Sukses

Isi Kotak Bekal Andien Aisyah Bikin Warganet Merasa Bersalah Makan Seporsi Seblak

Penyanyi Andien Aisyah dikenal sebagai pesohor yang menerapkan gaya hidup sehat. Hal itu sudah bertahun-tahun ia lakukan lantaran pernah didiagnosis terkena tumor payudara saat masih berusia 16 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Andien Aisyah dikenal sebagai pesohor yang menerapkan gaya hidup sehat. Hal itu sudah bertahun-tahun ia lakukan lantaran pernah didiagnosis terkena tumor payudara saat masih berusia 16 tahun.

Kini telah sembuh, ibu dua anak tersebut juga menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan seimbang. Belum lama ini, Andien pun membocorkan isi kotak bekalnya di akun TikTok pribadinya @andienaisyah.

"Kotak bekal gue? yang pertama isinya alpukat. Aku suka banget tiap hari gue makan karena mengandung lemak baik," ucapnya di awal video, dikutip pada Minggu, 6 Agustus 2023.

Berikutnya ia juga menunjukkan camilan untuk di jalan yaitu kacang-kacangan, isinya berupa cashew nut atau kacang mete dan pistachio. Lalu Andien juga menunjukkan kotak lainnya yang ia bawa sembari sedang siap-siap makeup di ruang riasnya sebelum tampil di panggung.

"Terus labu, nggak menarik ya? Tapi ini bagus lho. Ini source of nutrition yang kece," ungkapnya sambil tersenyum.

Masih ada satu kotak lagi yang dibawa Andien, sebelumnya sudah sempat ia makan menuju lokasi pertunjukannya hari itu. Wanita kelahiran 1985 itu lalu mengambil kotak tersebut dari dalam tas, sambil menunjukkan ubi madu.

"Jadi kalo orang yang sehari-hari bareng gue pasti tahu kalau kemana-mana pasti bawa bekal," 

Andien mengaku seringkali kelaparan sehingga harus tetap sesekali ngemil di jalan. Sebisa mungkin pelantun "Gemintang" itu ingin agar camilan yang ia konsumsi sehari-hari sehat dan bermanfaat untuknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Merasa Bersalah Makan Seblak

Konten yang disukai oleh lebih dari 26 ribu pengguna TikTok itu pun banjir komentar. Sebagian besar takjub dengan isi kotak bekal Andien yang merupakan makanan sehat.

Tak sedikit yang merasa sangat bersalah karena sehari-hari biasa menyiapkan bekal gizi tak seimbang seperti mi goreng dan gorengan. Bahkan, ada yang merasa bersalah karena habis makan seporsi seblak ketika melihat tayangan video tersebut. 

"Gue kalo makan kayak gitu udah turun 5 kilo dalam seminggu," tulis seorang warganet.

"Aku yang nyari duit buat makan enak, nggak ada diet dietan," sambung warganet lainnya.

"Alamak makanan sehat-sehat semua," tulis warganet.

"Baru aja ngabisin seblak seporsi jadi ngerasa bersalah," kata yang lain.

"Pantas kulit kakak Andien sehat," cetus yang lain.

"Mba Andien awet muda," warganet berkomentar.

"Aku si cuma mi goreng sedap sama naget sama bakwan sama nasi," tulis warganet.

"Gak pedes asin durih aku nggak bisa," terang warganet.

3 dari 4 halaman

Andien Lakukan Diet flexitarian

Sebelumnya, pemilik nama lengkap Andini Aisyah Hariadi itu mengaku mengurangi produk hewani,terutama susu, karena memiliki intoleransi laktosa. Dia pun saat ini menjalani flexitarian diet atau diet flexitarian.

Adapun gejala intoleransi laktosa pada umumnya adalah rasa tidak nyaman pada pencernaan, bahkan diare, usai mengonsumsi susu atau produk olahan susu lainnya. "Aku setiap mengonsumsi produk hewani atau turunannya itu biasanya begah, perut kayak kembung, sampai mual," ungkapnya kepada wartawan di acara peresemian Gedung Radjawali Semarang Cultural Center, Semarang, Jawa Tengah, 15 Mei 2023.

Orang dengan intoleran laktosa biasanya menghindari produk berbahan hewani untuk mencegah masalah kesehatan muncul. Misalnya Andien yang mengaku menerapkan diet flexitarian sebagai solusi intoleran laktosa yang dimilikinya.

"Jadi buat mengurangi produk hewani, aku menjalani flexitarian diet, itu diet semi-vegan," ungkap penyanyi sekaligus penulis lagu ini.

Flexitarian diet merupakan gabungan kata dari fleksibel dan vegetarian. Diet ini fokus memperbanyak konsumsi makanan nabati dan mengurangi makanan berbahan dasar hewani. "Sekarang aku udah flexitarian. Hanya pola makan, flexitarian itu berarti aku makannya lebih fleksibel," ujar Andien. 

4 dari 4 halaman

Diet Flexitarian Sejak Hamil Anak Kedua

Kebiasaan makan yang fleksibel ini mulai diterapkannya semenjak hamil anak kedua. Andien beralasan, saat mengandung anak pertama semua jenis makanan ia konsumsi. Namun ketika mengandung anak keduanya, Tabi, muncul kesadaran untuk bertransformasi supaya pola makannya menjadi lebih baik.

"Waktu itu akhirnya aku nggak bisa jadi vegan sama sekali. Aku makan daging selama hamil sampai 6 bulan. Begitu sudah 6 bulan, aku makan lagi daging sedikit-sedikit, bisa. Jadi sekarang lebih fleksibel," kata penyanyi berusia 37 tahun ini.

Selain menjaga pola makan, Andien yang memiliki tubuh ideal ini selalu berolahraga setiap hari. "Belakangan ini, olahraga yang hampir aku lakukan setiap hari adalah pilates. Waktunya cukup 20–30 menit saja," ujarnya.

Menurut Angelique Dewi Permatasari, Senior Marketing Representative Nutrifood, plant-based diet bisa jadi alternatif untuk penderita intoleran laktosa. Plant-based food tak mengandung bahan-bahan dari hewani, misalnya susu plant-based yang terbuat dari kedelai, kacang mete, atau almond sehingga tidak mengandung laktosa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini