Sukses

Indonesia International Pet Expo 2023, Ada Lebih Banyak Hewan Eksotis hingga Lomba Burung Murai Batu

Melanjutkan kesuksesan pada tahun sebelumnya, Indonesia International Pet Expo (IIPE) sebagai pameran hewan peliharaan terbesar di Indonesia kembali dihelat. IIPE 2023 digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, 1--3 September 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Melanjutkan kesuksesan pada tahun sebelumnya, Indonesia International Pet Expo (IIPE) sebagai pameran hewan peliharaan terbesar di Indonesia kembali dihelat. IIPE 2023 digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, 1--3 September 2023.

Pada pelaksanaan di tahun 2022, IIPE berhasil menghadirkan 29 komunitas pencinta berbagai hewan peliharaan, 186 exhibitor, dan lebih dari 53.000 pengunjung di area seluas 14.400 m2. Event berskala Internasional, yang digelar untuk ke-9 kalinya ini merupakan ajang yang sangat ditunggu oleh para pencinta hewanpeliharaan.

Pada penyelenggaraan IIPE 2023, Temali Indonesia sebagai penyelenggara, akan mentargetkan 70 ribu pengunjung dan lebih dari 200 exhibitor. IIPE 2023 kali ini mengangkat tema "The Enchanting World of Pet".

Didit Siswodwiatmoko, selaku Direktur Utama Temali Indonesia sekaligus Ketua Penyelenggara PE 2023, menyampaikan,"Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragam fauna. Oleh karena itu sudah menjadi tanggungjawab kita bersama untuk turut melindungi dan melestarikan agar hewan-hewan tersebut dapat terus berkembang biak serta diperlakukan dengan layak."

Ia menyambung, gelaran berskala internasional ini merupakan wujud kepedulian komunitas dan para pencinta hewan peliharaan di Indonesia terhadap animal welfare. Didit juga menambahkan bahwa ajang ini dapat menjadi sarana pertukaran informasi dan edukasi, sehingga para pemilik tidak hanya bisa merawat tapi juga turut memperhatikan kesejahteraan hewan-hewan peliharaannya tersebut. 

Di temui secara terpisah, Project Manager Temali Indonesia, Pudji Pramono, sebagai penyelenggara pihaknya melihat antusiasme yang besar dari pengunjung setiap tahunnya sejak pertama kali IIPE digelar. "Yang berbeda, tahun ini membawa hewan eksotik (reptil) lebih banyak lagi, lalu ada lomba burung," kata Pudji di sela-sela acara. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Adakan Lomba Burung Murai Batu

Pudji menjelaskan bahwa murung Murai Bartu merupakan salah satu burung khas yang populasinya cukup banyak di Indonesia. "Ini burung pintar yang bisa menirukan suara burung juga, dia bisa bersuara dengan banyak karakter," jelasnya.

Kegiatan lomba sendiri begitu antusias diikuti oleh pecinta Burung Murai Batu, bahkan sudah ada 600 peserta yang mendaftar. Di lomba tersebut ada 10 kelas klasifikasi yang akan mengikuti lomba dengan hadiah menarik. "Hadiahnya pulugan juga, kemungkinan tahun depan akan kita buat lagi," katanya lagi.  

Sementara itu, di antara exhibitor akan hadir special booth dari "deHakims Channel, akun YouTube resmi milik Irfan Hakim. Di booth ini akan dihadirkan Keluarga deHakims' yang diwakili oleh beberapa hewan yang ada di deHakims termasuk hewan yang lahir di deHakims.

"Di event hewan peliharaan terbesar di Indonesia ini, kami akan memberikan pengalaman kepada seluruh pengunjung dan subscribers deHakims untuk dapat lebih mengenal lebih dekat channel kami, deHakims. Kami juga akan berinteraksi kepada pengunjung melalui hewan hewan unik yang nantinya kami perkenalkan sebagai sarana edukasi", ujar perwakilan dari deHakins dengan antusias.

3 dari 4 halaman

Rangkaian Acara di Indonesia International Pet Expo 2023

Selaras dengan tema yang diusung, exhibitor yang akan hadir pun akan semakin beragam dan menyesuaikan dengan seluruh kebutuhan kesehatan dan perawatan hewan peliharaan, antara lain makanan, vitamin, produk perawatan, dokter spesialis hewan, asesoris, jasa pengasuh hewan peliharaan hingga toko ritel. Produk-produk yang dijual dan dipamerkan akan bervariasi mulai dari merk import hingga brand lokal.

Selain penjualan produk, IPE 2023 akan semakin meriah dengan adanyaspecial show dari beberapa komunitas, yaitu international dog show, international cat show, kontes ketangkasan anjing, talkshow edukatif, seminar dokter hewan, entertainment, dan tidak ketinggalan area F&B agar para pengunjung semakin nyaman.

Pada kontes anjing dan kucing, pihak penyelenggara secara khusus mendatangkan juri-juri yang memiliki kompetensi di kelas internasional. Para pengunjung akan disuguhkan uji ketangkasan dari anjing dan kucing dari berbagai ras yang sudah terlatih. Di gelaran ini IIPE juga bekerjasama dengan Indonesia Veterinary Medical Association, dengan mengadakan Banten Veterinary Conference pada1--3 September 2023 di tempat yang sama.

4 dari 4 halaman

Terapi untuk Kesehatan Mental

Mengutip dari kanal Citizen Liputan6.com, Jumat (1/9/2023), setelah seharian bekerja keras, siapa yang Anda cari untuk melepas penat? Pasangan Anda, atau hewan peliharaan Anda? Jika Anda lebih suka berpelukan dengan teman berbulu daripada sesama manusia, Anda tidak sendiri. 

Faktanya, hampir setengah dari orang Inggris menemukan lebih banyak kenyamanan pada hewan peliharaan mereka daripada pasangan mereka, dan 53 persen orang menganggap hewan peliharaan mereka lebih intuitif daripada pasangan mereka.

Dilansir dari Women’s Health, menurut sebuah survei terhadap orang-orang tahun 2010 oleh Petplan, sembilan dari 10 orang Inggris merasa berada di sekitar hewan peliharaan mereka adalah terapi. Tetapi sementara 58% responden ingin hewan peliharaan mereka ada saat mereka cemas, banyak juga yang menginginkan hewan peliharaan mereka saat saat-saat yang lebih menyenangkan dalam hidup.

Lebih dari separuh orang mengatakan bahwa pada saat-saat paling bahagia dalam hidup mereka, mereka ingin merayakannya dengan hewan peliharaan mereka. Tidak mengherankan, anjing dan anak anjing dinilai oleh responden sebagai hewan peliharaan yang paling mungkin memberikan kenyamanan emosional, diikuti oleh kucing dan anak kucing. Sebanyak 14 persen orang berpikir kuda paling mungkin menawarkan kenyamanan, dan ular, kura-kura, dan kadal mendapat dukungan dari 6 persen orang yang merasa teman yang tidak terlalu berbulu ini menawarkan kenyamanan emosional yang kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini