Sukses

Pernah Ditolak Bekerja karena Berhijab, Seorang Perempuan Malah Sukses Buka Restoran Sendiri di Korea Selatan

Dua tahun setelah ditolak bekerja di restoran Korea Selatan, perempuan berhijab ini malah membuka tempat makan halal di Myeongdong, Seoul.

Liputan6.com, Jakarta - "Ini sebuah kisah motivasi untuk Anda di Korea," begitulah narasi awal di sebuah video viral di TikTok yang dibagikan akun @kimseri_eina, beberapa waktu lalu. Cerita ini dimulai dengan pengalaman pahit pemilik akun yang dikenal sebagai Kim Seri itu.

Melalui klip berdurasi 33 detik itu, diketahui bahwa ia sempat melamar pekerjaan di sebuah restoran di Korea Selatan. Namun, ia beri tahu bahwa lamarannya ditolak karena tempat makan itu tidak menerima pekerja berhijab.

Tapi siapa sangka, dengan usaha, berkah, dan doa, ia kini bercerita bahwa ia bisa membuka restorannya sendiri di Myeondong, Seoul, Korea Selatan. "Percaya bahwa rezeki datang dari Allah, kini telah terbukti, setelah dua tahun, saya bisa bekerja di restoran milik saya sendiri," tulisnya di video yang dimaksud.

Dari rekaman itu, diketahui bahwa tempat makan halal itu bernama Kimseri Restaurant yang menyajikan ragam makanan Malaysia. Video yang sudah mengumpulkan 1,4 juta penayangan saat artikel ini ditulis itu pun menuai beragam komentar.

Tidak sedikit warganet yang ikut bangga dan mengaku terharu menyimak cerita tersebut sambil bersuka ria menyambut satu lagi restoran halal di Korea Selatan. "Aaaa bangganya," kata seorang pengguna Tiktok, sementara yang lain menulis, "Asyik, ada tempat (di Seoul) buat minum teh tarik!"

"Alhamdulillah. Jadi buat rekomendasi tempat makan halal untuk wisatawan muslim di sana," sambung seorang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembukaan Restoran Halal

Di video lanjutan, si pemilik akun TikTok pun menjelaskan letak persis restoran, lengkap dengan rekaman yang bisa jadi petunjuk bila Anda ingin mampir saat berada di Seoul, Korea Selatan. Tidak ketinggalan, ia juga membagikan momen grand opening restorannya pada Minggu, 3 September 2023.

"Pov: Impian membuka kedai makan 3 lantai di Korea tercapai," tulisnya sebagai keterangan video yang dimaksud.

Rekaman itu memperlihatkan para pelayan, dengan sebagian besar perempuan berhijab, di area restoran. Seragamnya pun unik, menggunakan aksen kain mirip batik yang umum didapati di Malaysia sebagai pelengkap.

Video itu juga memuat para pelanggan yang tampak antre memasuki restoran, plus kesibukan di dapur saat mempersiapkan berbagai pesanan pelanggan. Melihatnya, warganet merapa momen itu mirip dengan adegan di drama Itaewon Class.

"Woww Itaewon Class vibes gitu!" kata salah satunya. Sementara itu, tidak sedikit pula yang menanyakan info lowongan pekerjaan di restoran tersebut. "Info loker please kak!" tulis sejumlah pengguna.

3 dari 4 halaman

Sediakan Musala

Melengkapi konsep halal, restoran tiga lantai ini juga menyediakan musala yang berada di lantai tiga. Di video terbaru di TikTok, pemilik akun itu memperlihatkan tempat wudu sampai ruang salat, baik untuk pria maupun wanita.

Sementara lantai satu dan dua merupakan ruang fungsional restoran, dari dapur sampai meja makan, lantai tiganya merupakan musala yang bisa dipakai para tamu. "Susah cari tempat solat di Myeondong? Sini singgah di Kimseri Restaurant," tulis si pemilik akun.

Mendapati ini, warganet banyak mendoakan kelancaran bisnis restoran halal yang menyajikan kuliner Malaysia itu. "Bulan depan insya Allah saya mau mampir," kata salah satu pengguna. "Masya Allah sis, semoga usahanya selalu dilancarkan," sahut yang lain.

"Semoga rezekinya kian lancar karena menyediakan tempat salat juga," harap seorang warganet. Sebagai negara yang bukan didominasi umat Muslim, mencari tempat salat di Korea Selatan memang menantang. Terkadang, Anda justru mendapati lokasi masjid yang tidak terduga.

4 dari 4 halaman

Masjid Segedung dengan Diskotik

Sebelumnya, konten TikTok memperlihatkan masjid di Korea Selatan yang kedapatan segedung dengan diskotik sudah lebih dulu menarik perhatian. Kehebohan ini bermula dari unggahan akun TikTok @mustnury, 12 Agustus 2023, yang menulis, "Salah pintu beda jalur."

Keterangan itu menjelaskan video berdurasi 44 detik yang diunggahnya dengan caption, "Masjid di Korea lantai tiga, lantai dua diskotik," menyertakan emoji tertawa.

Di rekaman tersebut, ia memperlihatkan bagian depan masjid yang tulisannya terlihat berwarna biru sebelum turun, dan merekam pintu "diskotik" yang dimaksud. Ketika membalas komentar, ia menyebut bahwa masjid itu adalah Masjid Hidayatullah Jangnim di Busan, Korea Selatan.

Kendati disebut sebagai diskotik, beberapa warganet tidak setuju, menyebutnya sebagai tempat karaoke yang memang populer di seantero Negeri Ginseng. "Kedengerannya sih orang nyanyi-nyanyi ya. Kemungkinan itu noreabang (tempat karaoke) enggak sih? Soalnya tempat karaoke di sana kan juga pake lampu-lampu ala disko gitu," kata salah satu warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.