Sukses

Ivan Gunawan Buka Suara Usai Beredar Tudingan Ingin Rebut Lisensi Miss Universe Indonesia

Poppy Capella menyebut pemberitaan yang tersebar sengaja dibuat dengan tujuan menjatuhkan namanya demi merebut izin kepemilikan Miss Universe Indonesia darinya. Salah satu nama yang banyak beredar di media sosial ingin mendapatkan lisensi adalah Ivan Gunawan.

Liputan6.com, Jakarta - Poppy Capella mengklaim dirinya tak terlibat dalam skandal body checking dan pemotretan tanpa busana finalis Miss Universe Indonesia 2023. Pernyataan itu dibuat setelah lisensi Miss Universe Indonesia yang dimiliki Poppy Capella baru saja resmi dicabut pihak Miss Universe pusat yaitu Miss Universe Organization.

Hal itu merupakan buntut dari skandal pelecehan seksual berupa body checking dan pemotretan tanpa busana para finalis Miss Universe Indonesia. Wanita yang tadinya menjabat sebagai National Director sekaligus pemilik lisensi Miss Universe Indonesia itu menyebut dirinya tak tahu menahu apalagi meginstruksikan perbuatan tersebut.

"Saya tegaskan bahwa, saya tidak terlibat sama sekali dan tidak pernah mengetahui, menyuruh, meminta, atau mengizinkan siapa pun yang berperan dan berpartisipasi dalam Miss Universe Indonesia 2023 melakukan pelecehan seksual melalui body checking sebagaimana ramai dibicarakan," tulis Poppy Capella dalam unggahan Instagram resmi Miss Universe Indonesia, Minggu, 13 Agustus 2023.

Poppy mengklaim dirinya sangat menentang segala bentuk pelecehan seksual, termasuk yang terjadi di lingkungan Miss Universe Indonesia."Kapan pun dan di mana pun saya pasti akan berusaha mencegah dan tidak akan pernah berkompromi terhadap kekerasan seksual," terang Poppy.

Situasi itu membuat Poppy Capella merasa disudutkan dengan pemberitaan yang menuding dirinya seolah-olah dalang terjadinya skandal tersebut. Istri Datuk Wira Justin Lim Hwa Tat itu juga menyebut pemberitaan yang tersebar sengaja dibuat dengan tujuan menjatuhkan namanya demi merebut lisensi kepemilikan Miss Universe Indonesia darinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Poppy Capella Siap Lapor ke Polisi

"Sangat jelas pemberitaan yang ada dibuat sedemikian rupa dan terstruktur dengan maksud menekan saya dan menciptakan image yang negatif tentang Miss Universe Indonesia," terang Poppy Capella.

Poppy juga mengaku telah mengusut kasus ini. Ia lantas mendapatkan bukti bahwa kejadian ini sengaja dilakukan oknum untuk kepentingan pribadi. "Saya telah mendapatkan bukti, ini memang sengaja dilakukan pihak-pihak yang ingin mengambil alih izin Miss Universe Indonesia yang saya miliki," tuturnya.

Poppy sudah membentuk tim hukum dan berencana melaporkan balik orang-orang yang membuat berita bohong tentangnya dengan menuntut balik secara perdata maupun pidana. Nantinya, laporan tersebut akan terkait dengan dugaan tindak pidana menyiarkan berita bohong. Kemungkinan lainnya terkait dengan pencemaran nama baik.

Lepasnya lisensi Miss Universe Indonesia dari tangan Poppy Capella pun ikut jadi perbincangan hangat. Perpindahan lisensi digadang-gadang bakal segera terjadi. Dua yayasan besar digadang-gadang bakal merebutkan lisensi Miss Universe Indonesia yakni Yayasan Puteri Indonesia yang sebelumnya menjadi pemegang lisensi dan juga Yayasan Dunia Mega Bintang milik Ivan Gunawan.

3 dari 4 halaman

Lisensi Miss Universe Indonesia

Menanggapi kabar tersebut, Ivan Gunawan secara tak langsung telah memberikan pernyataan. Ia menegaskan hanya akan fokus pada lisensi ajang kecantikan Miss Grand International yang dimiliki oleh yayasannya.

"Aku tahu apa yang aku lakukan dan selalu mempercayai diri sendiri. Dan di sinilah aku berdiri hanya bersama Miss Grand International. Tolong jangan membuat asumsi tentangku karena bisa jadi itu salah, cinta kalian semua," tulis Ivan Gunawan dalam bahasa Inggris dalam unggahannya di Instagram, Minggu, 13 Agustus 2023. Ivan Gunawan juga menautkan akun Instagram yang berkaitan dengan Miss Grand International maupun yayasan miliknya.

Unggahan Ivan Gunawan itu seolah mematah harapan para pageant lovers agar lisensi Miss Universe jatuh di tangan yayasan milik desainer ternama tersebut. "Yah harapan kita gagal ya guys, gapapa tetep MGI number one," komentar seorang warganet.

"Patah hati deh jadinya, padahal berharap banget," kata warganet lainnya. Meski begitu, keputusan Ivan Gunawan ini mendapat dukungan dari banyak pihak mulai dari pemenang Miss Grand Indonesia 2022 hingga penggemarnya.

4 dari 4 halaman

Miss Universe Organization Minta Maaf

"Tuh dibilangin ka Ivan and team cocoknya sama MGI udh klop banget😍 ❤️❤️ jangan sampai karena segala macam dan lain hal MGI dan Indonesia ada jarak lagi, love you❤️❤️❤️," komentar seorang penggemarnya.

Di sisi lain, organisasi Miss Universe secara terbuka meminta maaf atas apa yang terjadi saat body checking dan pemotretan tanpa busana di Miss Universe Indonesia 2023 yang lisensinya dipegang oleh PT Capella Swastika Karya milik Poppy Capella.

Permintaan maaf itu dilayangkan Miss Universe Organization (MGO) melalui akun Instagram resminya, Sabtu, 12 Agustus 2023. Pihak Miss Universe Organization juga menyatakan salut dengan keberanian para finalis membuka masalah pelecehan yang dialaminya.

"Kami mohon maaf karena ini adalah pengalaman Anda dengan organisasi kami. Kami hargai keberanian Anda untuk berbicara dan berjanji untuk melakukan yang lebih baik di masa mendatang," tulis Miss Universe Organization melalui unggahan Instagram Stories di akun Instagram mereka, Sabtu, 12 Agustus 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini