Sukses

Brand Kecantikan Lokal dan Personal Care Catat Pertumbuhan Positif Selama 2023 di Lazmall

Berbagai brand personal care dan beauty internasional maupun lokal di Lazmall menjadi ujung tombak pertumbuhan pesat kategori ini di industri belanja online.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan e-commerce Lazada mengungkapkan kategori atau produk yang populer dicari oleh konsumen masyarakat Indonesia. Setidaknya ada dua kategori yang mencatat pertumbuhan paling positif, yaitu Perawatan Diri atau Personal Care dan Kecantikan atau beauty.

Berbagai brand personal care dan beauty internasional maupun lokal menjadi ujung tombak pertumbuhan pesat kategori ini di industri belanja online. Dengan pertumbuhan kategori FMCG termasuk personal care dan beauty yang diperkirakan meningkat sebesar 9,9 persen YoY di tahun 2023, Lazada lewat kanal LazMall memberikan ragam pilihan bagi para konsumen.

Kategori FMCG di LazMall Indonesia mencatat peningkatan jumlah konsumen yang berbelanja sebanyak 4,5 kali lipat dengan jumlah order sebanyak 3,5 kali lipat dalam tiga tahun terakhir. "Kategori FMCG termasuk kategori yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat karena untuk digunakan sehari-hari jadi permintaannya hampir selalu stabil," ungkap Lia Kurtz, Category Director, LazMall FMCG, Lazada Indonesia saat ditemui di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 6 September 2023.

"Tadinya kita mengira ini karena masa pandemi. Tapi usai pandemi, kebiasaan untuk berbelanja online ternyata tidak berkurang bahkan termasuk untuk kebutuhan sehari-hari semakin banyak yang lebih nyaman berbelanja online di beberapa platform yang terpercaya," lanjutnya.

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan personal care dan beauty juga mendorong munculnya brand-brand produk personal care dan beauty lokal yang merebut perhatian serta sangat diminati oleh pembeli. Hal ini yang mendorong pertumbuhan di kategori FMCG Lazmall Lazada.

Berbagai brand baik internasional dan lokal berlomba-lomba untuk memperkenalkan produk-produk mereka melalui platform belanja online seperti Lazada untuk memperluas jangkauan pasar dan tentunya pertumbuhan bisnisnya.

"Lazada berkomitmen untuk memberikan pengalaman belanja online terbaik dengan produk-produk otentik, khususnya di kategori perawatan pribadi dan kecantikan melalui berbagai kanal khusus seperti LazMall Daily Store, Mother & Baby Store dan yang baru-baru ini kami luncurkan, kanal LazBeauty," terang Lia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertumbuhan Brand Perawatan Pribadi dan Kecantikan

Melalui kanal LazMall, Lazada juga memudahkan konsumen dengan layanan '15 days return guarantee' untuk memudahkan konsumen jika mereka berubah pikiran akan barang yang mereka beli dan juga kompensasi apabila terjadi keterlambatan dalam pengiriman. Semua ini bertujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen dan mendukung pertumbuhan brand perawatan pribadi dan kecantikan favorit mereka.

Hal ini juga dirasakan oleh Wings Group, salah satu perusahaan FMCG asli Indonesia yang menyediakan kebutuhan sehari-hari bagi konsumen. Wings Group telah bergabung dengan LazMall sejak akhir 2019 dan mengalami pertumbuhan cukup pesat di platform ini.

"Melalui berbagai program promosi seperti Gift with Purchase (GWP) dan flash sale yang mendorong konsumen lebih aktif berinteraksi dan melakukan pembelian produk, dampaknya terhadap penjualan kami juga meningkat secara positif di Lazada setiap tahunnya," jelas Wilson Limandibrata, Head of Ecommerce Wings Group.

Pada 31 Agustus 2023 lalu di Singapura, Lazada menggelar acara tahunan LazMall Brands Future Forum atau LazMall BFF 2023 yang memberikan wawasan penting mengenai prediksi dan cara mengatasi tantangan di masa depan untuk brand-brand yang menampilkan pembicara ahli di bidang e-commerce serta pimpinan dari berbagai brand dari Asia Tenggara serta global.

3 dari 4 halaman

190 Produk Hanasui di LazMall

Hanasui yang memiliki lini produk personal care dan decorative, adalah salah satu beauty brand lokal Indonesia yang menerima penghargaan "LazMall Superstar Award” di LazMall BFF 2023 karena kinerja kerjasama dengan Lazada yang berjalan dengan baik. Hanasui bergabung di Lazada sejak 2019 dan saat ini memiliki lebih dari 190 produk yang ditujukan untuk memberikan rangkaian lengkap produk perawatan dan kecantikan untuk konsumen.

"Untuk tren perawatan kulit saat ini mengharuskan perlindungan kulit dari polusi, dan melalui inovasi kami, Hanasui menampilkan sunscreen dengan kandungan Polustop di toko kami yang memberikan eksposur yang tepat sasaran dan efisien kepada konsumen di LazMall," terang Ratna Purwaningrum selaku eCommerce Manager dari PT Eka Jaya Internasional (Hanasui).

Hanasui yang merupakan jenama kecantikan lokal mengajak masyarakat untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen yang tepat, dengan meluncurkan Hanasui Collagen Water Sunscreen dengan formula yang ditingkatkan dan kemasan baru untuk melindungi kulit dari cuaca panas ekstrem dan polusi udara yang melanda beberapa kota besar di Indonesia termasuk Jakarta.

4 dari 4 halaman

Momen 9.9 Mga Brand Sale

Hanasui Collagen Water Sunscreen memiliki Triple Power Protection di kedua variannya. Di antaranya SPF 50, yang pertama memiliki broad spectrum protection, melindungi kulit sampai 98 persen dari paparan sinar UVB untuk perlindungan optimal agar kulit tidak kusam terbakar. Kemudian dilengkapi dengan PA++++ , memberi perlindungan optimal paparan sinar UVA yang bisa menyebabkan penuaan dini. Ketiga, Pollustop yang melindungi kulit dari polusi hingga PM 2,5 yang merupakan polusi dengan ukuran partikel yang sangat halus.

Sementara itu, brand-brand di Lazada mendapatkan kesempatan untuk memanjakan konsumen mereka di momen 9.9 Mega Brand Sale pada tanggal 9--13 September 2023 mendatang yang akan menghadirkan berbagai program dan promosi menarik. Ada bonus dadakan yang sudah dapat dikumpulkan dari tanggal 1--13 September dan bisa digunakan sebagai potongan harga langsung sebesar Rp7 ribu setiap pembelian Rp60rb di tanggal 9--13 September 2023 dan tentunya pengiriman yang cepat dan gratis ongkir.

Di 9.9 Mega Brands Sale yang akan datang, konsumen juga bisa mendapatkan promo diskon hingga 50 persen, banyak hadiah langsung (GWP), harga spesial untuk member LazBeauty dan beberapa exclusive launch dari brand ternama seperti Jo Malone, Kate Spade parfume dan Lancome perfume.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.