Sukses

Diet DASH versus Diet Mediterania, Kenali Persamaan dan Perbedaan Pola Makan Paling Sehat Menurut Ahli

Diet DASH dan diet Mediterania mencatat lebih banyak persamaan daripada perbedaan. Keduanya masing-masing berada di peringkat dua dan pertama dalam daftar diet terbaik tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semata efektif menurunkan berat badan atau mendapat berat badan ideal secara keseluruhan, diet juga harus berdampak baik bagi kesehatan untuk bisa diterapkan secara berkelanjutan. Di antara opsinya, diet mediterania dan diet DASH dianggap sebagai salah dua pola makan paling sehat oleh para ahli. Jadi, apa perbedaan keduanya?

Mengutip Insider, Jumat, 25 Agustus 2023, diet mediterania didasarkan pada makanan yang secara tradisional dimakan orang-orang di sekitar laut selatan Eropa yang jadi asal muasal nama diet tersebut, termasuk Yunani, Italia, dan Spanyol. Mereka memprioritaskan makanan utuh, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji-bijian, dan makanan laut.

Jumlah makanan olahan dan tambahan gula dalam makanan dijaga seminimal mungkin, pun dengan jumlah daging yang dimasukkan ke dalam menu harian. Ini dinobatkan sebagai pola makan paling sehat selama enam tahun berturut-turut oleh US World News and Report, dan DASH menduduki peringkat kedua pada 2023.

Seperti diet mediterania, diet DASH juga berfokus pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta makanan utuh lain, seperti biji-bijian, produk susu rendah lemak, serta ikan dan unggas tanpa kulit. Ini juga mencakup makanan olahan dan gula tambahan dalam jumlah rendah, tapi lebih berfokus pada pengurangan garam dan lemak jenuh. Diet ini menduduki peringkat teratas dalam daftar diet sehat jantung oleh American Heart Association awal tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beda Diet Mediterania dan Diet DASH

Amit Khera, yang telah membantu merumuskan pedoman diet AHA dan merupakan profesor kedokteran dan direktur program kardiologi preventif di UT Southwestern Medical Center di Dallas, mengatakan pada 2019 bahwa diet DASH dan diet Mediterania mencatat lebih banyak persamaan daripada perbedaan.

Perbedaan terbesar antara diet Mediterania dan DASH adalah batas konsumsi alkohol. Jika mengikuti diet Mediterania, Anda dapat minum alkohol dalam jumlah sedang, biasanya anggur saat makan, tidak lebih dari satu gelas anggur sehari untuk wanita atau dua gelas untuk pria, menurut Mayo Clinic.

Penting untuk dicatat bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, tidak ada jumlah alkohol yang aman dan tidak memengaruhi kesehatan. Namun, diet DASH sangat rendah alkohol.

Ahli diet Danielle Smith mengatakan, ia memberi tahu kliennya yang mengikuti diet DASH untuk hanya minum satu atau dua malam dalam seminggu, karena minuman tersebut bersifat inflamasi dan membuat seseorang "terlalu relaks," yang dapat menyebabkan pilihan makanan tidak sehat.

3 dari 4 halaman

Diet untuk Menjaga Kesehatan Jantung

AHA menempatkan diet DASH di atas diet Mediterania untuk kesehatan jantung karena berfokus pada pengurangan jumlah garam dalam makanan. Diet DASH diformulasikan untuk mencegah atau mengurangi hipertensi melalui pengurangan jumlah garam dan memaksimalkan nutrisi terkait penurunan tekanan darah.

Garam membuat tubuh Anda menahan air. Makan terlalu banyak garam meningkatkan jumlah air dalam darah, memberi tekanan pada pembuluh darah, dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Mengurangi asupan garam, misalnya dengan mengikuti diet DASH, dapat menurunkan tekanan darah dalam beberapa minggu, menurut badan amal Blood Pressure UK.

Dengan arahan lebih dari 30 ahli gizi, dokter, dan ahli epidemiologi, US News & World Report mengungkap peringkat diet terbaik tahunannya. Meneruskan kejayaan tahun lalu, diet Mediterania kembali menempati posisi teratas pada 2023, membuatnya berada di peringkat itu selama enam tahun berturut-turut.

Pemeringkatan diet terbaik 2023 dinilai berdasarkan 11 kategori spesifik, mulai dari diet sehat jantung hingga yang paling mudah diikuti. "Jika ingin makan lebih sehat, memilih diet yang tepat untuk Anda bisa jadi sulit," kata Gretel Schueller, redaktur pelaksana kesehatan di US News

 

4 dari 4 halaman

Daftar 10 Diet Terbaik Tahun 2023

Schueller menyambung, "Peringkat US News menilai diet yang diteliti dengan baik dan memberikan tip penurunan berat badan yang berkelanjutan. Kami menambahkan dua kategori baru ke peringkat tahun ini untuk memberi lebih banyak pilihan untuk mendukung gaya hidup sehat."

Berikut daftar 10 diet terbaik secara keseluruhan pada tahun ini:

1. Diet Mediterania

2 (seri). Diet DASH (seri)

2. (seri). Diet Fleksibel (seri)

4. Diet MIND

5. Diet TLC

6 (seri). Diet Mayo Clinic Diet

6 (seri). Diet Volumetrik

8. Diet WW

9. Diet Anti-Peradangan Dr. Weil

10. Diet Ornish

US News & World Report memberi peringkat diet melalui metode yang mempertimbangkan penilaian dan perhitungan dari spesialis nutrisi, diabetes, kesehatan jantung, dan penurunan berat badan. Adapun diet penurunan berat badan terbaik, WeightWatchers menduduki peringkat nomor satu, sementara diet Keto menempati posisi teratas untuk diet penurunan berat badan cepat terbaik.

Baru-baru ini, sebuah studi menemukan bahwa diet "hijau" Mediterania membantu membakar lemak tiga kali lebih cepat daripada makan sehat pada umumnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini