbagi pemikiran pribadi dalam suasana yang nyaman."

Para peneliti dari dua universitas di Jepang melakukan survei online terhadap sekitar 500 wanita berusia awal 20-an hingga akhir 30-an. Peserta menilai emosi dan sikap mereka selama sesi perawatan kuku menggunakan skala empat poin yang berkisar dari "tidak sama sekali" hingga "sangat." 

Mereka juga berbagi seberapa banyak mereka mendiskusikan berbagai topik seperti hobi, kehidupan sehari-hari, pengalaman sulit, hambatan pribadi, dan ciri-ciri kepribadian negatif dengan terapis manikur. Jawaban diberi skor pada skala tujuh poin. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan Antara Perawatan Diri dan Kesehatan Mental

Kawakubo melanjutkan, "Saya menjadi tertarik dengan topik ini karena semakin banyak penelitian tentang titik temu antara praktik perawatan diri dan dampaknya terhadap kesejahteraan mental."

"Gagasan bahwa sesuatu yang tampak sederhana seperti perawatan kuku di salon, dikombinasikan dengan pengungkapan diri, dapat berefek psikologis yang berarti membuat saya penasaran. Saya ingin mengeksplorasi potensi daerah yang belum banyak dipelajari ini," jelasnya lagi.

Kawakubo mencatat keterbatasan dalam penelitian ini, termasuk ukuran sampel yang sempit dan data yang dilaporkan sendiri. Namun, temuan ini "menekankan pentingnya praktik perawatan diri di dunia yang serba cepat."

"Terlibat dalam aktivitas yang memungkinkan individu untuk rileks, berefleksi, dan mengungkapkan diri dapat menjadi komponen berharga dalam menjaga kesehatan mental yang baik," tutup Kawakubo.​

Diketahui manicure dan pedicure merupakan salah satu cara memanjakan kuku. Meskipun sangat menyenangkan untuk mengecat kuku, ada beberapa alasan bagus mengapa ini harus lebih dari sekadar pengalaman menyenangkan saja.  

3 dari 4 halaman

Manfaat Rutin Manicure

Mengutip dari laman On-Off Liputan6.com, berikut manfaat rutin melakukan manicure pedicure melansir dari laman London Collage of Beauty Therapy.

1. Kesehatan Kuku

Ketika manicure pedicure, tentu akan membersihkan kuku secara menyeluruh, serta memastikannya terlihat bagus dan bersih. Ini merupakan bagian penting dari kesehatan kuku yang positif, karena tangan dan kaki kita mengalami banyak hal setiap hari.

Melakukan manicure dan pedicure secara teratur akan memastikan pengangkatan sel-sel mati, yang merupakan bagian penting dalam mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Sel kulit baru merupakan kunci untuk kuku yang kuat dan sehat. Manicure dan pedicure secara teratur ikut membantu memastikan kuku tidak menjadi buruk, misalnya terkena infeksi jamur. 

2. Peningkatan Sirkulasi

Proses manicure pedicure biasanya melibatkan pijatan, baik di tangan atau kaki atau keduanya. Pijat adalah cara yang cepat dan efektif untuk meningkatkan sirkulasi. Sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan dingin atau mati rasa pada tangan atau kaki, serta bengkak atau nyeri sendi. Efek pijatan berguna untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh serta meningkatkan mobilitas sendi dan membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri. 

 

4 dari 4 halaman

3. Memastikan Kondisi Kuku Baik

Tangan dan kaki kita merasakan beberapa lingkungan dan pengalaman yang cukup keras. Baik itu berjalan jarak jauh dengan sepatu yang tidak nyaman atau bertahan dalam kondisi cuaca ekstrem, mudah untuk melupakan bahwa bagian tubuh ini membutuhkan perawatan dan perhatian juga.

Menjadwalkan perawatan manicure dan pedicure secara teratur akan memastikan kuku dalam kondisi baik dan kulit tangan dan kaki dirawat dengan baik dan lembut. Ini dapat membantu menghindari sejumlah masalah, mulai dari tangan retak hingga kapalan yang menyakitkan di kaki.

4. Menghilangkan Stres

Memanjakan kuku dengan manicure dan pedicure sangatlah menenangkan. Selain efek pijatan yang menyenangkan, ini juga cara yang bagus untuk menyisihkan waktu khusus untuk Anda. Apakah Anda perlu waktu untuk berpikir, ingin membaca atau hanya duduk dengan kopi sementara kuku Anda selesai, pengalaman ini memberikan banyak kesempatan untuk mengambil beberapa menit dari kesibukan, duduk dan bersantai.

Ditambah lagi, dampak dari perawatan kuku, baik dari segi estetika maupun kepuasan, bisa membuat merasa nyaman setelah selesai. Ini hanyalah beberapa manfaat dari manicure dan pedicure secara teratur. Tentu masih ada lebih banyak hal yang dapat Anda rasakan daripada sekadar penyelesaian yang bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini