Sukses

Viral Petugas Damkar Bantu Lepaskan Jari Siswa yang Tersangkut di Pintu

Petugas pemadam kebakaran atau damkar kembali mencuri atensi publik lewat aksi mereka. Kali ini, petugas damkar membantu salah seorang siswi yang tangannya tersangkut di pintu sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas pemadam kebakaran (damkar) kembali mencuri atensi publik lewat aksi mereka. Kali ini, petugas damkar membantu salah seorang siswi yang tangannya tersangkut di pintu sekolah.

Momen tersebut diabadikan dalam video singkat yang diunggah melalui akun TikTok @iqbaldanu59. Video berdurasi 13 detik itu menunjukkan salah satu sudut sekolah yang dipadati dengan anak-anak murid berseragam.

Salah satu siswi berhijab terlihat jari tangannya masuk dalam lubang pintu dan tersangkut. Kemudian para petugas damkar datang untuk membantu insiden tersebut.

Sejak diunggah tiga hari lalu, video ini sudah disaksikan lebih dari 5,2 juta kali. Video yang disukai lebih dari 254 ribu kali ini juga dibanjiri ribuan komentar.

"Pasti mbaknya malu banget 😂😂 dan akan di inget sama seluruh sekolah lagi 😂😂," tulis seorang warganet.

Komentar lainnya berbunyi, "mbaknya langsung terkenal di sekolah karena bisa panggil damkar 😭."

"damkar bulan ini full tugas🗿😭," lanjut lainnya.

Respons lainnya, "Damkar sabar banget ya, gak pernah ada video damkar ngeluh disosmed 😭😭😭."

"damkar akhirnya kerjanya bukan padam api😭," terang warganet lain.

Warganet juga menyampaikan, "ikhlas bgt kalo gaji damkar banyak, karena segercep itu, ga nunggu 24jam dulu 🗿."

Menariknya, ada pula komentar dari warganet lainnya yang berbunyi, "numpang tanya deh.. damkar bisa nggak sih ngusir tawon yang udah banyak dan nggak ada rumahnya 😭 serem dirumah buanyak tawon 😭."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Petugas Damkar Kota Batu Bantu Tangkap Tokek Kecil di Kamar

Aksi petugas pemadam kebakaran alias damkar sebelumnya juga jadi sorotan online. Kali ini, atensi warganet tengah menuju pada aksi petugas damkar Kota Batu, Jawa Timur yang tidak keberatan membantu menangkap tokek kecil di sebuah kamar warga.

Konten ini jadi viral setelah dibagikan akun TikTok @sabillmutiara, Senin, 2 Oktober 2023. Di klip berdurasi 39 detik tersebut, tampak tangkapan layar isi chat seorang warga dengan petugas damkar. "Pak, damkar itu apa bisa mengusir tokek?" terlihat ia bertanya, yang dijawab, "Bisa. Alamatnya mana?"

Pengadu juga menjelaskan bahwa tokek tersebut sebenarnya tidak terlalu besar, hanya seukuran botol minyak kayu putih sedang. Namun demikian, video itu memperlihatkan petugas damkar tetap datang dan membantu menangkap "tokek kecil" tersebut.

"Setelah 10 menit proses (pencarian), Alhamdulillah diketemukan," kata salah satu petugas di video tersebut. "Prediksi kami memang dia sembunyi di langit-langit spring bed. Alhamdullillah aman. Kami tinggal mengamankan. Terima kasih pada Mba Sabila (pelapor)."

3 dari 4 halaman

Viral Kepala Balita Tersangkut di Kaleng Wafer, Damkar Tasikmalaya Turun Tangan

Petugas damkar Kota Tasikmalaya membantu balita berusia tiga tahun yang kepalanya tersangkut kaleng wafer. Aksi petugas damkar tersebut diabadikan dalam sebuah unggahan yang dibagikan pada akun Damkar Tasikmalaya pada Minggu, 30 Juli 2023.

"Minggu 30 juli 2023 Damkar Kota Tasikmalaya kedatangan orangtua dari ananda Muhammad Gabriel yang kepalanya tersangkut kaleng wafer. Selanjutnya tim Damkar Kota Tasikmalaya melakukan tindakan penyelamatan," demikian bunyi keterangan dalam unggahan Damkar Kota Tasikmalaya tersebut.

Pihaknya menutup keterangan dengan mengucap rasa syukur karena proses penyelamatan berhasil dilakukan dalam waktu sekitar 10 menit. Dalam video singkat yang dibagikan, terlihat orangtua balita mendatangi Damkar Kota Tasikmalaya. Balita dengan kepala tersangkut kaleng wafer itu berada di gendongan sang bunda.

Video lantas berlanjut dengan proses evakuasi yang dilakukan oleh petugas damkar. Aksi penyelamatan itu menggunakan gerinda kecil untuk membelah kaleng wafer. Sendok juga digunakan untuk memberi ruang agar gerinda tak melukai kepala balita.

Dalam upaya penyelamatan itu, balita tersebut terdengar menangis kencang akibat rasa tak nyaman tersebut. Ada pula cuplikan yang memperlihatkan petugas berusaha menarik kaleng, namun tak berhasil hingga balita kembali menangis.

Gerinda kecil kembali digunakan untuk membelah dan memberi ruang untuk melepaskan kaleng tersebut hingga akhirnya proses penyelamatan berakhir ketika kaleng wafer berhasil terlepas. Menjelang akhir video, ayah balita itu mengucapkan terima kasih kepada Damkar Kota Tasikmalaya yang telah membantu putranya. 

4 dari 4 halaman

Petugas Damkar Lepaskan Kaleng Biskuit yang Nyangkut di Kepala Anak Saat Lebaran Idul Fitri

"Mau ketawa, tapi kasihan," begitulah komentar seorang warganet mendapati kejadian kepala seorang anak nyangkut di kaleng biskuit di momen Lebaran Idul Fitri 2023. Aksi penyelamatan oleh petugas damkar itu dibagikan akun Instagram @humasjakfire, baru-baru ini, dan langsung jadi viral di media sosial.

Dalam keterangannya, mereka menulis, "Rabu (26 April 2023) Petugas Penyelamat Sektor Kemayoran melakukan evakuasi melepas kaleng biskuit yang menyangkut di kepala seorang anak yang beralamat di Jalan Kampung Bugis, RT 04, RW 04, Kel. Cempaka Baru, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat."

"Pada Selasa (25 April 2023) pukul 21.10 WIB sepasang suami dan istri datang ke pos pemadam kebakaran Sektor Kemayoran meminta bantuan petugas penyelamat untuk melepaskan kaleng biskuit yang menyangkut di kepala anaknya," imbuhnya.

"Kaleng tersebut tersangkut saat si anak memainkanya dan dengan sengaja memasukannya ke kepala," katanya. "Namun setelah itu, kaleng sulit dilepaskan dari kepala anak."

"Si anak pun menangis karena kesakitan. Akhirnya, ibu dan ayahnya datang ke Pos Sektor Kemayoran untuk membantu melepaskan kaleng biskuit di kepala anaknya," sambung pihaknya.

"Mendapat informasi demikian, tiga personel penyelamat langsung melakukan evakuasi pada pukul 21.12 WIB (25 April 2023). Evakuasi berlangsung selama 23 menit. Hingga pukul 21.35 WIB (25 April 2023) kaleng biskuit dapat dilepaskan dari kepala anak tersebut," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini