Sukses

Zaskia Adya Mecca Curhat Polusi Udara Jakarta Bikin Anak Bungsunya Sesak Napas

Zaskia Adya Mecca mengungkapkan kalau kadar oksigen dalam tubuhnya anaknya sempat sangat rendah. "Akhirnya kena juga anak efek dari polusi yang luar biasa di jakarta Kama semalam gelisah ga bisa tidur, ku cek saturasi bener aja 88," ungkap Zaskia

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu pasangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo, Bhaj Kama Bramantyo, terimbas polusi udara Jakarta. Bocah berusia tiga tahun yang biasanya tampil ceria itu kini terbaring lemah di tempat tidur karena mengalami sakit pernapasan.

Zaskia Adya Mecca mengungkapkan bahwa kadar oksigen dalam tubuhnya anaknya sempat sangat rendah. "Akhirnya kena juga anak efek dari polusi yang luar biasa di jakarta Kama semalam gelisah ga bisa tidur, ku cek saturasi bener aja 88," ungkap Zaskia dikutip dari akun Instagram miliknya, Rabu, 23 Agustus 2023.

Meski sempat panik dengan kondisi anaknya, dia mengatakan dirinya sudah terbiasa dengan situasi tersebut. Ia pun sudah tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

"Uap dulu, lalu 30 menit ga naik saturasi ku kasi oksigen sejam buat bantu Kama nafas enakan.. begadang semaleman sampai pagi perlahan membaik walaupun belum normal," terangnya.

Pemain film dan sinetron itu mengungkapkan kalau Kama alami sesak napas pada dini hari. Kejadian itu membuatnya tersadar bahwa kebijakan bekerja dari rumah (WFH) oleh pemerintah tidak cukup jadi solusi atas masalah polusi udara.

"Pemerintah ada saran buat WFH, tapi liat sendiri kan jam 2.30 pagi mostly semua orang tidur aja kualitas udara sama buruknya. Entah bisa berharap sama siapa lagi selain Allah untuk urusan udara ini, nafas aja takut sekarang tuh," tuturnya.

Zaskia juga megunggah foto yang memperlihatkan data yang dibuat komunitas bernama Warga Anti Polusi. Komunitas itu mencatatkan kualitas udara Jakarta di kawasan Jeruk Purut, Jakarta Selatan tidak sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Zaskia Disarankan Pindah ke Yogya

Unggahan tersebut membuat Zaskia mendapat banyak simpati dari para warganet. Ibu enam anak itu pun disarankan untuk pulang kampung dulu ke Yogyakarta demi kesehatan anak-anaknya.

"Anakkupun udh 3 hari ranap karena sesak napasnya bia.. Semoga anak2 kitaa semua diberikan kesehatan.. Allah Maha Baik ❤️,” komentar seorang warganet.

"Kalo beberapa jam aja mungkin ga berasa bia, kan udah menumpuk banyak tuh polusi, mungkin kalo wfhnya sebulan baru tuh kelihatan progres berkurang polusinya," komentar warganet lainnya.

"Pindah k jogja aja kak karena sehat di sana buat anak2," saran seorang warganet."Kalo buat anak jangan pikir panjang... langsung move yogya aja bisa," kata warganet lainnya.

Hanung Bramantyo juga membagikan foto di akun Instagamnya yang memperlihatkan Kama harus mewarnai gambar dari tempat tidurnya dalam keadaan sedang mendapatkan oksigen pada Rabu, 23 Agustus 2023. Seperti halnya Zaskia, Hanung juga menyentil soal polusi udara yang kini jadi momok bagi warga Jakarta.

"Hmm...siklus bulanan sebagai warga Jakarta. Keluar dikit nge-Mall, malemnya batuk sesek," tulisnya. Ia menuliskan, menjadi warga Jakarta harus menyediakan peralatan penguapan dan tabung oksigen di rumah. "Setelah covid menghantam, kini polusi udara. Lalu apa lagi, ndes? Ngelus dodo nganti dekok," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Asma di Keluarga Zaskia Adya Mecca

Zaskia sangat prihatin dengan polusi udara di Jakarta. Salah satunya karena suaminya, serta lima dari enam anaknya mengidap penyakit asma.

"Total anak 6, yang asma 5. Suami juga asma. Awalnya pikirnya cuma sesak, kemudian melihat riwayat dan perjalannya, ternyata 5 anak punya asma. Itu rasanya capek luar biasa," kata Zaskia pada Talk Show Hari Asma Sedunia 2023, Rabu, 10 Mei 2023, dikutip dari kanal Health Liputan6.com.

Saat pandemi COVID-19 masih melanda, Zaskia dan keluarga memutuskan pindah ke Yogyakarta untuk sementara waktu. Meski tujuan awalnya adalah untuk isolasi diri karena pandemi, ternyata keputusan ini juga berdampak positif bagi penyakit asma suami dan anak-anaknya.

Tempat tinggalnya di Jogja merupakan rumah tradisional dan tidak memiliki gorden sama sekali. Bangunan rumahnya pun hanya seperempat dari luas tanah, sekitar 150 meter dari total tanah 600 meter, sehingga rumah dikelilingi dengan ruang terbuka.

"Rumah itu isinya hanya kamar. Jadi, ketika bangun tidur kita satu keluarga mainnya di luar, di pendopo yang semuanya terbuka. Kita masuk ke dalam rumah hanya saat maghrib. Jadi masuk rumah tidur, bangun tidur langsung main di pendopo," terangnya. Selama tinggal di sana, Zaskia mengungkap bahwa itu merupakan saat-saat teraman bagi keluarganya.

 

4 dari 4 halaman

Sirkulasi Udara di Kamar Tidur

"Itu adalah dua tahun teraman bagi keluargaku. Tidak ada asma yang kumat dan semuanya sehat. Anak-anakku yang asma berat semua alhamdulillah aman," jelas Zaskia.

Gorden dan perabotan seperti kardus, buku, dan pajangan merupakan tempat debu biasanya tertimbun. Hal ini tentu dapat mengganggu pernapasan, khususnya bagi pengidap asma. Zaskia kemudian bercerita bahwa ada satu kamar di mana setiap anak-anaknya tidur di sana, pasti terbebas dari batuk dan asma.

"Nggak ada yang batuk-batuk, pasti sehat. Kalau tidur di kamar lain pasti batuk. Kita selalu menyebut kamar itu kamar tersehat. Belakangan kita akhirnya tahu kalau kamar itu isinya pure hanya kasur, nggak ada lemari, rak buku, panjangan," Zaskia menceritakan.

Bintang sinetron Kiamat Sudah Dekat itu menyimpulkan bahwa kamar tanpa perabotan bisa bantu mencegah batuk dan asma. Zaskia menambahkan bahwa ventilasi udara di kamar itu pun berada di sisi kanan dan kiri kamar, sehingga sirkulasi udara berjalan dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.