Sukses

Alasan Jakarta Terpilih Jadi Tuan Rumah Penghargaan Musik K-pop Golden Disc Awards ke-38

Jakarta merupakan kota ke-5 yang jadi tuan rumah penyelenggaraan Golden Disc Awards di luar Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta bakal jadi tuan rumah salah satu penghargaan musik bergengsi di ranah K-pop, Golden Disc Awards. Tepatnya, edisi ke-38 ini akan terselenggara di Jakarta International Stadium (JIS) pada 6 Januari 2024, sebagaimana pengumuman penyelenggara per hari ini, Selasa (31/10/2023).

Keputusan ini disambut K-popers, sebutan penggemar K-pop, di Indonesia dengan penuh antusias. Tidak sedikit dari mereka turun ke X, sebelumnya Twitter, untuk mengungkap kegembiraan, sekaligus mengaku tidak percaya. "Demi apa sih ini?" kata salah satunya.

Sementara, sebagian mereka sudah siap war tiket untuk bisa menonton langsung Golden Disc Awards ke-38. Mengomentari pemilihan Jakarta sebagai lokasi penghargaan, Sekretariat Golden Disc Awards menyatakan, seperti dikutip dari allkpop, "Dengan pertumbuhan pengaruh K-pop yang konsisten di pasar global, kami mencatat meningkatnya jumlah permintaan dari penonton Asia yang ingin melihat artis K-pop secara langsung."

"Menanggapi minat yang meningkat ini, kami berdedikasi membangun platform di mana berbagai penggemar musik dalam dan luar negeri dapat terlibat dan menikmati lingkungan artistik K-pop. Jakarta menyediakan ruang unik untuk menciptakan pertukaran yang menarik ini," imbuhnya.

Jakarta merupakan kota ke-5 yang jadi tuan rumah penyelenggaraan Golden Disc Awards di luar Korea Selatan. Penghargaan musik ini sebelumnya telah berlangsung di Jepang pada edisi ke-26, diikuti Malaysia pada edisi ke-27, kemudian China untuk edisi ke-29, dan baru-baru ini Thailand di edisi ke-37.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu Pengumuman Nominee

Penantian penyelenggaraan Golden Disc Awards ke-38 diperkirakan semakin meningkat seiring diumumkannya nominasi untuk setiap kategori pada 4 Desember 2023 mendatang, waktu Korea Selatan. Daftarnya akan dirilis di situs resmi dan berbagai akun media sosial Golden Disc Awards. 

Sebelumnya, Golden Disc Awards ke-37 telah berlangsung pada 7 Januari 2023 di Rajamangala Stadium, Bangkok, Thailand.  Di kesempatan ini, BTS memenangkan Album of the Year Daesang (Grand Prize) selama enam tahun berturut-turut, catat kanal Showbiz Liputan6.com per 8 Januari 2023.

Sementara, IVE memenangkan penghargaan Digital Song of the Year Daesang dan memboyong piala di kategori Rookie Artist of the Year. Berikut daftar lengkap pemenang Golden Disc Award ke-37:

Digital Song of the Year (Daesang): IVE

Album of the Year (Daesang): BTS

Best Digital Song (Bonsang): BIGBANG, (G)I-DLE, IVE, Jay Park, MeloMance’s Kim Min Seok, Lim Young Woong, NewJeans, PSY

Best Album (Bonsang): BLACKPINK, BTS, ENHYPEN, NCT, NCT 127, NCT DREAM, SEVENTEEN, Stray Kids

3 dari 4 halaman

Daftar Pemenang Golden Disc Awards ke-37

Artist of the Year: PSY

Most Popular Artist: (G)I-DLE, Stray Kids

Rookie Artist of the Year: IVE, LE SSERAFIM, NewJeans

TikTok Golden Disc Popularity Award: BTS

Best Group: TREASURE

Best Performance: SEVENTEEN

Best Solo Artist: BE’O, YounhaBest R&B/Hip Hop: BIG Naughty

Best Producer: Seo Hyun Joo of Starship Entertainment

Thai Fans Support with BAOJI: BTS’s J-Hope

Thai K-Pop Artist: SEVENTEEN

Mengutip situs webnya, dijelaskan bahwa Golden Disc Awards (GDA) merupakan acara penghargaan musik besar tahunan Korea Selatan yang menghormati pencapaian dalam industri musik lokal. Upacara penghargaan ini didirikan dengan tujuan mempromosikan kreativitas budaya populer, menemukan artis baru, dan berkontribusi pada pertumbuhan industri musik negara itu.

Acaranya pertama kali diadakan pada 1986, dan saat itu dikenal sebagai Korea Visual and Records Grand Prize Award hingga tahun 2001. Nama acara tersebut diubah jadi Golden Disk Awards, kemudian ejaannya berganti jadi Golden Disc Awards pada 2015.

 

4 dari 4 halaman

Kategori Penghargaan Golden Disc Awards

Golden Disc Awards semula hanya berlangsung di Korea Selatan hingga tahun 2012 sebelum memulai edisi internasionalnya, yang mana tahun depan akan berlangsung di Jakarta. Trofi penghargaannya dirancang pematung Kim Su Hyeon, seorang profesor di Universitas Nasional Chungbuk.

Trofi tersebut berbentuk seorang wanita yang memainkan alat musik tiup tradisional Korea. Di edisi ke-34, terdapat dua hadiah utama: Album of the Year (yang juga dikenal sebagai Album Daesang) dan Digital Song of the Year (juga disebut Digital Song Daesang).

Main prize alias Bonsang diberikan pada beberapa artis dalam kategori Album dan Lagu Digital. Pemenang hadiah utama dipilih dari pemenang hadiah utama. Kategori penghargaannya, termasuk:

  • Album of the Year (Grand prize)
  • Song of the Year (Grand prize)
  • Album Bonsang (Main prize)
  • Digital Song Bonsang (Main prize)
  • Rookie Artist Award
  • Popularity Award
  • Genre awards
  • Special awards
  • International Recognition Awards
  • Special Recognition Golden Disc Awards

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini