Sukses

Rahasia Sukses Patricia Gouw yang Sempat Gagal Berkali-kali dan Dipecat dari Pekerjaan

Patricia Gouw dikenal sebagai sosok model yang sukses. Siapa sangka, wanita berusia 33 tahun itu pernah mengalami masa-masa sulit dalam membangun kariernya.

Liputan6.com, Jakarta - Patricia Gouw dikenal sebagai sosok model yang telah sukses. Tapi siapa sangka, ternyata wanita berusia 33 tahun itu juga pernah mengalami masa-masa sulit saat membangun kariernya.

Dalam sebuah obrolan di program podcast Ngobrol Sore Semaunya bersama Putri Tanjung, wanita yang berprofesi sebagai presenter itu mengungkap berbagai kegagalannya. Patricia bahkan sempat berkali-kali dipecat dari pekerjaannya. 

"Aku udah sering banget mengalami kegagalan dan dipecat," beber finalis Asia's Next Top Model Cycle 4 itu sambil tertawa dikutip dari TikTok @ngobrolsoresemaunya, yang diunggah pada 25 September 2023.

Sambil mengenang masa itu, Patricia menyambung, "Jadi udah biasa banget dengan kegagalan sampe akhirnya ketawa sendiri habis dipecat."

"Yah gue dipecat lagi, ya udah deh cari kerjaan lagi gitu," katanya. 

Ia tak menahan dirinya dari menangis untuk melampiaskan emosinya. Namun, pengalaman itu membuatnya tidak berhenti. Penting baginya untuk terus berusaha, lagi dan lagi meskipun dipecat hingga sepuluh kali. "Lu gagal nggak masalah, lu bangkit lagi," sebutnya.

Kesuksesan yang kini ia raih berawal dari berani atau tidak takut untuk memulai. Untuk bisa bertahan, ia juga perlu memutar otak dengan mencoba berbagai bidang.

"You need to have survival skill, itu penting. Dan ketika lu sampai nantinya, sampai ke goal-nya lo nanti ingat bumi yang kau pijak," pesan Patricia mengingatkan ke diri sendiri agar tetap rendah hati.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Berbeda pada Setiap Orang

Patricia yang pernah menyandang gelar Miss Indonesia Gorontalo 2012 itu mengingatkan juga bahwa proses setiap orang berbeda. "Selalu ingat perjuangan lo dan menghargai setiap orang perjuangannya itu beda-beda. Jadi jangan judge them,"  sambung Patricia. 

"Itu yang mindset di aku gitu," katanya lagi.

Konten yang mendapat 41,3 ribu tanda suka tersebut pun mendapat tanggapan dari warganet. Sebagian warganet mengaku tak menyangka bahwa Patricia juga pernah mengalami banyak kegagalan.

"Ini Patricia? kayak ga nyangka dia bisa kayak gini juga ternyata," tulis warganet.

"Dia bisa lucu karena dia smart, tau apa yang bisa bikin orang ketawa," komentar warganet yang lain.

"Masukan yang sangat realistis. Dan banyak dialami di kehidupan sehari-hari tiap orang dengan cerita hidup masing-masing," sambung warganet lainnya.

"Keren ka bener banget.. penyemangat banget si ini," kata warganet.

"Gua ngakak malah ngeliat Cipat seserius ini," tulis yang lain. 

3 dari 4 halaman

Gaun Patricia Gouw Bertabur Swarovski

Pada awal 2023 ini, Patricia Gouw menikah dengan pujaan hatinya, Daniel, di salah satu hotel bintang lima di Uluwatu, Bali. Runner Up Asia's Next Top Model Cycle 4 ini menggunakan gaun rancangan desainer Yogie Pratama untuk acara dinner reception dan dansa antara ayah dan anak.

Yogie Pratama mengaku telah dikontak oleh Patricia dua bulan lalu untuk memberi tahu tanggal pernikahan. "Aku excited banget, mulai dari situ kami meeting dan mulai proses pembuatan baju," ujar Yogie begitu dihubungi Liputan6.com pada Selasa, 7 Februari 2023.

Gaun dan veil yang dikenakan oleh Patricia terlihat spesial lantaran bertabur ribuan swarovski dengan hiasan sulaman yang memiliki total berat 14 kg. Untuk gaun sendiri beratnya mencapai 9 kg dan veil yang dikenakan mempunyai berat kurang lebih 5 kg.

Yogie menyebutkan bahwa membutuhkan 30 karyawan dan waktu tiga minggu untuk menyelesaikan gaun tersebut. "Itu menggunakan setengah karyawan kantor dan dikerjakannya harus pelan-pelan banget," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Detail Potongan Gaun

Gaun tersebut berwarna silver dengan potongan lurus dan terdapat slit pada bagian belakang gaun. Untuk menambah cantik gaun tersebut, Yogie menambahkan detail bunga mawar di bagian dada dengan bahan scuba. 

Patricia juga memadukan dengan rambut panjangnya yang dikepang dan sepatu yang senada dengan baju yang dipakainya. Pembuatan baju ini menurut Yogie sesuai dengan kepribadian Patricia yang periang dan humoris sehingga Yogie ingin membuat gaun tersebut terasa nyaman.

Hal ini terlihat saat salah satu teman Patricia Gouw mengunggah sebuah cerita di Instagram @alvasus yang memperlihatkan rekaman Patricia dan ayahnya yang sedang menari. Patricia terlihat sangat lincah saat menari bersamanya. Yogie menyebut untuk desain baju, Patricia dapat bekerja sama dan komunikatif dengan pihaknya.

"Sebenarnya cukup mudah karena Pat juga bisa memvisualisasikan baju yang akan dia pakai, aku sebagai desainer hanya memberikan beberapa desain dan pilihan," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini