Sukses

Iwan Fals Siap Gelar Tur Konser 10 Kota, Syaratkan Tanam Pohon di Kontrak Kerja

Iwan Fals mengajak semua orang bisa lebih menghargai sesama makhluk, terutama pohon, karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Semangat Iwan Fals untuk melestarikan lingkungan terus menyala. Dalam jumpa pers Gaung Merah SeGALAnya di Jakarta Pusat, Kamis, 7 September 2023, ia kembali menyuarakan pentingnya menanam pohon.

Bukan sekadar wacana, ia memanfaatkan ajakan menggelar tur konser di 10 kota sebagai ajang untuk menambah jumlah pohon yang ditanam. Ia bahkan mensyaratkan penanaman pohon itu dalam setiap kontrak kerja yang akan ditandatanganinya.

"Setiap saya main, di kontraknya itu harus ada tulisannya, menanam pohon," ujar Iwan.

Tur konser 10 kota itu rencananya akan dimulai pada 16 September 2023 di Medan. Konser lalu berlanjut digelar di Pekanbaru, Tangerang, Karawang, Bandung, Lampung, Bekasi, Semarang, Malang, dan Makassar akan menjadi titik singgah terakhir.

Iwan mengenang momen saat merasa terpanggil pertama kali menyuarakan isu lingkungan. Antara 1981-1982, ia pernah diundang manggung di Kalimantan untuk peluncuran  lagu berjudul Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi.

"Enggak tahu terus-terus waktu berjalan, panggilan-panggilan (melestarikan alam) itu makin kuat," sambung pelantun lagu Wakil Rakyat itu.

Sejak itu, ia mewajibkan siapa pun yang mengundangnya tampil, untuk menyiapkan pohon untuk ditanam. Ia berharap lewat langkah tersebut, pohon-pohon akan lebih banyak lagi sehingga udara akan semakin bersih. Itu pula yang diharapkannya terwujud lewat konser yang akan dilakoninya.

"Bagaimana kita lebih rimbun lagi, lebih hijau lagi, semangat lebih menyala lagi, lebih bersih lagi. Karena kan kebersihan sebagian dari iman, kebetulan saya sebagai muslim," kata salah satu pendiri Orang Indonesia (Oi) itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Jenis Pohon

 

Iwan mengingatkan bahwa manusia tak bisa hidup sendiri tanpa bantuan makhluk lain, termasuk pepohonan. Karena itu, ia mengajak semua orang bisa menghargai satu sama lain dan melihat dunia lebih luas.

"Kita harus mau membuka diri kita untuk mau melihat dunia dengan lebih luas," ujar musisi berusia 62 tahun tersebut.

Dalam tur tersebut, ia akan membawakan lagu-lagu bertemakan tentang bagaimana kita menjadi pemimpin untuk diri kita sendiri. "Tapi tema-tema itu yang ingin saya (bawakan), bagaimana kita menjadi presiden untuk diri kita sendiri," tambahnya.

Dikutip dari siaran pers, ada empat jenis bibit pohon yang disiapkan untuk ditanam sepanjang konser digelar. Total 1.958 bibit dengan rincian bibit pohon damar sebanyak 1000 bibit, pohon jati mas 700 bibit, pohon kelor 200 bibit, dan pohon gayam 58 bibit. Keempat pohon merupakan perlambang semangat yang terus menyala karena dijaga agar bertumbuh kian besar dari waktu ke waktu.

Rencananya, pohon tersebut akan ditanam di 10 kota yang akan didatangi saat tur berlangsung. Sebagian akan diserahkan kepada pihak manajemen Iwan Fals untuk ditanam di beberapa tempat lainnya.

3 dari 4 halaman

Siapkan Stamina dengan Karate

Terkait persiapannya untuk konser mendatang, Iwan Fals menyatakan bahwa ia berusaha menerapkan pola hidup sehat. Ia menjalani rutinitas sesuai agenda yang disiapkan, salah satunya dengan berlatih karate. 

"Minggu, Kamis saya latihan sama band, rutin dari jam 10 (pagi) sampai jam 5 (sore). Selasa, Jumat sore, setengah 4 sampai setengah 6 saya karate," Iwan menerangkan.

Ia mewajibkan diri untuk terus bergerak setiap hari agar bisa tetap sehat. Itu dilakukannya dengan berlatih gitar, bernyanyi, menyiapkan silabus, dan lainnya agar bisa berkeringat. Keluarganya juga mendukung dengan menyiapkan makanan sehat setiap hari.

"Keluarga saya juga nyiapin makan yang lumayan (sehat), gitu, dijagalah kesehatannya," ujarnya.

Ia juga menambahkan saat jadwal agak padat, ia akan minum vitamin agar staminanya terjaga. "Tapi kalo tidur bener, makan bener, nah (akan baik-baik saja)," jelasnya.

Konser yang dijalani Iwan Fals diinisiasi oleh Gaung Merah. Dalam event tersebut, Iwan Fals akan bergabung dengan T-KOES Band dan G-Pluck The Beatles memeriahkan panggung. Selain itu juga akan dipajang instalasi tematik dari berbagai film legendaris dan pilihan kuliner Indonesia yang legendaris serta masih menjadi favorit sampai sekarang. Pengunjung juga bisa memainkan sejumlah games, photo booth, dan berbagai aktivitas lainnya.

4 dari 4 halaman

Tampil di Acara Sunatan

Sebelumnya, Iwan Fals membetot perhatian publik setelah kedapatan tampil bernyanyi di sebuah acara  sunatan. Dilansir dari kanal Hot Liputan6.com, pemilik nama asli Virgiawan Listanto ini hadir dengan memakai polo serta sandal.

Iwan Fals membaur dengan masyarakat sekitar tanpa adanya sekat sama sekali walaupun ia berstatus artis top Tanah Air. Di acara sunatan tersebut, Iwan Fals turut menyumbang lagu. Video Iwan Fals hadiri acara sunatan menjadi viral di TikTok.

Dalam kesempatan berbeda, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Iwan berharap bisa terus bermusik. Menurutnya, tidak ada kata pensiun bagi seorang musisi, meski belakangan banyak talenta-talenta baru yang bermunculan.

"Banyak penyanyi bagus, ya mungkin mereka terinspirasi dari saya. Saya enggak minder, bangga saya lihat penonton begitu. Kalau soal pensiun, enggaklah mudah-mudahan. Kayaknya enggak, gimana ada rumusan musisi pensiun? Di kamar mandi saja kita nyanyi," kata pencipta lagu Bento itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini